Sukses

6 Manfaat Kesehatan Terbaik dari Mengonsumsi Kunyit

Liputan6.com, Jakarta Kunyit menjadi salah satu tumbuhan yang kaya akan manfaat. Kunyit tak hanya umum dikonsumsi sebagai minuman, tapi juga bisa digunakan dalam masakan. 

Kurkumin, bahan aktif utama rempah-rempah dan yang memberikan warna kuning yang khas, inilah yang memberi kunyit sifat terapeutiknya. Selain menjadi antioksidan yang sangat kuat, ia memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Sebagian besar manfaat kesehatan kunyit sebenarnya adalah karena kurkumin itu sendiri. 

Ada begitu banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dengan mengonsumsi kunyit secara rutin. Dilansir dari Pinkvilla, berikut deretan manfaat mengonsumsi kunyit

1. Membantu pencernaan

Kunyit termasuk dalam rempah-rempah India sebagai bagian karena memberikan rasa pada makanan. Tapi kunyit juga bisa sangat membantu pencernaan makanan semacam itu. Karena sifat anti-peradangan senyawa ini, sangat membantu dalam mengobati masalah pencernaan seperti gas, kram, dan gangguan radang usus.

2. Meningkatkan fungsi hati

Efek antioksidan kuat kunyit dapat mencegah kerusakan hati akibat radikal bebas, polutan, obat-obatan, dan produk limbah sambil mempromosikan pemurnian hati yang sehat. Kunyit dapat membantu menurunkan timbunan lemak hati dan ketidaknyamanan serta iritasi hati dengan menghilangkan kelebihan kolesterol.

2 dari 4 halaman

3. Dapat membantu mencegah diabetes

Menurut penelitian, kunyit mungkin memiliki kemampuan untuk menurunkan respons inflamasi dan stres, dua kondisi yang diduga terkait dengan peningkatan insulin. Dipercayai bahwa kunyit bermanfaat bagi penderita diabetes karena hal ini. Bahkan menambahkan kunyit atau kurkumin ke dalam makanan mungkin dapat menghentikan perkembangan pra diabetes atau setidaknya memperlambatnya.

4. Memberikan kilau pada kulit Anda

Antioksidan dan elemen anti-inflamasi yang ditemukan dalam kunyit dapat membantu kulit terlihat lebih muda dan berkilau. Penggunaan kunyit menghentikan sel-sel kulit menempel satu sama lain dan menyumbat pori-pori. Ini mungkin berhasil menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat karena bahkan memiliki sifat antiseptik dan antibakteri.

3 dari 4 halaman

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Banyak manfaat kunyit yang didukung secara ilmiah, terutama yang terkait dengan komponennya yang paling efektif, kurkumin, termasuk potensi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Kunyit dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular atau bahkan serangan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Banyak tonggak dalam perkembangan penyakit jantung dapat dikembalikan dengan penggunaan kurkumin.

 

4 dari 4 halaman

6. Melindungi dari infeksi virus

Kunyit sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengembangkan perlindungan terhadap penyakit musiman dan kepekaan karena adanya kurkumin di dalamnya. Herpes dan flu adalah beberapa virus yang dapat dilawan oleh kurkumin. Kurkumin memiliki banyak potensi sebagai penguat sistem kekebalan tubuh.

Saat memutuskan cara mengonsumsi kunyit, perlu diingat bahwa nutrisi supernya, kurkumin, harus diwaspadai air. Untuk meningkatkan penyerapan kunyit, sangat ideal untuk mengkonsumsinya dengan sedikit lemak, seperti susu biasa dalam bahan dasar teh kunyit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.