Sukses

7 Tips Untuk Meningkatkan Daya Ingat, Bantu Memaksimalkan Fungsi Otak

Pernahkah anda lupa mematikan kompor? Atau gagal mengenali seseorang yang baru saja melambai pada Anda? Anda harus tahu bahwa kita semua memiliki saat-saat pelupa, kecuali jika itu adalah masalah yang berhubungan dengan otak yang serius atau kronis.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah anda lupa mematikan kompor? Atau gagal mengenali seseorang yang baru saja melambai pada Anda? Anda harus tahu bahwa kita semua memiliki saat-saat pelupa, kecuali jika itu adalah masalah yang berhubungan dengan otak yang serius atau kronis. 

Namun demikian, Anda dapat mengambil beberapa tindakan sehari-hari untuk meningkatkan daya ingat. Makanan dan gaya hidup yang tepat dapat memainkan peran kunci dalam meningkatkan fungsi otak dan kognitif. 

Ahli gizi selebriti terkemuka Anjali Mukherjee baru-baru ini memposting ke akun Instagram-nya yang membagikan 9 tips untuk membantu Anda memerangi masalah memori.

“Penting untuk tidak panik atau marah ketika Anda tidak dapat mengingat sesuatu,” kata Anjali Mukherjee, melansir Health Shot Selasa (25/10/2022).

Jika Anda mengalami kondisi ini dan tidak terlalu parah, maka, mengambil tindakan yang tepat akan membantu masalah ini. Anda hanya perlu melakukan perubahan kecil dalam gaya hidup Anda untuk mencapai peningkatan yang signifikan pada memori Anda.

Berikut adalah cara meningkatkan daya ingat secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Konsumsi Vitamin B untuk otak

 

“Pertahankan asupan vitamin B Anda, terutama vitamin B12 dan B9 yang meningkatkan daya ingat,” kata Mukherjee.

Vitamin B12 ditemukan terutama dalam produk hewani seperti daging, susu dan telur. Mereka yang mengikuti diet vegetarian atau vegan, sereal yang diperkaya dan ekstrak ragi akan menjadi sumber Vitamin B12 yang sesuai.

Sumber Vitamin B9 yang baik atau asam folat adalah sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, telur, dan biji-bijian.

 

2. Biji selasih baik untuk memerangi penurunan kognitif

Melansir Study.com, penurunan fungsi kognitif merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan menurunnya daya ingat dan kemampuan berpikir yang berkurng atau lebih lambat atau gangguan lain dalam kemampuan mental. 

Biji selasih kaya akan Omega-3, asam lemak, dan polifenol. Semua ini membantu mengelola peradangan saraf yang mencegah penurunan kognitif.

 

3 dari 4 halaman

3. Tantang otak

Tantang otak Anda dengan memecahkan teka-teki, yang merupakan latihan pikiran yang baik. Mainkan catur dan permainan papan lainnya agar otak Anda tetap aktif.

Perlakukan otak Anda dengan waktu istirahat yang layak. Mempertahankan pola tidur 8 jam sehari akan membantu otak Anda tetap terisi.

4. Konsumsi Polifenol

Makan makanan yang kaya polifenol seperti teh hijau, delima, blueberry, blackberry, dan coklat bubuk atau coklat hitam. Polifenol membantu meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan memori.

5. Konsumsi magnesium, mineral anti-stres

Tingkatkan asupan magnesium Anda, yang sering disebut sebagai mineral anti-stres. “Sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, kedelai, susu, dan makanan laut adalah beberapa pilihan yang kaya magnesium,” kata Mukherjee.

 

 

4 dari 4 halaman

6. Olahraga Secara Teratur

Seperti kata pepatah, pikiran yang sehat berada di dalam tubuh yang sehat. Oleh karena itu, selain menjaga pola makan yang bergizi, kita juga harus berolahraga secara teratur.

“Olahraga secara teratur membantu mencegah penurunan mental,” tambah Mukherjee.

7. Lakukan meditasi

"Berlatih meditasi membantu melindungi Anda dari masalah memori yang berkaitan dengan usia dan membuat Anda tetap waspada dan tajam, hingga tahun-tahun senja hidup Anda," kata Mukherjee.

Sekarang coba tips di atas untuk meningkatkan daya ingat dan lihat perbedaannya. Tetapi jika Anda menderita masalah penurunan memori kronis atau kondisi yang berhubungan dengan otak, maka yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.