Sukses

Ikuti Jejak Pele dan Ronaldo, Lionel Messi Bakal Masuk Hall of Fame Brasil

Dilansir Reuters pada Jumat (23/12), Lionel Messi diajak untuk "mengabadikan" jejak kakinya di stadiun ikonik Brasil, Maracana.

Liputan6.com, Jakarta Argentina berhasil menjadi juara Piala Dunia 2022 Qatar setelah mengalahkan Prancis 4-2 dalam babak adu penalti. Sampai kini, sang kapten Lionel Messi masih terus mendapatkan pujian dari berbagai pihak. Terbaru dari Brasil.

Dilansir Reuters pada Jumat (23/12), Lionel Messi diajak untuk "mengabadikan" jejak kakinya di stadion ikonik Brasil, Maracana. Hal ini disampaikan langsung oleh Pengawas Olahraga Negara Bagian Rio de Janeiro, Adriano Santos.

"(Lionel) Messi telah menunjukkan betapa pentingnya dirinya di dalam dan di luar lapangan. Dia pemain yang telah berada di level tertinggi dalam sejarah sepak bola selama bertahun-tahun,"ucap Adriano Santos, dalam surat yang dikirimkan kepada kapten Argentina melalui FA Argentina (AFA).

"Dan tidak ada yang lebih pas bagi (stadion) Maracana untuk ikut memberikan penghormatan kepadanya. Setelah semuanya, Messi adalah seorang jenius dalam (dunia) bola." lanjutnya.

Nantinya, jejak kaki Lionel Messi ini akan berada bersama pemain legenda Brasil seperti Pele, Garrincha, Rivelino dan Ronaldo. Llau ada juga pemain legenda dunia sepak bola lainnya seperti Elias Figueroa dari Chili, Dejan Petkovic dari Serbia, Eusebio dari Portugal, Sebastian Abreu dari Uruguay, dan Franz Beckenbauer dari Jerman.

Perlu diketahui bahwa stadion Maracana adalah stadiun ikonik Brasil yang terletak di Rio de Janeiro. Stadion ini pernah menyelenggarakan dua final Piala Dunia, yakni pada final edisi 1950 dan 2014. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagi Messi

Walau stadion itu menjadi kenangan buruk bagi Lionel Messi, yang pada final Piala Dunia 2014 Brasil dikalahkan oleh Jerman, stadion itu juga memiliki kenangan yang sangat manis.

Stadion Maracana adalah tempat pertama Lionel Messi berhasil menjadi juara Copa America 2021. Saat itu Argentina berhasil mengalahkan tuan rumah sekaligus juara bertahan Copa America 2019, Brasil.

Di kompetisi itu, Lionel Messi juga menyabet penghargaan Best Player Award, Top Scorer Award bersama Luis Diaz dengan masing-masing 4 gol, dan masuk kesebelasan Team of the Tournament.

3 dari 4 halaman

Wajah Lionel Messi di Uang Kertas

Selain di stadion, Lionel Messi juga dikabarkan akan dicetak di mata uang Argentina pasca mengantarkan negara tersebut menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar. Bintang Argentina itu telah dinyatakan sebagai legenda dan dipertimbangkan untuk masuk pada pada uang kertas 1.000 peso. 

Selain Lionel Messi, di uang tersebut juga akan ada tulisan 'La Scaloneta', merujuk pelatih Lionel Scaloni yang mengasuh skuad Argentina tersebut. Bersama Argentina,  Lionel Scaloni telah memenangkan Copa America dan Piala Dunia.

 

4 dari 4 halaman

Tetap di PSG

Usai membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 2022, Lionel Messi tidak dengan cepat pensiun begitu saja. Dia mengaku masih ingin bermain bersama Argentina sambil menyandang juara dunia.

Di tingkat klub, Lionel Messi juga dikabarkan akan bertahan bersama PSG. Le Parisian melaporkan jika PSG dan Lionel Messi sepakat untuk mengikat kembali kerja sama. Jurnalis sepak bola terkenal Fabrizio Romano sendiri melaporkan bahwa kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan lisan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.