Sukses

Cara Mudah Bikin Instafest Spotify yang Sedang Viral di Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Spotify selalu menerbitkan program Spotify Wrapped beberapa minggu sebelum akhir tahun. Menjelang rangkuman Spotify Wrapped resmi ini, tidak jarang banyak pengguna aplikasi turut menggunakan grafis dari situs lain untuk melihat rangkuman musik-musik yang paling banyak mereka dengarkan pada beberapa waktu terakhir.

Tren ini sebelumnya diperkenalkan oleh Spotify melalui fitur Spotify Wrapped di sebuah website khusus. Hal ini berubah di 2021, ketika Spotify membawa fitur tersebut secara ekslusif di dalam aplikasinya.

Seperti yang sedang ramai diunggah di media sosial, terdapat satu model grafis yang berisikan rangkuman musik yang didengarkan di Spotify. Grafis ini berbentuk seperti lineup festival dan banyak diunggah melalui Story Instagram.

Bentuk grafis lineup festival ini dibuat menggunakan Instafest. Ini hampir serupa dengan cara kerja Receiptify, yang merupakan aplikasi yang dimiliki oleh Herokuapp. Receiptify sendiri merupakan aplikasi track generator, yang bekerja dengan cara memindai playlist Spotify sebuah akun dan membuat ranking lagu-lagu yang paling sering didengarkan pengguna.

Aplikasi seperti Receiptify dan Instafest menjadi cara baru untuk melihat ringkasan dari apa yang kita paling sering dengarkan di Spotify muncul secara online. Konsep grafis yang dimiliki Instafest juga serupa dengan Spotify Pies, yang dulu sempat ramai digunakan pada Juni 2022.

Bedanya Instafest dari Receiptify dan Spotify Pies, Instafest Spotify menyajikan rincian lagu-lagu yang paling sering didengarkan dalam bentuk layaknya pengumuman lineup yang akan tampil di sebuah festival atau konser. Mirip seperti lineup Coachella yang biasa diunggah setiap tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Langkah-Langkah Membuat Instafest

Untuk membuat tampilan grafis festival musik yang diambil berdasarkan artis-artis favorit, pengguna harus menggunakan aplikasi Instafest yang dapat ditemukan dengan cara mengetikkan "Instafest.app" di browser. Setelah itu pengguna akan diminta untuk melakukan log-in akun Spotify.

Selain log-in menggunakan akun Spotify, pengguna juga bisa masuk menggunakan akun email, Google, atau Facebook tergantung pada alamat yang digunakan untuk mendengarkan musik di Spotify.

Setelah berhasil log-in, aplikasi akan memberikan akses ke informasi akun Spotify pengguna dan menampilkan foto berisi jajaran lineup festival impian pengguna. Jajaran nama artis ini diambil dari artis-artis yang lagunya paling sering diputar oleh pengguna lewat Spotify.

Tampilan ini selanjutnya bisa diatur jika pengguna ingin melihat rincian artis yang paling sering didengarkan selama empat minggu terakhir, enam bulan terakhir, atau sepanjang masa. Pengguna juga bisa mengubah gaya foto lineup, seperti tema Malibu

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Receiptify

Tren rincian musik Spotify yang diunggah dalam bentuk struk yang dipersonalisasi sedang populer mengikuti popularitas Spotify Wrapped. Receiptify merupakan aplikasi yang diselenggarakan oleh Herokuapp.

Seperti aplikasi track generator lainnya, aplikasi ini memindai daftar putar Spotify dan lagu teratas dan membuatnya dalam bentuk struk tanda terima bergaya toko yang mengurutkan lagu-lagu yang paling sering diputar.

Aplikasinya pun mudah diakses. Pengguna bisa mengunjungi situs receiptify.herokuapp.com dan melakukan log-in menggunakan akun Spotify yang dimiliki. Ini diperlukan untuk mengizinkan aplikasi memindai riwayat lagu-lagu yang didengarkan pengguna.

Dalam Receiptify, pengguna juga bisa mengatur 10 lagu teratas dalam empat minggu terakhir atau enam bulan terakhir yang paling sering diputar. Aplikasi ini juga memberikan detail lain di dalam struk, seperti waktu mendengarkan gabungan dari 10 lagu yang tampil dan tanggal membuat struk.

4 dari 4 halaman

Spotify Wrapped dan Cara Mendapatkannya

Dalam beberapa tahun terakhir, Spotify kerap meluncurkan ringkasan aktivitas penggunanya dalam bentuk fitur Spotify Wrapped.

Ringkasan ini menampilkan kebiasaan mendengarkan pengguna dan biasanya akan meminta pengguna untuk mengklik daftar "Top Songs."

Fitur Spotify Wrapped ini telah tersedia di dalam aplikasi Spotify sejak 1 Desember 2021 lalu dan menampilkan lagu-lagu terbaik dan sering didengarkan pengguna selama satu tahun terakhir. Pengguna bisa mengakses fitur tersebut melalui tab Made For You di bagian home page Spotify. Halaman tersebut juga menampung daftar Daily Mixes, Release Radar, dan Discover Weekly.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS