Sukses

Jeruk hingga Delima, 8 Buah Ini Bisa Bikin Kulitmu Glowing Bila Rutin Dikonsumsi

Liputan6.com, Jakarta - Sudah tidak diragukan lagi, buah-buahan kaya akan manfaat. Mengonsumsi buah tertentu rupanya memiliki manfaat baik untuk kulit.

Kulit yang segar dan bercahaya menjadi idaman bagi semua orang. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan upaya seperti merawat kulit dengan baik.

Perawatan kulit dapat dilakukan baik dari luar maupun dari dalam. Jika dari luar, kamu dapat mengandalkan produk perawatan kulit alias skincareJuga, kamu bisa berkunjung ke klinik yang aman dan tepercaya.

Untuk perawatan kulit dari dalam, mengonsumsi buah-buahan dapat menjadi pilihan. Selain lezat dan menyegarkan, beberapa buah dapat membantu membuat kulitmu bersinar atau glowing.

Melansir Bebeautiful.in (BB), Kamis (3/11/2022), berikut 8 buah yang bisa kamu konsumsi untuk dapatkan kulit glowing:

 

1. Jeruk

Jeruk adalah sumber vitamin C alami yang sangat besar. Oleh karena itu, jeruk adalah salah satu buah paling efektif yang bisa kamu makan untuk mencerahkan kulit kusam.

Selain itu, jeruk adalah sumber minyak citrus alami yang sangat besar, yang membantu menjaga kulit kamu tetap terhidrasi dari dalam, serta lentur dan kenyal di bagian luar. Makan jeruk juga membantu membangun kolagen alami, yang membantu mencegah penuaan dini.

Tips dari BB, makanlah setidaknya setengah jeruk sekali sehari, tetapi jika kamu bukan penggemar makan buahnya, kamu bisa membuat jus dari jeruk. Akan tetapi, hindari menambahkan gula karena dapat menyebabkan peradangan kulit.

 

2. Apel

Mengonsumsi apel membantu mengembalikan cahaya keremajaan pada kulit kamu, berkat kehadiran vitamin A dan C. Kulit dan buahnya sarat dengan antioksidan, potasium, magnesium, dan serat makanan.

Tidak hanya melindungi kulit dari kerusakan antioksidan, tetapi itu juga membuat kulit kamu tampak bersih dan awet muda.

Menurut BB, apel bisa sedikit sulit dicerna jika dimakan setelah makan siang, oleh karena itu waktu terbaik untuk makan apel adalah saat sarapan. Ini akan membantu meningkatkan metabolisme kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Semangka

Semangka sangat bagus untuk kulit. Selain terdiri dari 92 persen air, semangka juga merupakan sumber yang kaya akan berbagai nutrisi lain seperti vitamin C, A, dan B1.

Nutrisi-nutrisi ini bersatu untuk memberikan kulit kamu kilau yang indah dan sehat dengan memperbaiki tekstur yang tidak rata, mencegah kerusakan kulit dan bahkan mengurangi peradangan.

 

4. Lemon

Buah lain dari keluarga jeruk yang membawa sejumlah besar nutrisi dan vitamin pendorong kulit cerah adalah lemon.

Penuh dengan vitamin C, ini tidak hanya mencerahkan kulit, tetapi juga meningkatkan fungsi pertahanan kulit kamu untuk melindunginya dari pengaruh lingkungan yang berbahaya.

Selain itu, lemon juga bekerja sangat baik untuk mengurangi bintik-bintik hitam, hiperpigmentasi, jerawat, dan bahkan bekas luka ringan. 

3 dari 4 halaman

5. Mangga

Buah mangga kaya akan vitamin A, E, C dan K, flavonoid, polifenolat, beta-karoten, dan xantofil, yang semuanya memiliki fungsi unik dan berguna dalam menjaga kulitmu tetap sehat dan bercahaya. Tidak hanya mengurangi peradangan dan menghidrasi kulit kamu, tetapi juga mengurangi jerawat dan memperbaiki tekstur.

Menurut BB, menambahkan beberapa potong mangga ke dalam semangkuk yogurt dan menyantapnya bersama sarapan merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan dosis probiotik harian dan manfaat mangga sekaligus.

 

6. Stroberi

Stroberi, buah citrus yang manis ini mengandung asam alfa-hidroksi alami (AHA) dan pelawan jerawat yang paling efektif, salicylic acid.

Kedua senyawa tersebut bersatu untuk membentuk perisai yang sempurna melawan kulit berminyak dan berjerawat. Selain itu, dipersenjatai dengan sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang luar biasa.

4 dari 4 halaman

7. Mentimun

Mentimun termasuk buah, ini merupakan sumber hidrasi alami yang kaya dan dapat meningkatkan tingkat kelembapan kulit kamu.

Selain itu, zat pendingin yang ada dalam mentimun tidak hanya membantu menenangkan dan menyejukkan kulit, tetapi juga memberikan dorongan antioksidan.

Mentimun juga mengandung vitamin C dan K dalam jumlah yang cukup banyak, keduanya penting untuk membuat kulit kamu tampak cerah dan bercahaya.

 

8. Delima

Bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar, banyaknya paparan polusi akan berpengaruh bagi kulitmu. Mulai dari kulit tampak kusam dan rusak hingga penuaan dini, dapat mengintaimu.

Buah delima adalah reservoir besar senyawa penting yang untuk kulit seperti antioksidan, vitamin dan mineral, yang semuanya melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi, menjaganya tetap sehat dan bercahaya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS