Sukses

Kenapa Iklan Jam Tangan Selalu Tunjukkan Pukul 10.10?

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa iklan jam tangan selalu menunjukan pukul 10.10? Ada apa dengan angka tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Dikutip dari Petapixel, Rabu (19/10/2022), sebagian besar fotografer mengatur waktu ke 10.10 pada jam yang hendak diiklankan guna menunjukan logo atau merek dari jam tersebut.

Adapun hal lain yang menjadi motif mengapa pukul 10.10 dijadikan waktu paling tepat untuk iklan jam tangan. Fenomena ini dapat dikaitkan dengan psikologis loh.

Para peneliti memberi gagasan bahwasanya menampilkan waktu 10.10 mampu menjual lebih banyak produk, daripada waktu lain yang ditampilkan.

Hal ini karena jam dengan posisi waktu 10.10 diibaratkan seperti senyuman yang mampu membawa suasana menjadi lebih baik.

Jam dengan pengaturan waktu 10.10 lebih menarik perhatian secara visual, dibanding waktu netral seperti 10.30. Alasan lainnya adalah waktu yang menunjukan pukul 10.30 dapat divisualisasikan seperti raut wajah sedih.

Berbagai Macam Jenis Jam

Terlepas dari itu alasan di atas, dilansir Property Geek, ada berbagai macam jenis jam. Apa saja?

- Jam Dinding

Jam dinding kerap kali diletakan di tembok dengan berbagai pilihan, seperti analog maupun digital. Seseorang membutuhkan jam dinding sebagai pengingat waktu, terlebih lagi di area perkantoran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Lainnya

Jam Digital

Jam digital merupakan jenis jam paling populer digunakan karena mudah untuk dilihat. Hal ini karena angka yang digunakan pada jam digital terlihat lebih jelas dibanding jam analog.

Selain itu, jam digital juga memberikan menit yang lebih detail, sehingga kebanyakan orang akan memilih jam digital.

Jam Tangan

Jam tangan atau yang kerap disebut sebagai arlogi merupakan penunjuk waktu yang digunakan di area pergelangan tangan.

Fungsi utama dari penggunaan jam satu ini untuk memudahkan pengguna melihat dan menghitung rentang waktu.

- Jam Weker

Jam weker biasanya ditemukan di atas meja kamar tidur yang berguna untuk membantu orang bangun tepat waktu.

Jam satu ini memiliki kelebihan, seperti mudah diletakan di mana pun. Bahkan, keunggulan utama dari jam weker adalah pengguna bisa menyetel waktu dan jam akan berbunyi sesuai dengan waktu yang ditentukan.

 

3 dari 4 halaman

Jam Termahal di Dunia

Dilansir Premier Clocks, jam termahal di dunia adalah grandfather clocks bermerek Duc d’Orleans Breguet Sympathique Clock.

Jam paling mahal di dunia ini dijual dengan harga mencapai USD 6,8 juta dan termasuk ke dalam jam termahal yang dibeli saat lelang di rumah lelang Sotheby.

Jam ini diciptakan dengan sangat indah yang dibuat pada tahun 1835. Mengapa jam satu ini menjadi mahal dan sempat dilelang? Karena jam ini disimpan dalam jangka waktu lama di Time Museum, Rockford.

Selain itu, Duc d’Orleans Breguet Sympathique Clock juga dilapisi emas pada bagian kerangka badannya.

Grandfather clocks atau yang sering disebut jam besar lantai menjadi jam yang memiliki keunikan, akrena akan berbunyi seperti lonceng setiap satu jam sekali. 

 

4 dari 4 halaman

Pentingnya Jam Sebagai Penunjuk Waktu

Kebanyakan orang kerap kali mengeluh kehabisan waktu, karena merasa hari terasa begitu cepat. Perasaan seperti ini membuat mereka merasa kurang produktif dalam menjalani hari. Padahal, waktu dimulai dari pagi hingga malam hari.

Untuk kebanyakan orang, mereka menginginkan harinya bermanfaat dengan melakukan suatu kegiatan agar waktu tak terbuang sia-sia.

 

Maka dari itu, penting bagi seseorang untuk bisa mengatur waktu. Ada pepatah mengatakan, waktu lebih berharga dari uang. Hal ini dikarenakan, waktu tidak bisa diulang dan dikembalikan, sedangkan uang bisa didapatkan kembali.

Kamu perlu mengorganisasi waktu dan membagi mana hal yang perlu diprioritaskan. Salah satu cara membagi waktu yang bisa dilakukan adalah menentukan jam untuk melakukan kegiatan.

Kamu memerlukan jam, baik dinding maupun jam tangan. Umumnya, seseorang yang menggunakan jam tangan lebih mudah mengatur waktunya.

Dengan memperhatikan jam tangan, orang dapat menentukan aktivitas apa yang selanjutnya harus dilakukan.

Beberapa orang suka mengoleksi jam tangan dan untuk mendapatkannya mereka perlu membeli di toko, baik secara langsung maupun online.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS