Sukses

Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Anda Jika Tidur Kurang dari 6 Jam Semalam

Ada beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh Anda jika Anda tidur kurang dari enam jam semalam dan mengapa istirahat malam yang baik adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Cukup tidur berkualitas tinggi minimal tujuh jam tidur per malam, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. 

Namun seperti yang ditunjukkan Klinik Cleveland, kurang tidur adalah masalah umum, yang memengaruhi antara 50 juta hingga 70 juta orang dewasa di AS pada waktu tertentu. 

"Hampir setiap manusia mengalami kurang tidur di beberapa titik dalam hidup mereka," tulis para ahli mereka.

Bagi mereka yang tidurnya kurang optimal, konsekuensi kesehatannya bisa parah dan luas. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa tidur kurang dari jumlah yang disarankan dapat secara signifikan meningkatkan risiko kematian Anda.

Ada beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh Anda jika Anda tidur kurang dari enam jam semalam dan mengapa istirahat malam yang baik adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda. Dilansir dari Best Life, berikut ulasannya:

1. Anda mungkin mengalami gangguan jantung

Tidur kurang dari jumlah yang disarankan dapat menyebabkan gejala yang berkisar dari ringan hingga parah dan gejala kardiovaskular adalah beberapa yang paling berbahaya di antaranya, kata para ahli.

"Kurang tidur mengakibatkan peningkatan aktivitas sistem saraf simpatik, yang menyebabkan peningkatan detak jantung, vasokonstriksi, dan peningkatan tekanan darah," jelas Taryn Fernandes, MD, dokter pengawas di MEDvidi, pusat perawatan kesehatan mental online. 

"Kurang tidur yang cukup telah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena hipertensi, serta penyakit kardiovaskular seperti stroke, penyakit jantung koroner, dan infark miokard," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Anda mungkin mengalami gangguan hormonal

Selain itu, tidur tujuh hingga sembilan jam per malam yang direkomendasikan sangat penting untuk mengatur keseimbangan hormon tubuh. "Kurang tidur dapat mengganggu produksi hormon normal seperti kortisol, insulin, dan hormon pertumbuhan," kata Fernandes.

Rigved Tadwalkar, MD, seorang ahli jantung bersertifikat di Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, CA, mengatakan tidur juga dapat mengganggu hormon Anda dengan cara lain. 

"Secara tidak langsung, kurang tidur berkontribusi pada disregulasi hormon yang menyebabkan rasa lapar," katanya kepada Best Life. "Ini berkontribusi pada obesitas, yang merupakan faktor risiko kuat untuk penyakit kardiovaskular."

3. Anda mungkin menderita masalah kesehatan mental

Kurang tidur juga dapat berdampak besar pada kesehatan mental Anda, kata Fernandes. Secara khusus, kurang tidur telah dikaitkan dengan tingginya insiden kecemasan, depresi, dan gangguan suasana hati lainnya.

Kurang tidur dapat meningkatkan kerentanan terhadap gangguan kejiwaan, seperti gangguan bipolar dan skizofrenia, karena tidur memainkan peran penting dalam konsolidasi memori, pengaturan emosi, dan fungsi kognitif, jelas Fernandes. Dia mencatat bahwa tidur kurang dari enam jam per malam secara teratur dapat menyebabkan perubahan suasana hati, lekas marah, dan penurunan motivasi.

3 dari 6 halaman

4. Sistem kekebalan tubuh Anda mungkin melemah

Karena tidur penting dalam menjaga sistem kekebalan yang sehat, tidur kurang dari enam jam per malam juga dapat menyebabkan lebih sering sakit. Selama tidur, tubuh memproduksi sitokin, sejenis protein yang membantu melawan infeksi, peradangan, dan stres, jelas Fernandes. "Kurang tidur dapat menurunkan produksi sitokin, yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kerentanan terhadap penyakit."

