Sukses

Tertidur Masih Memakai Lensa Kontak, Salah Satu Mata Pria Ini Alami Kebutaan

Seorang pria yang tertidur dengan masih memakai lensa kontak mengalami kebutaan

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria menjadi buta di satu matanya setelah parasit pemakan daging menyerang saat dia tidur dengan lensa kontak. Mike Krumholz, 21, dari Florida AS, hanya tertidur sebentar dari pekerjaannya sebagai pengasuh anak paruh waktu pada Desember tahun lalu.

Dia mengatakan dia sering terkena infeksi mata termasuk mata merah ketika dia lupa melepas lensa kontaknya, oleh karena itu dia tak terlalu khawatir saat matanya mengalami kemerahan setelah bangun dari tidur. Namun karena mata merahnya tak kunjung sembuh, ia pun pergi ke dokter.

Alangkah terkejutnya Mike ketika ia kemudian didiagnosis dengan keratitis acanthamoeba, parasit pemakan daging yang memakan jaringan mata. Dia menderita mata kanan yang rusak parah dan tidak bisa lagi bekerja atau melanjutkan studi universitasnya.

Mike juga mengatakan dia sekarang terus-menerus berada dalam 'kegelapan' dan telah berada selama lebih dari 50 hari sejak infeksinya, demikian lapor Daily Star.

"Di kamar tidur saya, seperti badai menutup saya dan semua lampu padam", katanya.

“Keluarga saya hebat, ibu saya mengambil cuti, tetapi saya bahkan tidak bisa nongkrong di ruang tamu bersamanya. Keluarga saya sangat mendukung secara finansial."

“Sangat sangat aneh tidak bisa melihat orang. Anda tidak ingin orang lain merasa tidak enak pada Anda, tetapi pada saat yang sama Anda ingin hidup seperti remaja berusia 21 tahun yang sedang kuliah."

Mike mengatakan tidak ada yang bisa mempersiapkannya untuk rasa sakit yang harus dia tanggung sejak awal infeksinya.

Dia menambahkan: “Ini seperti kejutan yang konstan, itu adalah rasa sakit yang konstan. Saya cukup bangga dengan toleransi rasa sakit saya, tetapi saya telah berteriak kesakitan."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerap menyerang pengguna lensa kontak

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, parasit tersebut menyerang satu dari 33 juta pemakai lensa kontak dari 'negara maju'. Mike mengatakan butuh lebih dari sebulan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat setelah beberapa kali janji temu dengan dokter.

Ketika terbangun dari tidur siangnya, Mike mengatakan matanya sangat iritasi dan merah muda.

"Lensa kontak saya seperti mengambang di mata saya. Saya melepasnya dan tidak ada yang salah", katanya.

"Jadi keesokan paginya saya bangun, saya pergi bermain bisbol dan saya harus segera melepas kontak saya."

"Saya memberi tahu orang tua saya 'Saya harus pergi ke dokter mata, ada yang tidak beres'."

Mike mengunjungi seorang dokter yang memotret matanya dan berpikir ada sesuatu yang tidak beres. Dia kemudian menerima pesan dari dokternya yang salah mendiagnosisnya dengan virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1).

Setelah mengunjungi lima dokter mata lainnya dan dua spesialis kornea kemudian, Mike kembali didiagnosis dengan virus herpes simpleks 1.

Kemudian dia diberi resep antibiotik dan kemudian steroid, yang lebih berbahaya daripada manfaatnya, ini bahkan mempercepat laju penyebaran parasit.

 

3 dari 4 halaman

Salah diagnosis yang berujung pahit

"Mereka [para dokter] mulai melakukan tes ini dan mengira saya mengidap virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) dan berpikir itu akan hilang dalam waktu sekitar satu bulan," katanya.

"Tapi mereka [para dokter] mengobatinya dan itu menjadi lebih buruk dan lebih buruk dan lebih buruk setiap hari. Anda bisa mendapatkannya dari saat Anda menderita pilek saat masih kecil dan saya tidak pernah sakit apa pun jadi saya benar-benar bingung."

"Jadi mereka memberi saya steroid untuk itu dan steroid itu justru menyebabkan beberapa infeksi - dan kemudian mereka harus berurusan dengan kultur. Mereka mengorek mata dan melakukan tes."

Akhirnya, pada 21 Januari, dia didiagnosis dengan benar dengan keratitis acanthamoeba di Bascom Palmer Eye Institute.

Dia kemudian menjalani terapi fotodinamik, perawatan yang juga digunakan oleh pasien kanker, dan operasi penutup konjungtiva di mana ahli bedah mengambil bagian 'putih' mata Mike dan meletakkannya di atas pupilnya untuk memberikan kemungkinan melawan parasit.

Namun tetap saja, Mike tidak memiliki penglihatan di mata kanannya kecuali kilatan hitam dan abu-abu, yang menurutnya mirip dengan TV statis.

 

4 dari 4 halaman

Menjadi pelajaran bagi orang lain

Dia berkata: "Pupilnya tertutup - saya tidak punya apa-apa sekarang, Anda tidak bisa melihatnya," jelas Mike.

"Itu karena kornea sangat keruh dan itu karena ampea (parasit) telah menggerogoti begitu banyak. Mereka mengatakan [para dokter] bahwa saya tidak memenuhi syarat untuk transplantasi mata saat ini karena saya berusia 21 tahun dan tubuh saya tidak akan mengatasinya."

"Mata saya terlalu meradang untuk mengambil jaringan manusia dari mata lain, tubuh saya tidak akan menerimanya sekarang dan saya memerlukan transplantasi lagi sehingga akan terus bertambah buruk."

"Tapi transplantasi, jika saya memenuhi syarat untuk itu, mudah-mudahan akan memberi saya setidaknya 50% atau sesuatu sehingga saya dapat melihat sedikit."

Mike berharap pengalamannya akan mengajari orang lain untuk tidak tidur dengan lensa kontak mereka.

Dia menambahkan: "Ada banyak orang yang memakai lensa kontak saat ini yang mengatakan 'hei, saya baru saja tidur dengan lensa kontak saya, haruskah saya pergi ke dokter?'

"Saya biasa tidur di kontak saya tanpa masalah, tetapi saya mencoba menyebarkan berita bahwa ada masalah dengan itu.

"Itu tidak baik," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.