Sukses

6 Ciri Orang Belum Dewasa Secara Emosional Menurut Ahli

Salah satu ciri orang yang belum dewasa secara emosional adalah mereka tidak mengenal adanya intropeksi diri.

Liputan6.com, Jakarta - Kematangan emosi adalah tentang kemampuanmu untuk memahami dan mengelola emosi. Seseorang yang matang secara emosional akan mudah menghubungkan antara pemikiran dan perilaku serta pengambilan keputusan. Lalu bagaimana dengan orang yang tidak mampu?

Orang yang belum dewasa secara emosional itu tidak mengenal adanya intropeksi diri. Sikap ini berkaitan dengan egois, narsis, bahkan mereka buruk dalam mengelola dan menerima konflik yang terjadi.

Dilansir dari Psychologytoday, Selasa (8/3/2022), kematangan dan kecerdasan emosional melibatkan kesadaran diri, empati, pengaturan diri dalam berkomunikasi, fasih berkolaborasi, bisa memecahkan masalah secara kreatif, dan menemukan resolusi atas konflik yang terjadi.

“Ketidakdewasaan mental menjadikan seseorang kurang berupaya untuk dirinya sendiri,” kata Joyce Marter, LCPC, seorang psikoterapis.

Jika Anda punya ciri berikut ini, berarti Anda belum dewasa secara emosional. Yuk simak tanda-tandanya menurut Marter.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Sering menyalahkan orang lain

Menurut Marter, seseorang dengan ketidakdewasaan emosional cenderung tidak pernah merasa bersalah. Lebih dari itu, biasanya mereka akan meletakkan kesalahan tersebut kepada orang lain, bukan diri mereka sendiri.

3 dari 7 halaman

2. Kurang berempati

Orang yang rendah kedewasaan tidak memiliki kemampuan untuk mengenali, memahami, serta memvalidasi pengalaman emosi. Mereka juga tidak mampu memandang dari berbagai sudut. Justru yang dianggap penting adalah diri mereka sendiri.

4 dari 7 halaman

3. Memiliki ego yang besar

Menurut Marter, setiap orang pasti memiliki ego. Namun yang membedakan adalah kontrol dari emosi tersebut.

Seseorang dengan ketidakdewasaan ini cenderung tidak peduli dengan konflik orang lain, mereka kerap melakukan pembelaan diri dan menghindar.

5 dari 7 halaman

4. Tidak mampu menyelesaikan tanggung jawab

Marter menyebutkan, orang dengan ketidakdewasaan emosional sulit mengambil beban tanggung jawab. Kebiasaan ini akan merusak kepercayaan rekan kerja, mereka juga dianggap kurang integritas atau tidak konsisten, dan menjadi penghambat.

6 dari 7 halaman

5. Sulit menerima kenyataan

Orang yang tidak dewasa secara emosi akan sulit menerima kenyataan, padahal dengan mengakui kekurangan bisa membuat situasi menjadi lebih baik.

Biasanya mereka akan membuat mekanisme pertahanan untuk melindungi diri sendiri, bahkan pertahan itu terkadang di luar batas nalar seseorang, alias tidak masuk akal.

7 dari 7 halaman

6. Pemarah

Jika lima usaha di atas tidak berjalan lancar, mereka akan marah bahkan tidak terkendali. Sikap ini sering kali menyulitkan orang lain, entah itu keluarga, pasangan atau rekan kerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.