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda memangkas jam tidur Anda bahkan untuk beberapa malam pada satu waktu, Anda menghasilkan respons kekebalan yang berkurang bahkan jika Anda mengganti waktu tidur yang hilang nanti. 

"Membatasi tidur menjadi empat jam per malam selama enam hari, diikuti dengan tidur selama 12 jam per malam selama tujuh hari, menghasilkan penurunan lebih dari 50 persen dalam produksi antibodi terhadap vaksinasi influenza, dibandingkan dengan subjek yang memiliki jam tidur teratur," tulis Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

4 dari 6 halaman

5. Anda mungkin lebih rentan terhadap demensia

Tidur sangat penting untuk fungsi otak yang optimal, termasuk konsolidasi memori, pembelajaran, dan kreativitas. "Biasanya, tidur malam yang nyenyak benar-benar memungkinkan perbaikan dan pemulihan fungsi otak ke tingkat yang terlihat pada awal hari sebelumnya," jelas David Merrill, MD, PhD, seorang psikiater geriatri dan direktur Pacific Brain Health Institut Ilmu Saraf Pasifik Pusat di Santa Monica, CA.

Merrill mengatakan bahwa sistem pembersihan khusus otak, yang dikenal sebagai sistem glymphatic, paling aktif selama tahap tidur yang paling dalam. Ketika sistem glymphatic menjadi tidak berfungsi, produk limbah neurotoksik dapat menumpuk di otak, membuat Anda lebih rentan terhadap demensia.

"Gangguan tidur meningkatkan risiko demensia, tetapi sayangnya, demensia itu sendiri juga dapat menyebabkan gangguan tidur," kata Merrill. 

"Jadi, Anda bisa berakhir dengan tidur yang memperburuk ingatan hingga demensia, yang kemudian memperburuk tidur. Dengan cara ini, tidur yang terganggu dapat menjadi bagian dari spiral ke bawah, menjadikannya semakin penting untuk mengidentifikasi dan menangani masalah tidur selama awal dan perkembangan dewasa paruh baya. Idealnya, tidur akan dioptimalkan bertahun-tahun sebelum potensi timbulnya demensia. Harapannya adalah dengan tidur yang lebih baik, kita benar-benar dapat menunda usia timbulnya demensia. Tujuan meningkatkan tidur adalah untuk memperpanjang kesehatan seseorang menjangkau selama mungkin dalam hidup mereka," tambahnya.

5 dari 6 halaman

6. Anda mungkin terus merasa lelah

Seharusnya tidak mengherankan bahwa Anda mungkin merasa lelah setelah tidur terlalu sedikit tetapi Anda mungkin akan terkejut dengan seberapa nyata kelesuan Anda. Klinik Cleveland menunjukkan bahwa kelelahan akibat kurang tidur dapat menyebabkan gejala yang sangat mengganggu yang bahkan mengganggu aktivitas paling rutin sekalipun.

Bagi sebagian orang, hal ini dapat menyebabkan peningkatan insiden cedera atau kecelakaan termasuk kecelakaan mobil. Menurut sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal BMC Medicine, “Tidur enam jam per malam dikaitkan dengan peningkatan risiko kecelakaan 33 persen, dibandingkan dengan tidur tujuh atau delapan jam per malam."

6 dari 6 halaman

7. Kesehatan mata Anda mungkin terganggu

Menurut Besty S. Jacob, dokter mata yang berbasis di Florida di True Eye Experts, kurang tidur juga dapat berdampak negatif pada kesehatan mata Anda.

"Tidur kurang dari enam jam dapat menyebabkan mata kering, lingkaran hitam, dan penglihatan kabur. Ini karena ketika kita tidak mendapatkan istirahat yang cukup, tubuh kita tidak menghasilkan air mata secara efisien," kata Jacob. "Hal ini menyebabkan peningkatan gesekan pada mata yang menyebabkan kemerahan dan iritasi dan pada akhirnya dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius seperti konjungtivitis atau blepharitis," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.