Sukses

6 Tanda-Tanda Ginjal Tidak Sehat yang Perlu Diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta - Ginjal bertanggung jawab untuk pemurnian darah dan menghilangkan cairan ekstra dari tubuh. Namun, ketika ginjalmu tidak berfungsi dengan baik, ada beberapa tanda yang perlu Anda perhatikan pada tubuhmu.

Melansir dari Times of India, Senin (23/1/2023), pakar ginjal Ayurveda dan pendiri Sai Sanjivani, Dr Puru Dhawan, mengatakan bahwa ginjal yang sehat melakukan banyak pekerjaan penting.

"Ginjal akan membuang limbah dan cairan ekstra dari tubuhmu, membantu membuat sel darah merah, membantu menjaga tulang tetap kuat dan bekerja untuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam darahmu," ucap Puru.

Ada beberapa gejala fisik yang menjadi tanda-tanda ginjal bermasalah. Oleh karena itu, kenali tanda-tanda jika ginjalmu tidak sehat yang perlu diwaspadai berikut ini.

1. Lebih lelah

Anda memiliki lebih sedikit energi atau kesulitan berkonsentrasi menjadi pertanda ginjlamu dalam kondisi tidak baik.

"Penurunan fungsi ginjal yang parah bisa menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Ini bisa menyebabkan individu merasa lelah dan lemah," kata Puru.

2. Kulit kering dan gatal

Kulit kering dan gatal bisa menjadi tanda penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai penyakit ginjal lanjut, ketika ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darahmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

3. Darah dalam urine

Ginjal yang sehat biasanya menjaga sel-sel darah di dalam tubuh saat menyaring limbah dari darah untuk membuat urine, tapi ketika filter ginjal telah rusak, sel-sel darah ini bisa mulai "bocor" ke dalam urine.

"Selain menandakan penyakit ginjal, darah dalam urine bisa menjadi indikasi adanya tumor, batu ginjal, atau infeksi," jelas Puru.

4. Urine berbusa

Gelembung berlebihan dalam urine, terutama yang mengharuskanmu untuk menyiram beberapa kali sebelum hilang menunjukkan protein dalam urine.

Busa ini terlihat seperti busa saat mengocok telur, karena protein yang umum ditemukan dalam urine, albumin, adalah protein yang sama dengan yang ditemukan dalam telur.

 

3 dari 3 halaman

5. Kram otot

Puru Dhawan juga menambahkan bahwa ketidakseimbangan elektrolit bisa terjadi akibat gangguan fungsi ginjal.

Misalnya, kadar kalsium yang rendah dan fosfor yang tidak terkontrol dengan baik bisa menyebabkan kram otot.

6. Pergelangan kaki dan kaki bengkak

Penurunan fungsi ginjal bisa menyebabkan retensi natrium, menyebabkan pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki.

Pembengkakan di ekstremitas bawah juga bisa menjadi tanda penyakit jantung, penyakit hati dan masalah vena kaki kronis.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS