Sukses

Lakukan 10 Cara Ini Agar Tidak Terlambat Bangun Sahur

Meskipun sahur bukan perintah yang wajib namun mengerjakannya itu jauh lebih baik dari pada tidak sama sekali.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai umat muslim, tentu Anda tahu bahwa bangun sahur untuk makan atau minum sebelum berpuasa itu penting dijalani. Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW mengatakan, “makanlah sahur, karena didalamnya ada berkah,” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Sahur adalah Sunnah Rasulullah, tapi bukan berarti Anda bisa dengan sadar melewatkan waktu tersebut begitu saja. Meskipun sahur bukan perintah yang wajib namun mengerjakannya itu jauh lebih baik dari pada tidak sama sekali.

Tak dipungkiri, akan ada waktu mungkin Anda melewatkan waktu sahur karena alasan mengantuk, tidak mendengar bunyi alarm, bergadang, atau sudah bangun tapi justru ketiduran lagi.

Lalu, ‘tidak sahur’ ini kerap dijadikan bahan pertimbangan beberapa orang untuk membatalkan atau mengabaikan ibadah puasa. Agar masalah bisa teratasi, berikut adalah tips yang wajib Anda lakukan supaya tidak terlambat bangun sahur, melansir dari BlogNashata dan sumber lainnya, Kamis (14/4/2022).

Ingatlah bahwa itu Sunnah Rasulullah

Sahur yang diartikan aktivitas makan atau minum menjadi kebiasaan utama Nabi Muhammad SAW. Untuk itu, cobalah mempraktikkan cara tersebut sedekat mungkin dengan apa yang Nabi Muhammad SAW kerjakan.

Cara ini akan membantu Anda meraih makna sesungguhnya dari bulan suci Ramadhan dengan hasil yang maksimal, serta membentuk perilaku ataupun kebiasaan yang mengarah pada perubahan hidup lebih baik dan terpuji.

Renungkan juga seperti apa makna bulan suci Ramadhan. Jika menganggap sahur adalah wajib seperti halnya Anda bekerja, maka otomatis tubuh akan bergerak sesuai dengan apa yang diharapkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidur lebih awal

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah tidur lebih awal. Biasakan tidur setelah selesai solat tarawih, agar ketika bangun sahur atau sholat malam Anda tidak merasakan ngantuk yang tak tertahankan.

Godaan untuk bergadang di bulan Ramadhan emang sangat kuat, maka penting menanamkan niat sahur yang besar agar alam bawah sadar Anda akan merespon dan otomatis bergerak bangun jika waktu telah tiba.

Tetapkan tujuan untuk sholat tahajud setiap pagi

Niat untuk melaksanakan sholat Sunnah tahajud bisa membantu Anda agar tidak terlambah sahur. Jika bangun untuk sholat tahajud, maka Anda akan bangun lebih pagi dari waktu sahur itu sendiri. 

Cara ini bisa membuat Anda lebih terjaga menunggu waktu makan sahur. Selain itu, dengan menjalankan sholat tahajud Anda mungkin akan mendapatkan tambahan pahala serta berkah berkali-kali lipat.

Hindari minuman mengandung kafein

Di bulan Ramadhan ada baiknya Anda menghindari minuman yang mengandung kafein, termasuk kopi. Sebab, kafein bisa membuat tubuh Anda terjaga hingga larut malam. Kemungkinan tidur mendekati waktu sahur bisa saja terjadi, jika begini akhirnya Anda akan malas untuk bangun dan sahur.

3 dari 4 halaman

Ingatkan diri Anda tentang manfaat sahur

Bangun untuk makan sahur bukanlah tugas yang membebani kita. Sahur merupakan rahmat dari Allah SWT bahwa kita dapat makan satu kali sebelum memulai ibadah puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Makan sahur tidak hanya memberi kita manfaat spiritual, tetapi juga fisik dan mental yang lebih sehat. Apalagi jika Anda menghidangkan menu makanan sahur dengan sajian yang tepat, itu memungkinkan Anda untuk merasakan kenyang lebih lama, memberi tubuh lebih banyak energi untuk bertahan sepanjang hari, dan membantu Anda merasa lebih percaya diri dalam menjalani ibadah puasa. 

Istirahat

Jika Anda cukup beruntung memiliki waktu luang, Anda bisa memanfaatkannya untuk istirahat atau tidur siang. Cara ini akan mengajarkan Anda untuk menghargai waktu sekaligus menjaga kesehatan tubuh.

Berbeda dari hari biasa, Anda mungkin hanya memiliki sedikit waktu istirahat pada saat bulan Ramadhan. Jadi, manfaatkan waktu luang tersebut untuk beristirahat, jika tidur cukup maka bangun sahur di pagi hari pun tidak akan terasa sulit.

4 dari 4 halaman

Rencanakan makan sahur dengan cara sederhana

Memikirkan menu makanan bisa menjadi penyebab Anda malas dan terlambat bangun sahur. Jadi, rencanakan apa yang akan Anda makan sehari sebelumnya, buat semuanya tetap sederhana agar bisa memulai sahur dengan semangat tanpa beban.

Set alarm tiap 5 menit

Selain niat, Alarm menjadi salah satunya pertolongan yang bisa Anda gunakan. Sesuaikan Alarm dengan kebiasaan tidur. Jika susah terbangun, Anda bisa memasang Alarm dengan durasi tiap lima menit sekali. Jangan lupa untuk aktifkan notifikasi dan atur suara ponsel pada tingkat paling tinggi.

Selain memakai bantuan alarm, Anda bisa meminta bantuan pada teman dan keluarga untuk membangunkan sahur, bisa langsung atau melalui telepon. 

Berfikir kreatif

Tanamkan pikiran yang menyegarkan tentang sahur. Anda bisa menganggap sahur adalah waktu untuk bersenang-senang. Selama satu bulan penuh Anda perlu mencari ide kreatif supaya sahur yang dijalani ini tidak terasa menjenuhkan.

Jangan sampai terlalu kenyang

Hindari makan berlebihan hingga perut terasa sesak. Hal ini berlaku pada saat sahur ataupun berbuka puasa. Makan banyak bisa membuat tubuh menjadi lemas, perut sakit, timbulnya rasa malas, dan mengantuk.

Jika Anda terlalu banyak mengisi perut tanpa adanya perhitungan, mungkin Anda akan terus meninggalkan sahur karena terlambat bangun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.