Sukses

5 Manfaat Menakjubkan Membersihkan Wajah Hanya Pakai Air

Liputan6.com, Jakarta - Mencuci muka dengan sabun tentu lumrah dilakukan setiap individu dalam kesehariannya. Banyak dari kita mengklaim dengan rutin mencuci muka menggunakan sabun bisa membuat kulit bersih, terhindar dari jerawat dan lebih cerah. 

Namun nyatanya, penggunaan sabun secara rutin bisa menimbulkan dampak negatif bagi kulitmu. Jadi, mencuci muka tanpa sabun malah memberikan berbagai manfaat menakjubkan bagi kulit wajahmu.

Nah, penasaran apa saja manfaat yang didapat jika mencuci wajah hanya menggunakan air? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Minggu (16/1/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Kulit menjadi halus

Pembersih bisa menjadi penyebab kulit mengelupas. Pembersih juga benar-benar akan menghilangkan minyak alami kulitmu, membuat kulitmu kering dan gatal. 

Jika Anda menyadari bahwa kulitmu terasa kencang atau terlihat kemerahan, Anda ingin menyisihkan pembersih untuk sementara waktu dan menggunakan air saja.  

3 dari 6 halaman

2. Lebih sedikit jerawat

Anda mungkin berpikir pembersih membantumu mengurangi minyak di wajahmu, menariknya justru sebaliknya. 

Saat kulitmu mengalami dehidrasi, secara otomatis akan menghasilkan lebih banyak minyak. Akibatnya, kulitmu pecah-pecah dan pori-pori membesar.

Sebaliknya, air dingin dikatakan bisa mengurangi produksi sebum (minyak) dan bahkan mengurangi peradangan.

4 dari 6 halaman

3. Kulit terlihat lebih muda

Air dingin mengencangkan kulitmu dan memperlambat proses penuaan. Pastikan Anda tidak menggunakan air panas karena bisa merusak kulit dan menyebabkan lebih banyak masalah. 

Sabun dan pembersih yang umumnya bersifat basa (pH antara 9-11) mengikis kulitmu dan menyebabkan hilangnya elastisitas. Pada akhirnya, Anda berakhir dengan kerutan.

5 dari 6 halaman

4. Tidak mendapatkan reaksi alergi

Tentu sulit untuk menemukan pembersih yang tepat untuk kulit sensitif dan rentan alergi. Sayangnya, hanya ada satu cara untuk mengetahui apakah itu cocok untukmu, ujilah terlebih dahulu pada kulitmu. 

Beberapa pembersih bisa menyebabkan luka bakar kimia dan reaksi alergi, dan Anda mungkin tidak segera mengalami reaksi, itu terjadi seiring waktu.

6 dari 6 halaman

5. Kulitmu pecah-pecah

Riasan dan produk kecantikan lainnya bisa berdampak negatif pada kulitmu dan memperburuk kondisi yang ada. 

Saat Anda beralih ke air, Anda membiarkan kulitmu beristirahat dan melakukan tugasnya tanpa bantuan eksternal dari krim atau pelembab.