Sukses

Setelah Omicron, Para Ahli Khawatirkan Akan Muncul Varian Covid-19 Lainnya

Para ilmuwan khawatirkan virus covid-19 varian omicron akan bermutasi.

Liputan6.com, Jakarta Para ilmuwan memperingatkan bahwa badai omicron secara praktis memastikan itu tidak akan menjadi varian terakhir dari virus corona yang mengkhawatirkan dunia.

Setiap infeksi memberikan peluang bagi virus untuk bermutasi, dan omicron memiliki keunggulan dibandingkan varian Covid-19 sebelumnya. Virus ini menyebar jauh lebih cepat meskipun muncul kekebalan tubuh yang lebih kuat dari vaksin yang telah kita dapatkan.

Para ahli tidak tahu seperti apa varian berikutnya atau bagaimana mereka membentuk pandemi, tetapi mereka mengatakan tidak ada jaminan sekuel omicron akan menyebabkan penyakit yang lebih ringan atau vaksin yang ada sekarang akan bekerja melawannya.

"Semakin cepat omicron menyebar, semakin banyak peluang untuk mutasi, yang berpotensi menyebabkan lebih banyak varian," kata Leonardo Martinez, ahli epidemiologi penyakit menular di Universitas Boston.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lebih Menular

Dilansir dari AP News, sejak muncul pada pertengahan November, omicron telah berlari melintasi dunia seperti api yang menembus rumput kering. Penelitian menunjukkan varian ini setidaknya dua kali lebih menular dari delta dan setidaknya empat kali lebih menular dari versi asli virus corona.

Omicron lebih mungkin daripada delta untuk menginfeksi kembali individu yang sebelumnya memiliki COVID-19 dan menyebabkan "infeksi terobosan" pada orang yang divaksinasi sementara juga menyerang yang tidak divaksinasi. Organisasi Kesehatan Dunia WHO melaporkan rekor 15 juta kasus COVID-19 baru pada 3-9 Januari, meningkat 55% dari minggu sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Dikhawatirkan Bermutasi

Seiring dengan membatasi aktifitas orang dari pekerjaan dan sekolah, kemudahan penyebaran varian meningkatkan kemungkinan virus akan mengembangkan mutasi yang kuat.

Ini adalah infeksi yang lebih lama dan persisten yang tampaknya menjadi tempat berkembang biak yang paling mungkin untuk varian baru,” kata Dr. Stuart Campbell Ray, pakar penyakit menular di Universitas Johns Hopkins. 

Karena omicron tampaknya menyebabkan penyakit yang lebih ringan daripada delta, perilakunya memicu harapan bahwa ini bisa menjadi awal tren yang pada akhirnya membuat virus lebih ringan seperti flu biasa.

Sebuah varian juga dapat mencapai tujuan utamanya mereplikasi jika orang yang terinfeksi awalnya menunjukkan gejala ringan, menyebarkan virus dengan berinteraksi dengan orang lain, kemudian menjadi sangat sakit, Ray menjelaskan sebagai contoh.

Orang-orang bertanya-tanya apakah virus akan berevolusi menjadi ringan. Tapi tidak ada alasan khusus untuk itu," katanya. “Saya tidak berpikir kita dapat yakin bahwa virus akan menjadi kurang mematikan dari waktu ke waktu.”

4 dari 4 halaman

Infografis Rekomendasi IDAI & Ancaman Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Cara