Sukses

Gareth Southgate Berhasil Bawa Inggris Jadi Negara Paling Banyak Cetak Gol di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Inggris menjadi negara yang sudah dipastikan lolos melaju ke perempat final Piala Dunia 2022, setelah unggul melawan senegal Senin (5/12/2022) dini hari.

Skor yang dicetak Inggris pada laga 16 besar ini yakni 3-0 atas Senegal, di stadion Al Bayt, Qatar. Hal itu menambah perolehan skor gol yang diraih timnas berjulukan "The Three Lions."

Sang pelatih sekaligus mantan pemain Timnas Inggris, Gareth Southgate berhasil membawa Inggris menjadi negara paling banyak mencetak gol selama turnamen ini.

Mengutip akun Twitter resmi ESPN FC, tercatat pada hari ini, tim asuhan Gareth Southgate tersebut telah mencetak 12 gol dan hanya kebobolan dua kali sejauh berlaga di Piala Dunia 2022. Ini menjadi gol terbanyak yang dicetak oleh negara di turnamen ini. 

Dilansir dari Englandfootball, Senin (5/12/2022), Gareth Southgate merasa terkesan dengan penampilan pemain Inggris yang bisa mengatasi situasi rumit saat pertandingan melawan Senegal. 

"Saya pikir tim telah membuat permainan yang sangat rumit malam ini, terlihat sederhana," ungkapnya usai pertandingan.

Gareth Southgate mengungkapkan bahwa timnya berhasil menyikapi situasi itu berkat mentalitas dan sikap yang mereka tunjukkan. 

"Mentalitas dan sikap kami telah membuatnya terlihat seperti itu. Cara eksekusi kami, cara tim bekerja saat tidak menguasai bola dan tanpa bola," ungkapnya. 

Strategi yang diatur Gareth dan timnya mampu membuat Inggris menguasai pertandingan. Meski awalnya sulit menguasai bola, pada akhirnya The Three Lions mampu menguasai bola di menit ke-25.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mendapat Peluang Terbaik

"Saya pikir pada akhirnya, kami bisa mulai menguasai sedikit bola pada 25, 30 menit pertama. Senegal memiliki banyak energi, mereka menekan dengan baik dan bentuk mereka bagus," ungkap sang manajer. 

Saat menguasai bola, Inggris mendapat peluang terbaiknya. 

"Sungguh, peluang terbaik kami datang saat menguasai bola dari mereka, dan saya pikir Jude Bellingham dan Hendo Jordan khususnya, luar biasa dalam aspek permainan itu," katanya. 

3 dari 4 halaman

Mencetak Gol

Momentum itu tidak disia-siakan Inggris, setelah menguasai bola, para pemain memiliki banyak kesempatan untuk mencetak gol.

Gol babak pertama disumbangkan oleh Jordan Henderson, disusul oleh Harry Kane menenangkan kegelisahan atas Senegal. Dilanjutkan oleh Bukayo Saka, yang menambahkan gol ketiga untuk memastikan kemenangan Inggris. 

Setelah ini, Three Lions akan menghadapi Prancis, mereka berhasil melaju ke babak delapan besar dengan kemenangan 3-1 atas Polandia, pada pertandingan 16 besar sebelumnya, pada Minggu, 4 Desember 2022.

4 dari 4 halaman

Melawan Prancis

Inggris akan melawan Prancis pada Minggu, 11 Desember mendatang. Dengan waktu enam hari, hingga pertandingan yang nanti akan berlangsung di Stadion Al Bayt, Southgate dan timnya akan segera berkumpul kembali di base camp mereka dan memulai persiapan mereka.

Menurut Southgate, pertandingan nanti menjadi cobaan terberat baginya dan tim. 

"Ini akan menjadi ujian terbesar yang akan kami hadapi, mereka adalah juara dunia, mereka memiliki bakat yang luar biasa dan kemampuan pemain individu yang luar biasa," kata Southgate.

Dia juga mengatakan bahwa Prancis menjadi tantangan yang fantastis untuk timnya. 

"Mereka sangat sulit untuk dilawan dan mencetak gol ke gawang, jadi ini adalah tantangan yang fantastis dan permainan yang brilian untuk kami persiapkan."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS