Sukses

Pakai Dana Bantuan Covid untuk Beli Lamborghini, Pria Dihukum 9 Tahun Penjara

Seorang pria dijatuhi hukuman 9 tahun dan 2 bulan penjara usai menyalahgunakan dana bantuan Covid-19.

Liputan6.com, Texas - Seorang pria asal Texas, Amerika Serikat, telah dijatuhi hukuman 9 tahun dan 2 bulan penjara karena secara curang memperoleh lebih dari $1,6 juta dana bantuan pemerintah melalui Program Perlindungan Gaji atau Paycheck Protection Program pandemi Covid-19. 

Dilansir dari CBS News, Kamis (2/12/2021), pemerintah mengatakan pria bernama Lee Price III telah mengaku bersalah pada September lalu. Pinjaman PPP ditawarkan hingga Mei sebagai bagian dari Coronavirus Aid, Relief and Economic Security (CARES) Act untuk membantu usaha kecil mengelola kerugian ekonomi akibat pandemi Covid-19

Price, menurut pihak berwenang, dengan curang mengajukan aplikasi pinjaman kepada dua pemberi pinjaman yang berbeda dalam upaya untuk mendapatkan lebih dari $2,6 juta.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membeli Lamborghini dan Jam Tangan Rolex

Dia mampu memperoleh lebih dari $1,6 juta atau setara dengan Rp 22 miliar dengan menggambarkan jumlah karyawan dan biaya penggajian untuk tiga bisnis yang berbeda. 

Pada salah satu aplikasi, menurut pengaduan pidana, Price mengatakan bahwa salah satu usaha kecil, Price Enterprises, memiliki 50 karyawan dan gaji bulanan rata-rata $375.000.

Pihak berwenang mengatakan bisnis itu tidak memiliki karyawan dan tidak ada gaji, dan tidak ada indikasi entitas tersebut pernah mempekerjakan siapa pun. Begitu dia menerima dana, kata pihak berwenang, dia menggunakan uang itu untuk membeli Lamborghini Urus, Ford F-350, dan jam tangan Rolex. 

 

3 dari 3 halaman

Merupakan Residivis

Dia juga menghabiskan $2.000 di klub tari telanjang, lebih dari $700 di toko minuman keras, lebih dari $2.500 di klub malam dan menggunakan sebagian dana untuk melunasi pinjaman properti tempat tinggal. 

Departemen Kehakiman mengatakan dapat mengambil lebih dari $700.000 dari dana yang telah dia klaim secara curang. Menurut pengaduan pidana, Price nyatanya telah menerima hukuman atas kejahatan pada tahun 2010 untuk pemalsuan dan pada tahun 2011 untuk perampokan. 

Dia juga terdakwa dalam kasus kriminal aktif di Texas, di mana dia dituduh merusak catatan pemerintah. Lebih dari 160 terdakwa di lebih dari 95 kasus pidana terpisah telah dituntut atas dana PPP yang diperoleh secara curang sejak tindakan CARES diberlakukan, kata pihak berwenang. Mereka menambahkan bahwa mereka telah menyita lebih dari $75 juta tunai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.