Sukses

Cooling Food, 12 Makanan Ini Beri Efek Menenangkan Bagi Energi Tubuh

Alpukat hingga lidah buaya, ini jenis makanan yang dapat kamu konsumsi untuk menyejukkan tubuh

Liputan6.com, Jakarta - Kuliner yang menggunggah selera dan memanjakan mata semakin banyak yang menjual. Tetapi, bagaimana kita memilih makanan untuk meningkatkan kesehatan kita secara menyeluruh dan mendapatkan nutrisi paling cocok?

Berkaitan dengan hal tersebut, tahukah kamu bahwa ternyata pengobatan alami telah mengkategorikan makanan ke dalam dua kelompok, yakni makanan dengan efek mendinginkan dan yang memiliki efek memanaskan.

Kategori tersebut terbagi untuk menyeimbangkan internal tubuh dengan memilih jenis yang sesuai dengan kondisi tubuh. Seperti misalnya, di musim panas, mengonsumsi makanan yang memiliki efek “pendingin” akan lebih membuat tubuh merasa sejuk dari dalam.

Melansir Cooling Green Life, Jumat (25/11/2022), makanan dengan efek mendinginkan adalah makanan yang bekerja untuk menurunkan suhu tubuh dan membantu seseorang mengatasi stress

Sebaliknya, makanan yang "panas" melakukan kebalikannya, terutama makanan yang berat dan tinggi campuran lemak, protein dan karbohidrat.

Lalu, bagaimana seseorang tahu jika ia dapat mendapatkan manfaat dari memasukkan lebih banyak makanan pendingin dalam dietnya? Dalam hal ini, diet pending direkomendasikan untuk orang-orang dengan tanda-tanda "panas internal".

Panas internal yang dimaksud yakni orang-orang yang memiliki gejala seperti, peradangan dan nyeri, pencernaan yang buruk, termasuk refluks asam dan perut kembung, iritasi, agresi, hingga kecemasan.

Melansir Be Body Wise, berikut beberapa makanan yang dapat mengatasi energi panas internal tubuh:

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1) Air kelapa

Air kelapa yang lembut adalah minuman pendingin tubuh terbaik untuk dimasukkan ke dalam diet seseorang selama musim panas. Ini adalah cairan berbasis air yang mengandung cukup vitamin dan mineral untuk mendinginkan suhu tubuh.

2) Mint atau peppermint

Seseorang dapat menggunakan daun pudina atau daun mint sebagai chutney, saus, atau minuman. Daun ini memiliki sifat mendinginkan yang menenangkan suhu tubuh selama panas yang menyengat.

3) Semangka

Semangka mengandung sekitar 91,45% air. Semangka juga mengandung antioksidan yang memberikan efek pendinginan pada tubuh. Demikian pula, melon juga efektif dalam menjaga tubuh tetap terhidrasi.

4) Pisang

Pisang adalah sumber energi instan yang baik dan salah satu buah pendingin tubuh yang hebat. Buah ini dapat berfungsi untuk memungkinkan lebih banyak penyerapan air dan memberikan efek sejuk bagi tubuh.

3 dari 4 halaman

5) Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, yang membantu menghilangkan racun dan panas berlebih dari darah. Selain itu, buah ini juga mudah dicerna yang menghambat tubuh menghasilkan panas berlebih untuk pencernaannya.

6) Mentimun         

Mentimun adalah salah satu makanan pendingin tubuh kuno yang direkomendasikan Ayurveda. Buah ini memiliki serat yang tinggi, menjauhkan sembelit. Kandungan air yang tinggi dalam mentimun juga dapat membantu tubuh untuk menjauhkan tekanan panas.

7) Sayuran segar

Sayuran segar seperti labu botol, labu bubungan, dan lady's finger mudah dicerna dan mengandung jumlah air yang tinggi.

8) Sayuran berdaun hijau

Memasukkan sayuran berdaun hijau ke dalam makanan sangatlah bermanfaat. Hal ini dikarenakan , sayuran hijau memiliki kandungan jumlah air yang tinggi. Tetapi, ingatlah bahwa sayuran ini bisa kehilangan air jika dimasak terlalu matang.

4 dari 4 halaman

9) Lidah Buaya

Mengonsumsi dua sendok makan gel lidah buaya segar-- yang baru dipetik dari pertanian, bukannya diproses-- di musim panas dapat berfungsi sebagai pendingin tubuh. Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengatur suhu tubuh selama musim panas.

10) Seledri

Seledri memiliki sekitar 95% air dan nutrisi penting yang membantumu untuk tetap berenergi sepanjang hari yang panas. Tak hanya itu, seledri juga memiliki mineral penting seperti seng, kalium, magnesium, kalsium, dan fosfor.

11) Citrus

Citrus atau keluarga jeruk kaya akan Vitamin C yang membantu memecah makanan berlemak dan membantu pencernaan. Jenis buah ini memiliki antioksidan yang memberikan efek pendinginan. Contoh dari jenis jeruk ini dapat berupa jeruk nipis, lemon, dan jeruk yang merupakan sumber Vitamin C yang bagus serta ideal untuk menyembuhkan panas dalam dan luar tubuh

12) Jus Tebu

Jus tebu polos adalah minuman pendingin tubuh terbaik untuk musim panas. Tebu yang baru dihancurkan cocok untuk dikonsumsi ketika tubuh mengalami panas internal karena mengandung jumlah air dan sifat pendingin yang tinggi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.