Sukses

6 Manfaat Kesehatan yang Didapat Tubuh Jika Rutin Mandi

Meski segelintir individu tidak punya waktu atau keinginan untuk menjadikannya kebiasaan rutin, mandi memiliki manfaat kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Mandi menjadi rutinitas wajib yang dilakukan setiap individu. Biasanya individu memilih mandi di pagi hari untuk memulai aktivitas hariannya.

Meski segelintir individu tidak punya waktu atau keinginan untuk menjadikannya kebiasaan rutin, mandi memiliki manfaat kesehatan.

Tubuh kita terdiri dari 60% air, dan wajar saja jika menghabiskan waktu di kamar mandi memiliki manfaat bagi tubuh.

Sangat disarankan untuk menghabiskan waktu mandi Anda 2-3 kali per minggu. Namun, jika Anda memiliki kondisi kulit atau alergi, konsultasikan dengan doktermu terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan pada kebiasaanmu.

Untuk itu, ketahui manfaat menakjubkan bagi tubuh jika rutin mandi, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (28/6/2022).

1. Membuatmu tetap bugar

Mandi air dingin bisa membantu meningkatkan penurunan berat badan. Menurut klaim ini, sel lemak cokelat menghasilkan panas dengan membakar lemak saat mereka terkena kondisi dingin, seperti saat mandi.

2. Menurunkan gula darah

Mandi bisa menurunkan gula darah, terkadang lebih baik daripada olahraga. Meskipun ini bukan anjuran untuk tidak berolahraga, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika individu mandi air panas alih-alih berolahraga, kadar gula darah puncak mereka setelah makan kira-kira 10% lebih rendah.

Meskipun reaksi gula darah total untuk kedua aktivitas itu serupa, perlu disebutkan bahwa itu memiliki efek yang cukup besar pada kadar gula darah setelah makan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bisa meringankan sinus yang kering atau tersumbat

Jika Anda lelah bangun dengan hidung tersumbat dan sakit kepala setiap pagi, pertimbangkan untuk mandi air panas untuk meredakan sinusmu.

Ini cukup banyak bekerja seperti pelembab udara atau bernapas di atas semangkuk air panas. Uap bisa membantu membersihkan saluran hidung dan tenggorokan, yang memungkinkan Anda bernapas lebih baik dan tidak merasa sesak.

4. Bisa meredakan kecemasan

Jika Anda mengalami hari yang buruk, salah satu solusi terbaik adalah mandi busa dengan santai untuk waktu yang lama. Jika itu tidak memungkinkan, mandi air panas cepat bisa dilakukan.

Selain memberikan kulit bersih yang lembut, mandi air panas bisa mengurangi kecemasan dan stres akibat pelepasan oksitosin. Hormon ini diketahui terkait dengan efek anti-stres.

3 dari 3 halaman

5. Mengendurkan otot kaku

Terapi di rumah yang sederhana dan efektif untuk pemulihan otot adalah bersantai di dalam baik mandi air panas.

Peneliti mengatakan bahwa dengan mandi bisa mengurangi ketegangan otot di seluruh tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Ini menghasilkan otot yang lebih lentur dan rentang gerak yang lebih luas.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat olahraga tentu sudah banyak diketahui, tapi manfaat mandi belum banyak yang tahu. Tapi ketika Anda menggabungkan keduanya, Anda bisa mendapatkan tingkat daya tahan dan kesehatan yang sama sekali baru.

Menurut sebuah penelitian, mandi air dingin sebelum berolahraga bisa meningkatkan daya tahan dan kemampuan tubuhmu untuk berolahraga pada tingkat intensitas yang lebih tinggi untuk waktu yang lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.