Sukses

5 Cara Sederhana yang Bikin Kamu Lebih Bahagia

Setiap hal dan aktivitas yang dilakukan harus dijalani dengan sebaik mungkin agar hari-hari kita selalu bahagia dan merasa hidup lebih berharga.

Liputan6.com, Jakarta - Kesedihan dan suasana hati yang buruk tentu lumrah dialami setiap individu. Perasaan ini sangat mengganggu, apalagi saat kita ingin melakukan berbagai aktivitas sehari-hari yang tidak nyaman karena perasaan kesal berkepanjangan sepanjang hari.

Padahal setiap waktu yang kita lalui itu sangat berharga, tentang bagaimana kita masih diberi kesempatan untuk menikmati dan menjalani hari-hari dengan baik.

Untuk itu, setiap hal dan aktivitas yang dilakukan harus dijalani dengan sebaik mungkin agar hari-hari kita selalu bahagia dan merasa hidup lebih berharga.

Oleh karena itu, ikuti beberapa cara ini yang bikin kamu bahagia, seperti melansir dari The Daily Star, Rabu (14/12/2022).

1. Turuti Keinginan Hati

Kebanyakan individu memiliki suara hati yang sangat kritis di dalam kepala mereka. Hadapi itu. Ketika suara hatimu mengatakan bahwa kamu harus atau jangan melakukan sesuatu, coba jangan membantahnya dengan keras.

Cara terbaik untuk menyelesaikan pertempuran ini dalam pikiran adalah dalam keheningan. Jadi, temukan suara hati yang positif dan lakukan hal tersebut sebagai suatu aktivitas.

Jika kamu merasa sulit untuk memulainya, maka jawaban terbaiknya adalah bermeditasi dan memberi diri kalian  waktu untuk berpikir sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menarik Semua Hal Positif

Selalu melihat sisi positif dari setiap keadaan yang terjadi dalam hidup. Kita biasanya terlalu sering melihat sisi negatifnya, sehingga kita melewatkan semua hal baik yang terjadi.

Jadi, sudah saatnya mengubah keadaan untuk lebih banyak melihat sisi positif, misalnya jika kamu telah berhasil mencapai sesuatu yang diinginkan berarti kamu dapat membanggakan dirimu dan bisa meraih suatu hal yang mungkin tidak bisa dicapai orang lain.

3. Buatlah Perencanaan dalam Jurnal

Membuat jurnal adalah cara yang diklaim bisa mengurangi stres. Ahli kesehatan mental tidak bisa cukup menekankan betapa pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan suasana hati.

Jika kita mulai dengan membuat daftar sepuluh pengalaman paling menyenangkan, kamu akan melihat bahwa sebagian besar daaftar tersebut adalah pengalaman yang layak untuk dikenang selama sisa hidup kita.

Ditambah lagi, membuat jurnal membantu kita berkonsentrasi lebih baik, menjadi lebih fokus, menemukan akar penyebab masalah dan bahkan menemukan solusi untuk mengatasi sebagian besar masalah.

3 dari 3 halaman

4. Menjaga Kata-Kata yang Diucapkan

Pastikan bahasa dan gaya bicara yang kamu ucapkan setiap hari lebih banyak melontarkan kalimat positif daripada negatif.

Mengucapkan kata-kata positif dan mendengarkannya dari orang lain, pasti akan membantu meningkatkan suasana hati.

5. Menikmati Aktivitas Bersama Orang Lain

Jika kamu sedang sedih, cara terbaik dan termudah untuk melaluinya yakni dengan menghabiskan waktu bersama orang yang dicintai.

Menurut penelitian, kegiatan bersama meningkatkan pikiran dan melepaskan hormon baik yang mirip dengan pergaulan sosial. Kegiatan bersama ini bisa berupa sesuatu yang sangat santai seperti memasak bersama, melakukan bersih-bbersih rumah, pergi berbelanja atau bahkan obrolan sederhana sambil minum kopi.

Pikirkan tentang hal ini, jika ada satu orang yang bisa diajak untuk menghabiskan waktu bersama, itu bisa mengalahkan kesedihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.