Sukses

Wajib Murah Senyum, Ini 8 Manfaatnya Buat Kesehatan

Tersenyum memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Tersenyum adalah sesuatu yang alami bagi manusia. Senyuman kadang terjadi secara alami atau saat seseorang sengaja melakukannya. Biasanya seseorang akan tersenyum saat sedang bahagia.

Sebagian orang mungkin tidak sadar bahwa  tersenyum memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Bahkan, senyuman bisa menjadi cara terbaik untuk membuat hidup lebih sehat. Apalagi, senyuman adalah salah satu hal yang dapat menyenangkan hidup.

Lantas, apa saja manfaat tersenyum? Berikut adalah 8 manfaat tersenyum, sebagaimana dikutip dari ImplySmiles, Rabu (2/11/2022).

1. Dapat membantu hidup lebih lama

Gaya hidup sehat membuat umur panjang. Penelitian telah menunjukkan bahwa tersenyum dan bahagia membantu meningkatkan kesehatan. 

Banyak tersenyum dan tetap dalam suasana hati yang positif mempengaruhi hidup dan mengarah pada gaya hidup yang sehat.

2. Menghilangkan stres

Stres bisa membuat hidup tidak sehat. Tersenyum adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres, membantu seseorang terlihat baik, hingga meredakan kecemasan.

Memilih tersenyum baik secara alami atau terpaksa, itu jauh lebih baik dan dapat berdampak positif.

3. Me-reset otak

Salah satu manfaat dari tersenyum adalah dapat mengatur ulang (reset) otak Anda. Otak dapat memperbaiki dirinya sendiri secara alami. Tersenyum pun bisa menjadi katalis atau mempercepat bagi otak memperbaiki dirinya sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Mengubah pola pikir

Tersenyum dapat membantu meningkatkan kesehatan psikologis, karena tersenyum dapat mengalihkan fokus seseorang dari pengaruh negatif. Tersenyum juga membuat seseorang untuk fokus pada sesuatu yang positif.

5. Mengurangi rasa sakit

Tersenyum juga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Saat tersenyum, endorfin dilepaskan dan penghilang rasa sakit alami tersebut, tersebar ke seluruh tubuh.

Hal ini membantu membuat tubuh menjadi lebih baik. Perasaan ini akan menyebar ke seluruh tubuh dan dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Bahan kimia yang dihasilkan dari tersenyum akan meningkatkan mood dan membawa relaksasi. 

3 dari 4 halaman

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Tersenyum juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena saat tersenyum, endorfin dilepaskan dari tubuh dan hal ini meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Tersenyum dapat menurunkan hormon stres yakni adrenalin dan kortisol. Semua ini otomatis berkurang ketika tersenyum dan tertawa.

7. Mengatur tekanan darah dan letak jantung

Banyak tersenyum akan mengatur tekanan darah dan detak jantung. Sistem kerjanya, di mana neuropeptida diperlukan agar sel saraf dapat berkomunikasi.

Peptida ini berfungsi untuk melepaskan apa yang dikenal sebagai bahan kimia bahagia di otak yaitu endorfin dan serotonin.

Sama halnya berolah raga, endorfin dilepaskan hingga olahraga dapat membuat Anda merasa bebas stres. Begitu pun ketika tersenyum, pemancar dilepaskan ke seluruh tubuh dan ini membantu Anda untuk rileks.

4 dari 4 halaman

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tersenyum bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena akan melepaskan serotonin dalam tubuh hingga memberikan rasa damai dan bahagia.

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal ini juga memudahkan seseorang melawan penyakit dan infeksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.