Sukses

10 Alasan Ini Bikin Orang Kecanduan Drakor, Penasaran?

Orang Indonesia senang menyaksikan drakor sampai rela begadang semalaman untuk menuntaskan drama yang diikutinya, apa saja alasan yang membuat orang sampai kecanduan drakor?

Liputan6.com, Jakarta - Drakor atau drama Korea kini jadi hiburan yang begitu diminati oleh banyak orang di Indonesia. Saking sukanya menonton drakor, sebagian orang mampu menghafal detail alur sampai mengikuti kehidupan pribadi si artis dan aktor pemeran karakter drama yang tengah diikuti. 

Meski begitu, banyak juga orang-orang yang bingung kenapa drakor begitu digemari hingga bikin kecanduan. Terlepas dari hambatan bahasa, mengapa orang bisa sampai kecanduan? 

Berikut adalah sejumlah alasan kenapa penggemar sampai kecanduan drakor, sebagaimana dikutip dari Metro Style, Rabu (2/11/2022):

1.Pemeran yang cantik dan tampan

Aktor dan aktris pemeran drama Korea dikenal memiliki wajah sempurna. Melihat dua aktor cantik dan tampan berbagi momen manis dan akhirnya jatuh cinta membuat suasana menonton semakin menyenangkan.

Biasanya, faktor inilah yang pada awalnya membuat orang tertarik pada K-Drama, dan akhirnya menjadi salah satu alasan yang membuat mereka bertahan lebih lama.

2. Humor yang pecah banget

Aktor Korea memiliki bakat komedi, itu sebabnya serial mereka selalu menjadi hitz. Para aktor dan aktris pemeran drama begitu menguasai keseluruhan dari ekspresi wajah, gestur, cara penyampaian yang beranimasi, ditambah campuran romantis dan komedi yang tepat.

Hal ini membuat drama Korea berhasil membuat penonton jatuh hati.

3. Tema ramah keluarga

Kisah-kisah terkait keluarga yang disajikan di drama Korea tidak pernah gagal menarik hati.

Melalui K-Drama, orang dapat belajar satu atau dua hal tentang nilai-nilai keluarga, persahabatan, dan menjaga hubungan romantis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

4. Pengalaman menonton yang memperkaya pikiran

Drama Korea tidak hanya menghibur, tetapi juga informatif. Meskipun kisahnya mungkin tidak sepenuhnya faktual, tetapi dipastikan drama ini selalu memiliki informasi di dalamnya. Misalnya gambaran sekilas tentang era Joseon atau Goryeo.

Lewat drakor pula, penonton mendapatkan gambaran tentang bagaimana keadaan di Korea.

5. Alur cerita seru banget

Alur cerita drama Korea begitu indah, terkenal dengan ending yang susah ditebak membuat penonton penasaran, Namun ada juga beberapa drama Korea yang alur cerita dan adegannya dapat diprediksi namun tetap membuat hati penonton bergema.

3 dari 5 halaman

6. Tampilan berbagai makanan yang bikin ngiler

Drama Korea selalu berlimpah dengan banchan (lauk pauk  dari makanan Korea). Dalam pertunjukannya, orang Korea menikmati makanan mereka.

Uniknya, ketika karakter sedang makan  barbekyu Korea, kimchi, atau tteokbokki (kue beras panas dan pedas) mereka seolah menarik penonton untuk ingin mencicipi dan mendambakan makanan tersebut.  

7. Lokasi

Pemilihan lokasi menjadi faktor besar dalam kesuksesan drama Korea. Hal ini karena pembuat drama selalu memperhatikan pemandangan dan tempat-tempat indah seperti rumah-rumah mewah yang menakjubkan dan kamar-kamar nyaman dan unik yang ditampilkan di pertunjukan.

4 dari 5 halaman

8. Romansa pasangan yang manis

Pasangan bintang utama untuk setiap pertunjukan selalu berubah. Jadi, oppa dan noona yang ingin dilihat dalam sebuah serial akan berbeda ketika berada di seri yang lain. Hebatnya drakor yaitu penonton selalu disuguhi dengan jenis chemistry dari karakter yang berbeda.

9. Enak ditonton maraton

Drama Korea biasanya memiliki 16-20 episode dengan setiap episode berjalan selama 30 menit hingga satu jam. Serial 16-20 episode ini memungkinkan karakter dan cerita dibangun serta dan dinarasikan dengan indah.

Namun orang bisa menyelesaikan satu drakor dalam sehari sebab ceritanya yang mudah dicerna.

5 dari 5 halaman

10. Alur cerita yang unik dan tak terduga

K-Drama biasanya menghadirkan plot twist yang kreatif. Misteri yang mendorong pertunjukan selalu menarik. 

Penonton selalu menantikan siapa yang terkait dengan siapa dan bagaimana mereka sebenarnya terkait.

Tim di balik pertunjukan mengajukan ide-ide luar biasa yang dapat membuat orang berkata, "Wow, mereka memikirkan itu?".

K-Drama memiliki berbagai jenis genre dari melodrama, sejarah, fantasi, aksi, hingga ketegangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.