Sukses

10 Manfaat Menakjubkan Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Pisang memiliki banyak nutrisi dan makan pisang secara teratur sangat disarankan, terutama jika Anda seorang pria.

Liputan6.com, Jakarta - Pisang menjadi salah satu yang banyak disukai individu. Pisang adalah buah tropis manis yang memiliki daya tarik di seluruh dunia. Namun selain rasanya yang manis, pisang juga populer karena sangat menyehatkan.

Pisang memiliki banyak nutrisi dan makan pisang secara teratur sangat disarankan, terutama jika Anda seorang pria. Ada beberapa manfaat kesehatan pisang yang harus Anda ketahui.

Selain kaya akan kalium, pisang juga mengandung vitamin B6, C, tembaga, mangan, magnesium, serat, dan bahkan protein. Jumlah kalorinya sangat kecil dan hampir nol lemak.

Bagi pria, menjadikan pisang sebagai bagian dari diet rutin adalah sesuatu yang harus Anda lakukan karena banyaknya manfaat kesehatan dari buah ini.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat kesehatan yang didapat dari mengonsumsi pisang, seperti melansir dari Health Guide Kamis (22/12/2022).

1. Menjaga Kadar Gula Darah

Memiliki kadar gula darah yang tinggi tidak baik bagi tubuh. Hal ini bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kronis dan memengaruhi kesehatanmu secara keseluruhan.

Kadar gula dalam darahmu harus berada dalam tingkat tertentu agar Anda dianggap sehat. Pisang menempati peringkat rendah pada Indeks Glikemik (GI), yang memberi peringkat makanan dari rendah ke tinggi berdasarkan seberapa cepat mereka dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Ini berarti bahwa mengonsumsi pisang tidak akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Pisang juga mengandung pektin dan pati resisten yang membantu mengatur gula darah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung umumnya terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita. Sebagian besar bukti medis menunjukkan bahwa penyakit jantung pada pria dapat dicegah dengan mengonsumsi jenis makanan yang tepat. Kalium adalah mineral yang sangat penting untuk kesehatan jantung, terutama kontrol tekanan darah.

Pisang mengandung kalium yang membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Kalium juga membantu menjaga tekanan darah dalam tingkat yang sehat dan bahkan mengatur detak jantung.

Mengonsumsi makanan kaya kalium yang bisa menurunkan risiko stroke, yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Hal ini semakin ditingkatkan oleh kandungan natrium rendah yang ditemukan dalam pisang. Pisang mengandung jumlah potasium yang tinggi. Makan satu buah pisang bisa menyediakan sebanyak 9% dari Required Daily Intake (RDI) potasium. 

3. Mengandung Antioksidan

Antioksidan penting dalam diet harian. Antioksidan membantu melawan radikal bebas penyebab kanker yang meningkatkan risiko penyakit seperti kanker prostat dan paru-paru. Sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung cukup antioksidan.

Pisang juga sangat kaya akan antioksidan yang membantu tubuh menyingkirkan radikal bebas yang bisa menyebabkan produksi sel kanker dalam tubuh. Hal ini juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit serius lainnya.

3 dari 4 halaman

4. Mengandung Serat

Makan lebih banyak pisang juga baik untuk sistem pencernaan karena mengandung serat makanan. Serat yang tidak larut memudahkan pergerakan usus dan membuatnya lebih mudah untuk mengeluarkan kotoran dengan menambahkan curah ke dalamnya, dan juga mengurangi kemungkinan sembelit.

Selain itu, serat juga membuatmu merasa kenyang lebih lama, yang berarti Anda bisa makan lebih sedikit. Hal ini membantu penurunan berat badan dan menjaga Anda dalam kondisi yang lebih baik. Jadi, penting untuk memasukkan pisang ke dalam makanan sehari-harimu.

5. Baik untuk Kulit

Salah satu dari sekian banyak manfaat kesehatan pisang yakni sangat bagus untuk kulit. Kandungan mangan dalam pisang sangat baik untuk kulit, membantu produksi kolagen, yang membantu kulit Anda terlihat dan terasa hebat. Pisang juga membantu Anda sembuh lebih cepat setelah cedera. 

6. Kaya Akan Vitamin C 

Jika Anda mencari buah, selain jeruk, untuk memberi anda vitamin C, maka Anda harus makan lebih banyak pisang. Pisang mengandung vitamin C yang cukup dan hanya dengan memakan satu buah pisang saja, Anda bisa mendapatkan sebanyak 10% dari kebutuhan vitamin C harianmu.

Vitamin C membantu melawan kerusakan sel dan jaringan dan juga membantu sekresi serotonin yang secara positif memengaruhi suasana hati.

4 dari 4 halaman

7. Meningkatkan Libido

Jika Anda mencari cara untuk meningkatkan aktivitas di kamar tidur, maka Anda harus makan lebih banyak pisang.

Pisang nyatanya bisa membantu dalam meningkatkan fungsi organ reproduksi pria dan menjaganya dalam bentuk yang luar biasa.

Pisang mengandung enzim yang disebut bromelain yang meningkatkan aliran darah dan libido pada pria. Pisang juga membantu produksi serotonin yang dapat mengangkat suasana hati dan memudahkan Anda untuk fokus pada tugas yang ada.

8. Membantu Melawan Anemia

Individu yang mengalami anemia disarankan untuk makan makanan yang kaya zat besi untuk memungkinkan produksi hemoglobin.

Pisang memiliki kandungan zat besi tinggi yang akan memfasilitasi produksi hemoglobin dan membantu memasok darah yang kaya oksigen.

9. Membantu dalam Manajemen Berat Badan

Ada banyak pola makan tidak sehat yang banyak dikonsumsi pria saat ini. Kebanyakan pria akan makan camilan yang tidak sehat dan makan makanan cepat saji secara teratur.

Kebiasaan ini pasti akan menyebabkan kenaikan berat badan, dan kemudian meningkatkan risiko masalah kesehatan. Pisang memiliki kalori yang relatif sedikit. Jadi makan pisang dapat membantu Anda menurunkan berat badan, karena pisang rata-rata hanya memiliki 100 kalori, namun juga sangat bergizi dan memuaskanmu dengan mudah. 

10. Baik untuk Ginjal

Beberapa masalah ginjal yang umum terjadi pada pria termasuk gagal ginjal, batu ginjal dan sakit ginjal.

Anda dapat meningkatkan kesehatan ginjalmu dengan sering makan pisang. Pisang mengandung kalium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.