Sukses

Juara Piala Dunia 2022, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Argentina

7 fakta tentang negara Argentina, yang baru-baru ini menjadi juara piala dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Prancis dalam adu penalti (4-2) pada Minggu, 18 Desember 2022. Piala Dunia 2022 menjadi gelar ketiga Argentina setelah sebelumnya membawa pulang trofi pada 1986 dan 1978. 

Argentina sekaligus menjadi wakil dari negara-negara Amerika Selatan yang mengangkat trofi Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir. Sebelumnya, Amerika Selatan diwakili Brasil yang menjuarai Piala Dunia 2002.

Kemenangan Tim Tango ini disambut dengan sangat meriah oleh masyarakat Argentina. Mereka berkumpul di kota untuk merayakan keberhasilan Lionel Messi Cs membawa pulang trofi Piala Dunia FIFA, setelah 36 tahun lamanya tak bertandang ke Argentina. 

Terlepas dari selebrasi meriah tersebut, Argentina merupakan negara yang terletak di bagian selatan benua Amerika Selatan. Posisinya berada di antara Pegunungan Andes di barat dan Samudra Atlantik di selatan. Argentina dijuluki sebagai negara selatan di benua selatan. 

Sebagian besar masyarakatnya berbahasa Spanyol karena menjadi negara koloni Kerajaan Spanyol sejak abad-16. Argentina baru mendeklarasikan kemerdekaan pada 9 Juli 1816. Argentina memiliki beberapa keunikan, mulai dari rerata populasi Argentina memainkan dan mencintai sepak bola, tarian tango, kekayaan alam yang menakjubkan, dan masih banyak lainnya.

Dalam rangka kemenangan Argentina di Piala Dunia 2022, liputan6.com merangkum beberapa fakta menarik terkait Argentina. Berikut adalah 5 fakta menarik Argentina, sebagaimana dikutip Enjoy Travel dan Nomadic Boys, Senin (19/12/2022):

1. Maradona Memiliki Gereja dan Agamanya Sendiri 

Ada gereja dan agama yang didirikan untuk menghormati legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona. Maradona dianggap sebagai Tuhan di gereja ini. 

Para fans dan loyalis Maradona mendirikan agama bernama Iglesia Maradoniana pada tahun 1998. Agama ini didirikan di Rosario, Argentina. Uniknya, kini Iglesia Maradoniana memiliki lebih dari 80.000 anggota yang tersebar di 55 negara.

Bagi para penganut dan penggemar, Maradona dianggap sebagai D10S mereka. Dalam hal ini, Dios dalam bahasa Spanyol berarti Tuhan dan jersey Maradona menggunakan nomor punggung 10. 

Seperti ajaran agama kristiani, di agama Iglesia Maradoniana ini, ada juga memiliki 10 Perintah Tuhan. Salah satunya adalah perintah untuk menamai putra pertamanya dengan nama Diego atau menjadikan Diego sebagai nama tengah.

Hal ini menunjukkan kecintaan orang Argentina terhadap sepak bola. Tidak ada yang lebih membakar semangat Argentina, atau secara dramatis menyatukan negara ini daripada pertandingan sepak bola besar, terutama dengan rival utama Brasil.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. El Pato adalah Olahraga Nasional Argentina

Walaupun negara ini mencintai sepak bola, olahraga nasional mereka bernama Pato. Pada tahun 1953, Presiden Juan Perón menetapkan El Pato sebagai olahraga nasional.

Pato telah dimainkan di Argentina sejak tahun 1600-an. Pato merupakan permainan yang dimainkan oleh para gaucho dengan menunggang kuda, yang menggabungkan elemen polo dan bola basket.

Pada tahun 2010 parlemen Argentina mencoba memperkenalkan RUU untuk mengangkat sepak bola ke status olahraga nasional dan mengurangi pato menjadi olahraga tradisional. 

3. Yerba Mate adalah Minuman Khas Argentina

Argentina memiliki minuman khas bernama Yerba Mate. Mate adalah teh herbal hitam yang terbuat dari ramuan yerba mate. Tanaman herbal ini tumbuh di provinsi Timur Laut Misiones dan Corrientes. Ramuan ini ditempatkan dalam labu (pot mate), ditambahkan air panas, kemudian disajikan dari sedotan logam yang disebut bombilla.

Mate (diucapkan MAHteh) adalah bisnis yang serius di sini. Minuman ini sudah mendarah daging dalam budaya dan merupakan titik fokus dalam pertemuan sosial. Minuman ini dibagikan kepada semua orang untuk berbagi.

 

 

3 dari 4 halaman

4. Tarian Tango Berasal dari Argentina

Tarian Tango berasal dari tahun 1880-an di Argentina. Tango tumbuh dari distrik kelas bawah Buenos Aires. Pada awalnya, Tango sering berlangsung di rumah-rumah bordil dan dikatakan bahwa tarian ini adalah "ekspresi vertikal dari hasrat horizontal".

Saat ini, Tango dipertunjukkan di seluruh Argentina dan Anda akan melihat banyak penari Tango di jalan-jalan Buenos Aires. Ketika ingin menari Tango, siapkan sepatu dansa dan pergilah ke acara tango sosial yang disebut milonga.

5. Negara dengan Titik Tertinggi dan Terendah di Bumi Selatan

Sebuah negara yang ekstrem, Argentina memiliki bagi titik tertinggi dan terendah di Amerika Selatan. Gunung Aconcagua di Andes memiliki tinggi 6.960,8 meter (22.837 kaki), menjadikannya gunung tertinggi di benua Amerika, gunung tertinggi di belahan bumi selatan dan gunung tertinggi di belahan bumi barat.

Sementara, Laguna del Carbón, sebuah danau garam di Provinsi Santa Cruz, adalah titik terendah di Argentina dan titik terendah di belahan bumi barat dan selatan. Danau ini berada 105 meter (344 kaki) di bawah permukaan laut.

 

4 dari 4 halaman

6. Ibu Kota Buenos Aires yang Unik

Buenos Aires adalah ibu kota Argentina. Kota ini kota yang paling banyak dikunjungi di Amerika Selatan. Uniknya, Buenos Aries memiliki jumlah psikiater dan psikoanalisis terbanyak dibandingkan kota lain di dunia. 

Para kutu buku juga akan menyukai kota ini. Pasalnya, Buenos Aires ini memiliki jumlah toko buku per orang terbanyak dibandingkan kota lain di dunia.

Jalan raya utama di kota ini adalah Avenida 9 de Julio yang memperingati hari kemerdekaan negara ini. Dengan panjang 140 meter, ini adalah jalan terluas di dunia.

7. Rumah Bagi Gletser 

Argentina juga merupakan rumah bagi gletser Perito Moreno. Gletser ini berjarak 78 Km dari kota El Calafate. Gletser ini merupakan cadangan air tawar terbesar ketiga di dunia.

Gletser Perito Moreno adalah salah satu dari sedikit gletser maju yang tersisa di dunia. Gletser ini tumbuh sekitar 2 meter per hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.