Sukses

Hanya Hadir Sidang Online, Warganet Singgung Putri Candrawathi Positif Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Terdakwa Putri Candrawathi hari ini, Selasa (22/11/2022), menghadiri sidang ke-5 dalam pemeriksaan saksi-saksi kasus pembunuhan Brigadir Joshua secara virtual, lantaran dirinya sedang positif Covid-19.

Sedangkan Ferdy Sambo tetap ahdir secara langsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atau PN Jaksel dengan mengenakan kemeja putih.

Sebelumnya, sidang kelima Putri Candrawathi bersama Ferdy Sambo ditunda lantaran Indonesia sedang menjadi tuan rumah pelaksanaan KTT G20. 

Kuasa hukum Putri Candrawathi, Arman Hanis meminta kepada ketua majelis hakim dan jaksa penuntut umum (JPU) untuk memberikan akses komunikasi kepada kliennya, Putri Candrawathi. 

"Ijin yang Mulia. Kita minta dalam persidangan online ini, klien kami bisa didampingi oleh rekan kami yang sedang menuju kejaksaan. Dan kami juga bisa diberikan akses berkomunikasi. Tadi sudah berkomunikasi dengan JPU untuk komunikasi by phone," kata Arman Hanis di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan mengutip dari live streaming Kompas TV, Selasa, (22/11/2022).

Ketua majelis hakim pun mempertanyakan kondisi kesehatan dan kesiapan Putri Candrawathi pada sidang ke-5 ini. Putri Candrawathi pun menjawab dirinya siap mengikuti sidang secara virtual.

"Mohon ijin yang Mulia. Saya siap menjalankan persidangan hari ini," jawab Putri Candrawathi secara virtual.

Kemudian majelis hakim menyetujui permintaan kuasa hukum Putri Candrawathi untuk memberikan akses berkomunikasi kepada kliennya. 

"Baik, seandainya nanti itu, saudara bisa berkomunikasi dengan penasehat hukum saudara ya. Sepanjang persidangan, karena saudara dinyatakan Covid. Maka kami akan memberikan akses yang besar (kepada) penasehat hukum saudara, untuk berkomunukasi dengan saudara lewat alat komunikasi handphone," ucap majelis hakim saat menanggapi kesiapan Putri Candrawathi. 

"Baik, kepada jaksa penuntut umum mohon diberikan akses yang besar kepada terdakwa Putri Candrawathi berkomunikasi kepada penasehat hukumnya melalui komunikasi handphone," lanjut ketua majelis hakim.

Rupanya, absennya Putri Candrawathi saat sidang lanjutan ini juga mendapat perhatian warganet di sosial media (sosmed). Penasaran? Berikut dihimpun Liputan6.com:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Warganet saat Putri Candrawathi Positif Covid-19

Begini komentar warganet di akun Tiktok @jamgadang_news dan @1tsm3_riel, yang memposting cuplikan video saat ketua majelis hakim mempertanyakan kondisi kesehatan dan kesiapan Putri Candrawathi mengikuti sidang online meski positif Covid-19, beberapa di antaranya:

"Kok tiba-tiba covid, kemana jalan-jalan ini waktu jeda sidang 1 pekan," tulis @nisarmini77.

"Sering bercanda ni, putri candrawathi," tulis @pasutrigabut23.

"Dia didlm bisa covid ya, yg diluar aja byk yg aman. apa ini skenario baru lagi," tulis @wmnprety_.

"Lagi mengatur strategi, lagi ngisi amplop buat siapa lagi yang mau," tulis @fahm850.

"Kma covid apa habis jalan2 ke laur ya masa ditahanan bisa kena," tulis @anni1266.

"Pdhl setiap sidang pakai masker terus," tulis @nadiyasalm09.

3 dari 4 halaman

Tampak Gemuk, Ferdy Sambo Kembali Jadi Sorotan Warganet

Setelah ditunda sepekan, Ferdy Sambo kembali mengikuti sidang ke-5 pemeriksaan saksi pembunuhan Brigadir Joshua di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, hari ini Selasa, (22/11/2022).

Lagi-lagi warganet salah fokus dengan penampilan Ferdy Sambo yang nampak gemuk saat sidang ke-5 hari ini. Berikut komentar warganet di akun Tiktok @seputar_art1s, yang memposting cuplikan video Ferdy Sambo saat memasuki ruang sidang dengan caption "makin gemuk aja Pak Sambo":

"Makan tidur trs soalnya," tulis @meysisilia.099.

"Netizen mah emang teliti abis," tulis @henitrinawati.

"Harus tetap agbnteng ya pak," tulis @erliana69.

"makanannya enak, tidurnya cukup," tulis @adiong557.

"Gimana gk gemuk tdr makan doang sekarang hahaha," tulis @brielsaputri.

 

4 dari 4 halaman

Putri Candrawathi Perintahkan Ricky Ambil Uang Brigadir J

Dalam sidang sebelumnya, Terdakwa Bripka Ricky Rizal diberi hak menjawab oleh majelis hakim terkait adanya uang sebesar Rp200 juta yang masuk ke dalam rekeningnya dari korban Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Kiriman uang tersebut terasa janggal, sebab terjadi setelah Brigadir J meninggal dunia di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo pada Jumat 8 Juli 2022 lalu. Ricky Rizal menyebut, transfer uang itu ia lakukan atas perintah istri Sambo, Putri Candrawathi.

“Saya lakukan atas perintah Putri Sambo karena yang bersangkutan (Brigadir J) sudah almarhum,” jawab Ricky dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Senin 21 November 2022. 

Ricky beralasan perintah yang diminta Putri dilakukan melalui mobile banking. Menurut dia, akses untuk membuka rekening milik Brigadir J melalui internet bukan hanya diketahui dirinya semata, namun ada nomer PIN yang diketahui secara transparan di handphone (HP).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS