Sukses

Kopi Ternyata Sangat Bagus untuk Kulit, Bisa Bikin Cerah dan Segar

Kopi ternyata sangat bagus untuk kulit wajah, ini sebabnya

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda menghabiskan waktu untuk memindai lorong kecantikan—atau berinteraksi dengan influencer di Instagram atau TikTok—maka Anda tahu bahwa tampaknya setiap hari, selalu ada bahan perawatan kulit baru yang digunakan.

Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah melihat segalanya mulai dari semangka, madu, hingga matcha. Sementara beberapa di antaranya dapat memperbaiki kulit kita, kebanyakan dari mereka gagal.

Namun, bahan dan ramuan tertentu berhasil—dan salah satunya sangat populer. Bahkan, bahan yang satu ini kerap kita konsumsi sehari-hari. Lalu apa minuman tersebut? Tidak lain dan tidak bukan adalah kopi.

Kopi dapat melakukan keajaiban untuk kulit Anda

Secangkir kopi pagi Anda lebih dari sekadar memberi energi untuk hari Anda — itu juga dapat memperbaiki kulit Anda. Kopi mengandung bahan-bahan seperti antioksidan, kafein, niasin, dan banyak lagi yang memiliki berbagai manfaat perawatan kulit. Plus, tindakan sederhana untuk bersantai dengan minuman lezat ini dapat memiliki efek menghilangkan stres yang juga dapat meningkatkan cahaya kulit Anda.

Demikian menurut Angela Casey, MD, dokter kulit di Center for Surgical Dermatology and Dermatology Associates dan pendiri Bright Garis perawatan kulit remaja putri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kopi dapat melindungi dari kanker kulit

Manfaat perawatan kulit terbaik yang dapat Anda kaitkan dengan kebiasaan Anda adalah bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kulit seperti karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma.

"Dampak positif dari konsumsi kopi berkafein pada risiko kanker kulit yang lebih rendah dapat dikaitkan dengan efek antiproliferatif kopi melalui mekanisme dimana konsumsi kopi membantu 'membunuh' sel-sel kulit yang rusak akibat sinar UV sehingga mereka tidak berkembang biak menjadi kanker," jelas Casey.

Manfaat yang sama tidak ditemukan pada kopi tanpa kafein atau minuman berkafein lainnya seperti soda atau teh hijau.

Kopi bisa menyegarkan area bawah mata

Kopi juga memiliki efek estetika pada kulit, sebagian besar berkat kafein di dalamnya. "Kafein merangsang aliran darah dan melebarkan, atau melebarkan, pembuluh darah," kata Anna Chacon, MD, dokter kulit dan penulis di MyPsoriasisTeam.

"Ini meningkatkan aliran darah, yang dapat membantu kulit mengencangkan secara alami. Hasilnya mungkin pengurangan penumpukan cairan di bawah mata."

Senyawa lain dalam kopi, seperti asam klorogenat, juga dapat mengurangi peradangan di sekitar mata. Untuk mencapai hasil ini, Chacon menyarankan untuk mengoleskan pasta kopi bubuk halus dan cairan dari kopi itu sendiri ke area bawah mata. Anda juga akan melihat beberapa efek ini hanya dengan meminum secangkir kopi.

 

3 dari 4 halaman

Inilah informasi tentang produk perawatan kulit berbahan dasar kopi

Anda mungkin pernah melihat beberapa produk perawatan kulit berbahan dasar kopi di pasaran dan bertanya-tanya apa pendapat para ahli kulit tentang produk tersebut.

"Banyak formulasi yang mengandung 'kopi' sebagai bahan sebenarnya mengandung ekstrak berry kopi," kata Casey.

"Kopi berry mengandung konsentrasi tinggi polifenol, yang memiliki sifat antioksidan kuat. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak berry kopi yang dioleskan dapat membantu memperbaiki garis-garis halus, pigmentasi, dan tekstur di dalam kulit."

Karena itu dikombinasikan dengan sifat anti-inflamasi kafein, produk ini biasanya digunakan untuk mengobati bengkak di area bawah mata dan untuk sementara memperbaiki tampilan selulit.

 

4 dari 4 halaman

Tapi Anda juga bisa menggunakan kopi dalam perawatan kulit DIY

Bahkan jika Anda tidak berinvestasi dalam perawatan kulit berbasis kopi, Anda masih bisa mendapatkan bahannya. Menurut Chacon, bubuk kopi bisa menjadi exfoliant yang bagus. "Teksturnya tidak larut dalam air, yang membuatnya bagus untuk menggosok sel kulit mati. Asam caffeic juga memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membantu melindungi kulit dari kuman."

Untuk membuat scrub, campurkan seperempat cangkir bubuk kopi segar, seperempat cangkir gula merah, dan jus lemon. Gosokkan campuran tersebut ke kulit setelah mencuci tubuh, diamkan selama beberapa menit, dan bilas. Kulit Anda akan terlihat, tercium, dan terasa segar seketika

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.