Sukses

Gen Z Punya Banyak Cara Bikin Dompet Tebel di Usia Muda

Kesempatan untuk berwirausaha sejak muda sangat terbuka lebar. Apalagi berbisnis di era sekarang tak harus menuntut modal besar.

Liputan6.com, Jakarta Generasi Z atau sering disebut sebagai penduduk asli digital merupakan generasi yang lahir antara tahun 1996 hingga 2012 yang memiliki karakter unik. Karakter ini bisa dilihat dari kebiasaan mereka dalam bermain media sosial, seperti berusaha untuk mencari cara agar bikin dompet tebel di usia 20 tahun. 

Kebiasaan mereka justru lebih sering dikatakan sebagai pengadopsi internet dari masa muda yang sangat menghargai kenyamanan mereka dan lebih memilih untuk menghemat uang. 

Selain menghemat uang, generasi Z juga bisa menghasilkan uang sendiri tanpa modal yang besar. Hanya modal ide yang kreatif, handphone, dan kuota itu sudah lebih dari cukup untuk berpenghasilan di usia muda. 3 modal ini telah dijadikan landasan dasar untuk memudahkan generasi Z dalam menghasilkan uang yang harus disertai dengan usaha lainnya juga.

Berikut ini ada 5 cara yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan agar bisa bikin dompet kamu makin tebal di usia muda.

1. Ikut Lomba

Kamu adalah seseorang yang kreatif dan inovatif? Yuk, segera memanfaatkan waktunya dengan mengikuti lomba. Salah satu lomba yang paling diminati tiap tahun oleh para pelajar adalah bidang penalaran. Bidang ini sangat cocok untuk kamu yang memang senang memecahkan masalah dengan cara kreatif. Pemenang lomba akan mendapatkan uang tunai yang nilainya cukup menarik. 

2. Terlibat Project Dosen

 

Tak usah minder, buat kamu yang tipe mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang), tapi kenyataannya memiliki segudang prestasi. Selama masa pembelajaran, tenaga pendidik, seperti guru dan dosen pasti diam-diam juga akan melihat kompetensi yang dimiliki dari setiap mahasiswa. tentu saja bisa memiliki pengalaman yang sangat berharga.

Gunakan waktu kuliahmu dengan sebaik mungkin, seperti mengerjakan tugas tepat waktu, aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dosen, inisiatif membantu dosen jika terlihat kesulitan. Cara ini tentu saja sangat berpeluang besar bagi mahasiswa yang turut dilibatkan dalam membantu project dosen dan di akhir projectnya akan ada uang saku tambahan yang bisa mahasiswa dapatkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Buka Usaha Online

Kesempatan untuk berwirausaha sejak usia muda sangat terbuka lebar. Apalagi berbisnis di era sekarang tak harus menuntut modal besar. Tapi tugas terbesarnya adalah generasi Z harus mampu membuat rencana dan aksi yang tepat sesuai target pasar.

Setelah meriset karakteristik dan kebutuhan pasar, memiliki produk untuk dijual, kamu bisa langsung melakukan pemasaran produk, jasa maupun barang secara worth of mouth. Cara ini memang sudah menjadi trik pemasaran yang dianggap sangat ampuh untuk memberikan kepercayaan terhadap produk yang ditawarkan kepada pelanggan baru.

4. Mengikuti Program Beasiswa

 

Program beasiswa dapat diikuti oleh mereka yang berprestasi dan tidak mampu secara ekonomi. Menariknya, bantuan beasiswa tidak hanya bisa digunakan untuk pembiayaan pendidikan saja, tapi juga bisa membantu kebutuhan sehari-hari, termasuk untuk berkarya dan berinovasi.

5. Magang

Magang menjadi salah satu cara untuk membuka peluang besar meningkatkan skills yang relevan dengan latar belakang pendidikan. Banyak startup yang sudah mulai membuka lowongan magang dari berbagai program studi yang sangat beragam. Kelebihan dari program paid internship ini akan memberikan uang saku per bulan kepada anak magang.

Itulah 5 cara yang bisa kamu terapkan agar bisa bikin dompet kamu makin tebal di usia muda. Pilih sesuai minat dan kemampuan kamu.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.