Sukses

Menurut Ahli, Ini 5 Alasan Rambut Anda Berminyak dan Lepek

Menurut ahli, ini 5 alasan rambut Anda berminyak dan lepek

Liputan6.com, Jakarta Rambut berminyak adalah masalah yang mengganggu. Satu menit, Anda memiliki helaian rambut yang bersih dan lembut yang terlihat seperti baru saja dikeringkan.

Selanjutnya, rambut Anda terasa lepek dan kotor dengan sentuhan yang tidak mengenakkan. Ini adalah kondisi yang menantang yang dapat membuat rambut sulit untuk ditata dan tidak nyaman untuk disentuh.

Untungnya, tidak peduli seberapa rentan rambut Anda terhadap minyak, tidak harus tetap seperti ini. Anda cukup mengetahui penyebabnya dan berusaha menghindari hal tersebut.

Berikut ini 5 alasan mengapa rambut Anda berminyak dan lepek:

1. Kamu terlalu sering keramas

Agak mengejutkan, keramas terlalu sering dapat menyebabkan rambut menjadi lebih berminyak secara alami. "Alasan mengapa ini terjadi adalah Anda terlalu merangsang kelenjar sebaceous, yang berarti Anda memproduksi lebih banyak minyak daripada yang dibutuhkan," kata Antonio Juarez, penata rambut di salon Fabio Scalia di New York City.

Stimulasi ini disebabkan oleh teknik pemijatan yang Anda gunakan saat Anda menyabuni sampo.

"Yang bisa dilakukan adalah keramas setiap dua hari atau dua kali seminggu, pada hari-hari di mana rambut Anda terasa berminyak," kata Juarez.

Di sela-sela, ia menyarankan untuk membilas rambut tanpa sampo dan menggunakan kondisioner saja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Anda tidak membersihkannya secara efektif

Keramas rambut dengan benar lebih rumit daripada yang Anda kira. Pertama, Anda sebaiknya menerapkan praktik pembersihan ganda.

"Sampo pertama harus fokus pada menghilangkan penumpukan produk," kata Juarez. "Gunakan ujung jari Anda dan kerjakan di seluruh kulit kepala."

Kemudian, tambahkan sedikit air dan tambahkan sesendok sampo kedua. Pembersihan ini harus lebih berbusa, memastikan helai rambut Anda bersih dari akar ke ujung.

"Basuh sampo sepenuhnya, oleskan kondisioner dari tengah hingga ujung, dan bilas semuanya," kata Juarez. Gunakan sampo kering sesuai kebutuhan untuk memperpanjang umur blow dry Anda. 

3. Anda mandi dengan air panas

Suhu pancuran Anda juga bisa memengaruhi rambut berminyak atau kekurangannya. "Sangat penting untuk tidak menggunakan air yang terlalu panas saat mencuci rambut karena akan menghilangkan minyak alami dari kutikula dan kulit kepala akan segera menggantinya, membuat rambut berminyak," kata Gökhan Vayni, spesialis rambut di Vera Clinic.

Terlebih lagi, keramas dengan air dingin juga bisa menambah kilau. "Air dingin bermanfaat untuk rambut karena menyegel kutikula dan mengunci kelembapan dari kondisioner Anda, membuat rambut Anda lebih terhidrasi, bebas kusut, dan berkilau," jelas Vayni.

3 dari 6 halaman

4. Anda menata helaian rambut Anda secara berlebihan

 

Jika Anda memiliki rambut berminyak alami, Anda harus mengambil pendekatan yang lebih sederhana untuk produk penataan rambut. "Bila Anda menggunakan produk rambut yang berbeda saat menata rambut Anda, seperti gel rambut, minyak, dan pomade, itu dapat menyebabkan penumpukan produk, yang merupakan alasan utama mengapa rambut lebih cepat berminyak," kata Vayni.

"Hanya gunakan produk penata rambut bila perlu untuk mencegah keharusan mencuci rambut setelah digunakan."

Juarez menawarkan tip pro lainnya: Hanya gunakan satu produk penataan rambut pada satu waktu dan jangan pernah mengaplikasikannya ke kulit kepala; sebagai gantinya, pertahankan bagian tengahnya saja. "Selalu terapkan sedikit untuk memulai, dan tambahkan lebih banyak jika perlu," catatnya.

