Sukses

6 Olahraga yang Efektif Mengatasi Stres, Patut Dicoba

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beberapa kasus, stres bisa dikatakan sebagai jawaban terhadap sesuatu yang negatif. Stres dipahami sebagai sensasi ketegangan fisik atau emosional. Ini berasal dari situasi atau pikiran yang membuat orang merasa gugup, kesal atau frustrasi.

Ini juga menjadi reaksi tubuh terhadap tantangan atau tuntutan. Menghadapi situasi stres, tubuh melepaskan hormon yang membuat otak waspada, otot tegang dan meningkatkan denyut nadi.

Gejala-gejala ini memungkinkan tubuh menghadapi situasi yang dimaksud dan membantu melindunginya. Kini stres yang terus-menerus berbahaya bagi kesehatan. Namun, tak perlu khawatir, Anda bisa melakukan aktivitas olahraga sebagai alternatif pelepas stres.

Aktivitas olahraga memungkinkan tubuh memproduksi dan melepaskan endorfin yang membantu merilekskan tubuh dan pikiran.

Dengan begitu, Anda bisa tidur lebih nyenyak, menjernihkan pikiran dan tetap dalam suasana hati yang baik. Semua ini bisa kita capai berkat latihan untuk melepaskan stres.

Melansir dari Hayzed Magazine, Senin (31/10/2022), berikut empat aktivitas melatih tubuh dan mendukung sensasi tenang agar terhindar dari stres.

1. Yoga

Selain memperbaiki tubuh, yoga membantu membebaskan pikiran dan mengurangi stres. Yoga menjadi latihan pikiran dan tubuh yang sangat populer. Yoga membutuhkan disiplin fisik dan mental serta meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot. Pose-pose yoga membutuhkan kontrol mental dan pernapasan.

Latihan yoga membantu mengurangi stres, tekanan darah dan menurunkan detak jantung. Siapa pun dapat berlatih dan mendapatkan manfaat dari kegiatan ini. Anda juga mempelajari titik-titik hubungan antara seni bela diri dan yoga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Pilates

Oksigenasi otot-otot membantu mengatasi stres dan akumulasi ketegangan. Ini adalah sistem kebugaran yang dirancang untuk memperkuat otot, memperbaiki postur tubuh, fleksibilitas, dan kesadaran mental.

Ini membantu mengurangi gejala stres dan kecemasan. Melepaskan ketegangan otot, sambil menggunakan teknik untuk membawa oksigen ke otak, yang meningkatkan ketenangan dan kesejahteraan, serta disiplin.

3. Lari

Ini adalah salah satu olahraga sederhana yang akan membantu Anda melepaskan stres yang telah Anda kumpulkan sepanjang hari.

Berlari sangat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki jam kerja yang panjang dan pekerjaan yang tidak mengharuskan mereka untuk banyak bergerak sepanjang hari.

Orang-orang tersebut bisa mendapatkan manfaat dari berlatih olahraga di luar ruangan. Bersentuhan dengan alam akan membantu menjernihkan pikiran Anda dan melepaskan tingkat stres Anda.

Jika Anda memilih olahraga di luar ruangan sebagai cara untuk melepaskan stres, disarankan untuk melakukannya dengan pasangan atau teman.

Manfaat tambahannya adalah Anda akan memiliki waktu untuk bergaul dan berbicara dengan teman atau pasangan Anda tentang berbagai subjek untuk mengalihkan pikiran Anda dari pekerjaan, semua ini sambil berolahraga.

3 dari 4 halaman

4. Kick-boxing

Ini adalah latihan untuk membakar kalori dan mempercepat metabolisme. Kickboxing adalah campuran seni bela diri tradisional dan tinju.

Ini dapat dipraktikkan sebagai latihan yang baik atau untuk belajar pertahanan diri. Selain mengurangi stres, latihan ini juga memberikan teknik pernapasan, memperkuat harga diri dan memberikan vitalitas.

5. Berenang

Masuk ke dalam kolam renang dan mengenakan topi renang, penutup telinga, dan kacamata renang akan membantu menjauhkan Anda dari hal-hal yang membuat Anda stres dalam hidup Anda.

Begitu Anda mulai berenang, Anda tidak akan dapat melihat atau mendengar apa pun yang dapat mengganggu Anda.

Ketika Anda berada di dalam air, satu-satunya hal yang perlu Anda khawatirkan adalah mengkoordinasikan gerakan tubuh. Setelah setiap sesi latihan, Anda dapat melakukan beberapa latihan relaksasi yang sesederhana tetap mengapung di dalam air.

Anda tidak hanya akan mendapatkan manfaat dari melakukan olahraga yang lengkap, tetapi juga dari lingkungan tempat Anda berlatih. Masuk ke kolam renang tidak seperti pergi ke gym. Keheningan dan air akan sangat bermanfaat untuk membantu Anda rileks.

4 dari 4 halaman

6. Zumba

Zumba, tanpa diragukan lagi menjadi salah satu olahraga terbaik untuk melepaskan stres. Setelah seharian bekerja keras, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mulai menari dengan musik favorit Anda.

Anda juga dapat berlatih olahraga ini dengan sekelompok teman. Jika Anda meyakinkan mereka untuk mendaftar ke kelas, Anda akan memiliki cara yang berbeda untuk menghabiskan waktu bersama.

Sambil menikmati aktivitas yang menyenangkan ini, Anda juga akan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Karena melakukan zumba sangat menyenangkan, Anda bahkan tidak akan menyadarinya, tetapi Anda bisa membakar sekitar 800 kalori per sesi.

Bagian terbaiknya adalah ada banyak tempat yang menawarkan pelajaran zumba. Gym, pusat rekreasi, dan tempat umum lainnya adalah beberapa pilihan yang Anda miliki saat mencari kelas zumba. Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS