Sukses

Rekomendasi 4 Film The Grinch yang Cocok Ditonton Saat Rayakan Natal Bareng Keluarga

The Grinch merupakan salah satu karakter kreasi dari Dr. Seuss yang paling ikonik dan identik dengan perayaan Hari Natal.

Liputan6.com, Jakarta - The Grinch merupakan salah satu karakter kreasi dari Dr. Seuss yang paling ikonik dan identik dengan perayaan Hari Natal.

Karakternya sampai saat ini telah sering diangkat menjadi subjek dari banyak adaptasi film, mulai dari film kartun hingga live-action.

Salah satu film terbaru yang mengangkat The Grinch sebagai karakter utama memiliki judul "The Mean One".

Sebuah film bergenre horor yang menceritakan The Grinch sebagai monster pembunuh yang mengancam akan merusak Natal di sebuah kota pegunungan yang sepi.

Grinch yang merupakan karakter original dari Dr. Seuss muncul sebagai si jahat berkulit hijau untuk kedua kalinya di layar lebar pada tahun 2018, dengan judul "Dr. Seuss The Grinch". Film tersebut melanjutkan adaptasi live-action terakhirnya yang rilis pada tahun 2000.

Film adaptasi asli dari karakter The Grinch pertama kali rilis pada tahun 1966 dalam bentuk animasi dan berjudul "How the Grinch Stole Christmas!".

Film ini menampilkan Boris Karloff dan tiba di layar kecil kurang dari 10 tahun setelah buku perdana Grinch diterbitkan.

Film The Grinch, entah itu karakter dari Dr. Seuss atau dari bukunya, sering kali ditayangkan ulang di layar televisi setiap perayaan Natal. Film ini biasanya merupakan tayangan ulang yang kembali memperkenalkan karakter The Grinch.

Di samping diadaptasi ke dalam film animasi dan live-action, ternyata The Grinch juga diadaptasi sebagai video game, drama panggung Broadway, dan bahkan pertunjukan boneka televisi. Semakin terkenalnya karakter The Grinch, membuatnya tidak hanya menghibur di setiap Hari Natal, tetapi juga sepanjang hari libur akhir tahun.

Bagi yang sudah pernah menyaksikan film Home Alone mungkin tidak asing dengan tampilan karakter Grinch, mengingat senyum licik Grinch pernah tampil sekilas di salah satu film serinya.

Sama-sama mengangkat tema Hari Natal, Grinch bisa menjadi film alternatif untuk disaksikan pada malam Hari Natal. Karakternya pun sudah disajikan dalam genre film yang berbeda-beda.

Merangkum dari Collider (25/12/2022), berikut empat film Grinch terbaik yang patut untuk dinikmati terutama saat perayaan Natal:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. How the Grinch Stole Christmas! (1966)

Satu-satunya hal yang membuat versi baru The Grinch tidak bisa mengungguli film klasik Natal yang asli adalah bahwa versi ini sedikit menyimpang terlalu jauh dari premis sederhana ceritanya.

The Grinch telah lama menjadi karakter suatu catatan yang berkembang menjadi individu yang lebih baik selama penceritaan Dr. Seuss, berkat semangat Natal.

Karakternya tidak membutuhkan cerita latar belakang yang tragis untuk menjelaskan mengapa dia membenci Natal, serta mengapa ia kejam terhadap orang-orang yang mencintainya.

Penonton pun tidak perlu merasa tidak enak terhadap Grinch untuk merasa penuh harapan dan optimis dengan perubahannya di akhir cerita.

3 dari 5 halaman

2. Dr. Seuss The Grinch (2018)

The Grinch yang diluncurkan oleh Illumination Entertainment menjadi salah satu adaptasi The Grinch terbaik sejauh ini. Karakternya disuarakan oleh Benedict Cumberbacth, yang menampilkan Grinch dengan versi yang lebih ramah daripada yang sebenarnya.

Grinch dalam film ini digambarkan sebagai seorang penyendiri yang kasar yang tergolong sebagai seorang pemarah yang sering kali disalahpahami daripada seorang penipu jahat.

Anjing Grinch, Max dalam film ini digambarkan sebagai anjing yang sangat berbakat, murah hati, dan setia. Kisah Grinch dalam film ini juga memperkenalkan teman-teman hewan lainnya yang benar-benar menyenangkan.

Film ini juga mengeksplorasi sisi yang lebih lembut dari Grinch yang kejam, memberikannya kisah latar belakang tragis yang membuat sikapnya lebih mudah dipahami.

4 dari 5 halaman

3. How the Grinch Stole Christmas (2000)

Terlepas dari film dua dimensi dari The Grinch, versi live-action dari karakter ini juga memberikan penampilan yang layak pada film klasik Natal sambil memenangkan Oscar untuk tata rias terbaik (Best Makeup) dalam prosesnya.

Sebagai adaptasi panjang dari Grinch, film "How the Grinch Stole Christmas" menjelaskan kesulitan dalam memperluas buku bergambar Dr. Seuss dan animasi aslinya yang berdurasi 26 menit menjadi berdurasi 104 menit dengan struktur tiga babak.

Sebagian besar pekerjaan berat dilakukan oleh Jim Carrey, aktor yang pada dasarnya merupakan kartun dalam bentuk manusia dan sempurna dalam memerankan karakter berkulit hijau ini.

Grinch pada film ini menawarkan karakter yang tidak hanya kejam tanpa alasan dan memberikan upaya yang sungguh-sungguh untuk mengembangkan karakter ikonik ini lebih lanjut.

5 dari 5 halaman

4. The Mean One (2022)

Satu lagi film live-action yang mengangkat The Grinch sebagai karakter utamanya. "The Mean One" bercerita tentang apa yang terjadi setelah seorang gadis muda bernama Cindy berteman dengan monster berwarna hijau.

Dua dekade setelah The Mean One membunuh ibunya, Cindy dan ayahnya kembali ke Newville dan menemukan kota itu telah melarang semua dekorasi dan perayaan Natal.

Ketika ayah Cindy memutuskan untuk tetap mendekorasinya, sang monster kembali dan mulai misi pembunuhan.

Meskipun film ini mungkin bukan termasuk yang terbaik, penampilan Thornton sebagai The Mean One cukup kuat menampilkan psikopat yang jelas senang menghabisi nyawa banyak orang, di balik riasan tebal yang dikenakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.