Sukses

Cegah Penuaan Dini, 5 Makanan yang Bikin Awet Muda

Makanan ini bisa membuat Anda Awet Muda.

Liputan6.com, Jakarta - Semakin bertambahnya umur, setiap individu pasti akan mengalami kerutan-kerutan di sebagian tubuh. Umumnya untuk mencegah tanda-tanda penuaan bisa dilakukan dengan perawatan kulit. Ternyata, tidak hanya perawatan kulit, tetapi makanan juga bisa mencegah penuaan dini. 

Dilansir dari Healthline, Jumat (29/10/2021), para peneliti menemukan bahwa konsumsi buah-buahan dan sayuran merupakan cara yang paling aman dan sehat untuk tetap awet muda dan mengatasi penuaan dini seperti kulit kusam dan garis-garis halus. 

Berikut beberapa makanan yang bisa mencegah faktor penuaan seperti melansir dari Pinkvilla.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Blueberry

Blueberry merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Buah ini mengandung rendah sodium, lemak dan kalori dan kaya akan asam folat, vitamin A dan vitamin C.

Kandungan antioksidan yang tinggi bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, stres dan polusi. 

Inilah yang membuat blueberry bisa mengurangi penuaan dini dan menyembuhkan kerusakan kulit. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa membuat smoothie yang menemani pagi Anda atau menjadikannya sebagai cemilan Anda. 

3 dari 6 halaman

2. Alpukat

Buah ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Alpukat mengandung nutrisi, lemak omega dan vitamin A yang bisa memperlambat proses penuaan Anda. Buah ini juga bisa meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah patah tulang.

Asam lemak yang terkandung dalam buah alpukat bisa membuat kulit Anda halus dan kenyal. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam alpukat juga bisa membantu kulit melepaskan sel-sel kulit mati, mempercantik kulit dan bercahaya.

4 dari 6 halaman

3. Kacang kenari

Kacang kenari merupakan suplemen anti penuaan paling murni. Kacang mengandung vitamin E yang baik untuk mempertahankan kelembaban kulit dan melindungi kulit dari kerusakan sinar UV.

Kacang bisa membuat kulit bercahaya dan memperkuat membran sel kulit. Untuk mencobanya Anda bisa menaburkan kacang di atas salad Anda, atau mengonsumsinya sebagai camilan Anda. 

5 dari 6 halaman

4. Ubi Jalar

Tidak semua individu menyukai ubi jalar. Namun, makanan bisa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Ubi jalar mengandung vitamin C dan bisa merangsang produksi kolagen. Dalam mencegah penuaan, ubi jalar bisa mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan. 

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam ubi jalar bisa melindungi kulit kita dari radikal bebas yang berbahaya dan menjaga kulit tetap bercahaya. 

6 dari 6 halaman

5. Cokelat Hitam

Cokelat hitam terbuat dari kakao yang bisa bermanfaat terhadap psikologis dan fisik Anda. Selain bisa meningkatkan suasana hati Anda yang buruk, cokelat hitam juga bisa bermanfaat bagi kesehatan Anda. Mereka bisa melindungi jantung Anda dari segala jenis penyakit atau ancaman.  

Cokelat hitam juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mempertahankan kelembaban pada kulit. Hal ini bisa membantu Anda untuk mengurangi munculnya kerutan sehingga membuat Anda tampak lebih muda.

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.