5. Anda menyentuh rambut Anda terus-menerus

Kulit kepala Anda menghasilkan minyak secara alami, begitu juga ujung jari Anda. "Satu hal yang mungkin mengejutkan klien saya yang berkontribusi pada kulit kepala berminyak adalah menyentuh rambut mereka terus-menerus sepanjang hari," kata Juarez.

Ini karena minyak di jari-jari Anda berpindah ke rambut Anda, membuatnya lebih berminyak daripada sebelum rambut dibolak-balik. Setelah Anda menata segala sesuatunya, hindari menyentuh untaian rambut Anda.

4 dari 6 halaman

5 Zodiak Ini Sangat Menjaga Privasi Hidupnya

Sebagian orang mungkin sangat senang membagikan kisah hidupnya ke orang lain atau media sosial. Namun, beberapa orang mungkin sebaliknya. Mereka lebih nyaman menjaga dan menutup informasi kehidupannya rapat-rapat. Apakah Anda salah satunya?

Ada beragam faktor yang membuat seseorang memutuskan untuk menyimpan privasi kehidupannya. Misalnya saja seperti tidak ingin dihakimi orang lain atau sulit percaya kepada siapapun.

Selain itu, bagi sebagian orang merasa tidak semua hal bisa dibagikan secara luas. Ada yang lebih senang menikmati ketenangan dan momen-momen kebahagiaanya. 

Ada pula yang merasa bahwa kehidupan personal jauh lebih aman karena terhindar dari riuh orang-orang banyak. Tak ingin orang lain mengusik kehidupannya. Begitu pun sebaliknya, malas untuk ikut campur dengan kehidupan orang lain. 

Ruang privasi bisa menjadi sumber energi untuk menjalani hari-hari yang lebih santai. Diam dan kerjakan. Biarkan hasilnya yang berbicara. Begitulah sebagian orang menikmati hidupnya. 

Ternyata, astrologi mungkin ada kaitannya dengan hal tersebut. Yuk, intip sederet zodiak yang sangat menjaga privasi kehidupan pribadinya berikut ini!

 

5 dari 6 halaman

1. Taurus

Dalam beberapa hal, Taurus sangat tertutup. Taurus lebih suka menangani persoalan dan urusan pribadinya sendiri tanpa melibatkan orang lain. 

Pemilik zodiak ini tidak tahan dengan orang-orang yang tidak bisa menghormati privasi mereka. Taurus tidak segan untuk memutus hubungan dengan orang-orang tersebut.

Mereka sangat menjaga privasi kehidupannya karena tak bisa menaruh percaya 100 persen pada orang lain.

2. Scorpio

Scorpio menjadi salah satu zodiak paling misterius. Pemilik zodiak ini sangat tertutup dan hanya mengungkapkan apa yang mereka inginkan.

Jangan pernah mengajukkan terlalu banyak pertanyaan tentang kehidupan pribadi Scorpio. Mereka tidak menyukai hal tersebut. 

Scorpio adalah seseorang yang tenang. Mereka tidak suka privasinya diusik oleh orang lain. 

3. Virgo

Virgo tidak suka berbagi semua hal yang terjadi dalam hidup mereka. Senang, sedih, syukur, Virgo nikmati dengan dirinya sendiri.

Pemilik zodiak ini tak butuh validasi orang lain. Bila mereka mendapatkan sebuah pencapaian jarang sekali mereka untuk membagikan ceritanya kepada orang lain. 

 

6 dari 6 halaman

4. Pisces

Pisces menyukai ruang privasi mereka sendiri. Hal ini membuat mereka justru lebih damai dan tenang untuk menghasilkan pekerjaan terbaik. 

Pisces hanya mengizinkan sedikit saja orang untuk masuk dalam kehidupan mereka karena takut penghakiman.

5. Cancer

Sama seperti Pisces, Cancer mendambakan ruang privasi untuk mengurus diri dan menguatkan diri agar bisa menghadapi dunia luar. 

Tak banyak mempercayai orang, Cancer hanya akan bercerita jika memang sudah tak bisa menangani masalahnya sendiri dan butuh orang lain untuk membantunya. Selebihnya mereka akan menutup kehidupannya rapat-rapat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.