Sukses

Lemon hingga Jeruk Bali Merah, Ini 6 Buah Paling Menyehatkan dengan Nutrisi Terbaik

Liputan6.com, Jakarta - Buah kaya akan nutrisi. Karena nutrisinya itu, buah pun memiliki manfaat bagi kesehatan.

Makan lebih banyak buah adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit.

Melansir Medical News Today, Rabu (16/11/2022), buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral penting yang sangat baik, dan tinggi serat. Buah-buahan juga menyediakan berbagai antioksidan yang meningkatkan kesehatan, termasuk flavonoid.

Mengonsumsi makanan yang terdiri atas buah-buahan dan sayuran dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung, kanker, peradangan, dan diabetes. Buah jeruk dan beri mungkin sangat kuat untuk mencegah penyakit.

Sebuah studi tahun 2014 memberi peringkat buah dan sayuran "pembangkit tenaga" berdasarkan kepadatan nutrisi yang tinggi dan kalori yang rendah.

Lemon berada di urutan teratas dalam daftar, diikuti oleh stroberi, jeruk, jeruk nipis, dan jeruk bali merah. Lantas apa sajakah selain lemon?

Berikut ini 6 buah yang paling menyehatkan serta kandungan nutrisi di dalamnya:

 

1. Lemon

Lemon adalah buah Citrus yang sering digunakan orang dalam pengobatan tradisional karena manfaat kesehatannya. Seperti buah Citrus lain, buah ini mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya.

Antioksidan sangat penting bagi kesehatan manusia. Senyawa-senyawa ini menyapu radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit, seperti kanker.

Para peneliti percaya bahwa flavonoid dalam lemon dan buah Citrus lainnya memiliki sifat antibakteri, antikanker, dan antidiabetes.

Buah jeruk, termasuk lemon, mengandung komponen aktif yang disebut fitokimia yang bermanfaat bagi kesehatan, ini termasuk vitamin C, asam folat, kalium, serta pektin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

2. Stroberi

Stroberi adalah buah dengan kandungan air yang tinggi. Bijinya menyediakan banyak serat makanan per porsi. Stroberi mengandung banyak vitamin dan mineral yang menyehatkan.

Dari catatan khusus, stroberi mengandung antosianin, yang merupakan flavonoid yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Serat dan kalium dalam stroberi juga dapat mendukung kesehatan jantung.

Dalam sebuah penelitian, wanita yang makan tiga porsi atau lebih per minggu stroberi dan blueberry --- yang keduanya dikenal dengan kandungan antosianinnya yang tinggi --- memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung dibandingkan mereka yang memiliki asupan lebih rendah.

Stroberi dan buah beri warna-warni lainnya juga mengandung flavonoid yang disebut quercetin. Ini adalah senyawa anti-inflamasi alami.

3 dari 6 halaman

3. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang mengandung vitamin dan mineral. Jeruk adalah salah satu sumber terkaya vitamin C, dengan satu buah sedang menyediakan 117 persen dari nilai harian vitamin C seseorang.

Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Vitamin ini juga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan nabati.

Tubuh manusia tidak dapat membuat vitamin C itu sendiri, sehingga kita perlu mendapatkan vitamin ini dari makanan.

Jeruk juga mengandung kadar pektin yang tinggi, yang merupakan serat yang dapat menjaga usus besar tetap sehat dengan cara mengikat bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker dan mengeluarkannya dari usus besar.

4 dari 6 halaman

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah buah jeruk asam yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. Seperti buah Citrus lainnya, jeruk nipis memberikan dosis vitamin C yang menyehatkan.

Jus dari satu jeruk nipis memberikan sejumlah nutrisi, yaitu 11 kalori, 3,7 gram karbohidrat, 6 gram kalsium, 4 mg magnesium, 51 mg kalium, dan 13,2 mg vitamin C.

5 dari 6 halaman

5. Jeruk Bali Merah

Jeruk bali merah adalah buah asam yang penuh dengan vitamin dan mineral penunjang kesehatan. Flavonoid dalam jeruk bali merah dapat membantu melindungi terhadap beberapa jenis kanker, peradangan, dan obesitas.

Sebuah studi tinjauan menunjukkan senyawa yang disebut furanocoumarins yang ditemukan dalam jeruk bali dapat membantu melindungi terhadap stres oksidatif dan tumor dan dapat mendukung kesehatan tulang.

Beberapa penelitian dari tinjauan ini menunjukkan bahwa furanocoumarins jeruk bali mungkin memiliki sifat antikanker, yang mungkin sangat efektif melawan kanker payudara, kanker kulit, dan leukemia. Para peneliti masih perlu melakukan lebih banyak penelitian pada hewan dan manusia untuk mengonfirmasi sifat-sifat ini.

Namun, beberapa orang mungkin perlu menemui dokter sebelum menambahkan jeruk bali ke dalam makanan mereka, karena dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu.

6 dari 6 halaman

6. Blackberry

Seperti buah beri lainnya, blackberry mengandung antosianin yang meningkatkan kesehatan.

Blackberry mengandung banyak biji, sehingga memiliki kandungan serat yang tinggi. Ini berarti mereka dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan kesehatan jantung.

Setengah gelas blackberry mengandung sejumlah nutrisi, yaitu 31 kalori, 6,92 gram karbohidrat, 3,8 gram serat, 21 mg kalsium, 14 mg magnesium, 117 mg kalium, dan 15,1 mg vitamin C.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS