Sukses

5 Alasan Mengapa Single Lebih Baik Daripada Berada dalam Hubungan yang Buruk

Liputan6.com, Jakarta Hubungan asmara tidak menjamin kebahagiaan, berada dalam suatu hubungan seharusnya tidak menjadi tujuan akhir hidup selain tetap benar-benar bahagia. Menurut sebuah penelitian, kualitas hubungan kencan seseorang selama masa remaja memiliki dampak besar pada pembentukan sikap dan perilaku mereka yang relevan kepada hubungan yang harmonis di masa depan, dan juga pada pengembangan identitas, harga diri, dan keterampilan interpersonal mereka sendiri.

Dalam hal berkencan, orang banyak yang bingung lantaran mereka takut berada dalam hubungan yang buruk. Tetapi mereka juga takut sendirian, sehingga mereka menerima individu yang tidak sesuai dengan keinginan mereka, hanya demi memiliki sistem pendukung atau hanya karena gagasan berada dalam suatu hubungan memberi mereka ketenangan pikiran.

Jika Anda berada dalam hubungan yang tidak sehat, inilah mengapa Anda harus mempertimbangkan kembali keputusan Anda dan berpikir untuk menyendiri daripada berada dalam hubungan yang buruk. Dilansir dari Boldsky, berikut ulasannya. 

1. Memiliki kebebasan 

Ini jadi batasan penting dalam semua hubungan. Masalah muncul ketika pasangan Anda mendorong batas-batas itu dan membatasi kemandirian Anda dalam beberapa cara atau yang lain. Ini membuat Anda menyadari bahwa terkadang menyendiri lebih baik daripada memiliki hubungan yang buruk. Ketika Anda lajang atau sendirian, Anda tidak perlu membenarkan diri Anda kepada seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Membantu Anda menemukan kebahagiaan dalam diri Anda

Setiap orang berhak untuk dihargai, dipuji, dan dipuaskan. Inilah sebabnya, jika Anda berada dalam suatu hubungan yang tidak dapat memberi Anda perasaan ini, mungkin inilah saatnya untuk keluar dari zona tersebut dan mulai menemukan kebahagiaan dalam diri Anda atau dengan tindakan Anda, daripada bergantung pada orang lain. Single memberi Anda banyak waktu untuk menilai kembali tujuan Anda dan mengejar aktivitas yang memberi Anda kesenangan. Anda akan memiliki cukup kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang siapa diri Anda dan apa yang membuat Anda bahagia.

 

3. Membangun kembali harga diri yang hilang

Pikiran rendah diri seperti "Saya tidak cukup baik untuk siapa pun" atau "Saya tidak cantik untuk orang lain" atau "Saya tidak pantas mendapatkan orang yang lebih baik dalam hidup" mendefinisikan hubungan yang tidak sehat. Ini bisa jadi karena diperlakukan dengan cara yang merusak harga diri Anda dan membuat Anda merasa tidak berharga dan tidak berarti. Berada dalam suatu hubungan pasti tidak berarti salah satu dari perasaan ini. Oleh karena itu, sekaranglah saatnya untuk mulai membangun kembali arti penting diri Anda, meskipun terkadang itu membuat Anda terlihat egois. Jangan pernah lupa bahwa kesejahteraan Anda harus menjadi prioritas utama Anda.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Tidak dianggap remeh

Hubungan tampak begitu sempurna pada awalnya. Namun, segera setelah itu, satu pasangan mulai menganggap yang lain begitu saja, semuanya tampak kurang sempurna. Ini mungkin tidak terjadi dalam semua hubungan, karena beberapa orang menghargai pasangan mereka di semua tahap kehidupan. Tetapi jika Anda merasa sering diremehkan, Anda harus mempertimbangkan kembali hubungan Anda.

 

5. Ketenangan pikiran 

Ada pasang surut dalam hubungan apapun. Jika pertengkaran antara Anda dan pasangan sudah menjadi rutinitas yang mengganggu kualitas hidup Anda, inilah saatnya untuk berpisah dan menyendiri untuk mendapatkan ketenangan pikiran. Fase ini penting karena memungkinkan Anda untuk menyadari harga diri Anda dan bagaimana Anda pantas diperlakukan oleh orang lain. Ini juga saatnya untuk memaafkan diri sendiri, mengelilingi diri Anda dengan orang-orang positif, dan tidak membiarkan hubungan masa depan Anda terpengaruh.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS