Sukses

Bisa Dicoba, Tips Menurunkan Berat Badan 10 Kg Secara Wajar dan Berkelanjutan

Berikut ini cara menurunkan berat badan 10 kg dengan wajar dan berkelanjutan

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda siap mengambil langkah untuk mencapai kesuksesan penurunan berat badan yang berkelanjutan dan realistis? Nah, Anda beruntung karena inilah tips dari ahli diet untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya!

Sudahkah Anda menetapkan tujuan penurunan berat badan, yang tampaknya tidak akan berhasil? Mungkin Anda pernah berat badan turun di masa lalu namun berat badan naik kembali beberapa bulan kemudian. Ada banyak kesalahan penurunan berat badan yang harus dihindari saat memulai perjalanan penurunan berat badan Anda.

Saat mencoba mengubah perilaku kita dan membangun kebiasaan sehat yang akan bertahan, seperti menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Faktanya, masih banyak faktor yang terlibat di luar makanan yang Anda konsumsi dan kalori yang Anda bakar, termasuk pola pikir Anda.

Kunci untuk menurunkan berat badan, dan mempertahankannya, adalah menggunakan pendekatan yang masuk akal dan berkelanjutan. Ini berarti mengucapkan selamat tinggal pada diet yang cepat dan perbaikan yang cepat. Dilansir dari bodyandsoul.com.au, ini dia.

1. Pecah tujuan Anda yang besar menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan dapat dicapai

Apa pun tujuannya, jika Anda melihat terlalu jauh ke depan, hal itu akan tampak menakutkan dan tidak dapat dicapai. Hal yang sama berlaku untuk penurunan berat badan.

Dengan memecah tujuan Anda yang lebih besar (misalnya, menurunkan 10kg) menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan lebih dapat dicapai, Anda memberi diri Anda titik pemeriksaan di sepanjang jalan. Pos pemeriksaan ini berfungsi ganda sebagai kesempatan untuk merayakan kemenangan kecil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mulailah dengan dasar-dasarnya dan bangun dari sana

Kita semua tahu bahwa Anda tidak bisa berlari sebelum Anda bisa berjalan, tetapi dalam hal diet, hal-hal sederhana sering kali dilupakan terlebih dahulu. Kunci sukses penurunan berat badan adalah memakukan fondasi dan kemudian menyempurnakannya dari sana.

Untuk melakukan ini secara efektif, mulailah dengan satu fokus utama dan setelah Anda berhasil melakukannya, Anda dapat beralih ke fokus berikutnya. Tapi apa dasar-dasar yang Anda tanyakan? Beberapa hal yang perlu dipikirkan termasuk minum cukup air, termasuk sedikit lemak pada setiap makanan Anda dan makan banyak buah dan sayuran segar.

3. Konsistensi adalah kuncinya

Saat bekerja menuju tujuan penurunan berat badan yang berkelanjutan dan masuk akal, penting untuk melihat gambaran besarnya. Perilaku yang Anda lakukan secara konsisten adalah perilaku yang paling berdampak terhadap kesuksesan Anda.

Ini berarti bahwa 1 atau 2 'makanan kurang sehat' tidak akan mengganggu kemajuan Anda sepanjang minggu. Menyempurnakan penurunan berat badan yang berkelanjutan termasuk tetap menikmati makanan yang Anda sukai dalam jumlah sedang, dan mengisi tubuh Anda dengan nutrisi yang dibutuhkan sebagian besar waktu.

 

3 dari 4 halaman

4. Pikirkan tentang apa yang dapat Anda tambahkan (dan jadilah kreatif)

Untuk membuat perubahan jangka panjang, penting untuk membuatnya positif dan menyenangkan. Dengan berfokus pada perilaku positif yang dapat Anda tambahkan, Anda sering kali akhirnya menggantikan perilaku yang kurang sehat tanpa menyadarinya.

Plus, semua perubahan kecil dapat bertambah! Misalnya, Anda dapat menantang diri sendiri setiap minggu untuk menambahkan satu tambahan positif baru. Anda dapat memulai dengan berjalan-jalan ekstra di sekitar kantor untuk mendapatkan kopi saat makan siang, salad favorit Anda saat makan malam, atau bahkan kombucha favorit Anda saat makan malam.

Kunci untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya adalah menemukan cara yang menyenangkan untuk melakukannya.

 

4 dari 4 halaman

5. Jangan lupa waktu istirahat, pemulihan, dan refleksi

Meskipun sering dilupakan, 3 hal ini sama pentingnya dengan tujuan dan rencana tindakan Anda. Ini karena tidak ada yang berkelanjutan tanpa waktu yang tepat untuk istirahat dan pemulihan.

Dengan memberi diri Anda waktu istirahat, Anda mempersiapkan diri untuk kesempatan terbaik untuk terus bergerak maju. Menghabiskan waktu untuk refleksi juga akan memungkinkan Anda mengidentifikasi strategi mana yang berhasil dan mana yang tidak.

Hanya karena sesuatu tidak berfungsi, bukan berarti Anda telah gagal. Ini adalah kesempatan penting untuk menilai kembali apakah itu tujuan yang tepat, waktu yang tepat, atau apakah Anda memiliki dukungan dan struktur yang tepat untuk menyiapkan diri Anda menuju kesuksesan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.