Sukses

Baik untuk Kesehatan Tubuh, Ini 7 Manfaat Buat Naga yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Buah naga menjadi salah satu buah yang memiliki keunikan, mulai dari warna hingga bentuknya. Buah naga berwarna merah muda sedikit keunguan dan terlihat seperti berduri, namun tidak sakit saat terkena tangan.

Buah yang berwarna cerah ini, umumnya memiliki daging atau isi di dalamnya berwarna putih atau merah dan berbiji hitam. Dilansir melalui everydayhealth pada Sabtu (3/12/2022), buah naga banyak tumbuh di daerah Asia, Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Bagi kalian yang belum pernah mencicipi buah satu ini mungkin akan bertanya-tanya bagaimana rasanya. Memiliki penampilan unik, buah naga akan terasa manis saat kalian mengonsumsinya. Tentu saja, semua bergantung pada tingkat kematangannya.

Untuk menggambarkan rasanya lebih jelas lagi, beberapa orang menilai rasa buah naga merupakan kombinasi antara buah kiwi dengan pir. Terlepas dari rasanya, buah naga pun menawarkan sejumlah nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan. Maka dari itu tak heran, jika buah naga banyak dikonsumsi oleh seseorang yang tengah menjalani diet.

Buah naga mengandung serat, kalsium, vitamin A, magnesium, vitamin C, zat besi dan protein. Kaya akan vitamin, buah naga menawarkan antioksidan yang dapat melawan berbagai penyakit. Berikut beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh:

1. Membantu Mencegah Penyakit

Buah naga merupakan salah satu buah yang bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, manfaat lainnya adalah mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Kandungan antioksidan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat. Membantu mengurangi penumpukan plak kolesterol di arteri, sehingga meningkatkan aliran darah yang sehat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Seseorang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh lemah, cenderung rentan terhadap berbagai macam penyakit, seperti mudah flu dan infeksi. Mengandung vitamin C, buah naga dinilai mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari kuman, bakteri, serta radikal bebas. Jika seseorang terpapar radikal bebas, maka tubuh akan mengalami kerusakan sel.

3. Membantu Melancarkan Pencernaan

Buah naga kaya akan serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan. Orang dewasa membutuhkan 21-38 gram serat perharinya.

Jika kalian mengonsumsi sekitar 100 gram buah naga, maka kandungan yang terdapat di dalamnya berkisar 2,9 gram serat atau setara 10 persen dari nilai harian. Konsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi, agar dapat berkontribusi dengan baik untuk usus dan mencegah sembelit.

3 dari 4 halaman

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Semua orang pasti ingin mempunyai kulit sehat alami. Cobalah mengonsumsi buah naga di pagi hari dan rasakan khasiatnya. Buah naga dipercaya sanggup mengurangi tanda penuaan, kerutan, kulit kering dan jerawat. Vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalamnya berperan untuk memperbaiki kerusakan sel, sehingga menghasilkan penampilan awet muda.

5. Dapat Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah naga bisa membantu mencegah penyakit kanker. Tak hanya itu, buah naga memiliki kandungan lycopene dan antioksidan tinggi.

Jika kalian mengonsumsi buah naga dengan kandungan kaya antioksidan, dipercaya mampu mengurangi sel kanker dalam tubuh. Buah naga pun berperan untuk mencegah sekaligus pengobatan untuk kanker payudara. Meskipun, perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

 

4 dari 4 halaman

6. Menurunkan Gula Darah

Buah naga bisa menurunkan berat badan dan membantu menormalkan kadar gula darah. Serat yang terkandung di buah naga dapat membantu penderita diabetes agar tetap kenyang lebih lama. Dengan begitu, mereka akan lebih jarang makan dari biasanya. Bahkan makanan yang mereka konsumsi pun perlu diperhatikan.

7. Mengurangi Peradangan

Jika kalian memiliki penyakit kronis, seperti rheumatois arthritis yang menimbulkan rasa nyeri pada bagian sendi akibat peradangan di sistem kekebalan tubuh, perlu mengonsumsi makanan bernutrisi.

Kalian bisa mengonsumsi buah naga yang memiliki banyak manfaat. Makan buah naga dipercaya dapat meredakan peradangan dan nyeri, karena memiliki kandungan anti inflamasi yang berfungsi sebagai obat penghilang rasa sakit secara alami.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS