Sukses

Sering Merasa Lelah Saat Bekerja atau Belajar Online? Coba 5 Makanan Penambah Energi

Sejak pekerjaan dan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online selama pandemi COVID-19, sebagian orang lebih mudah merasa lelah dan lesu.

Liputan6.com, Jakarta Sejak pekerjaan dan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online selama pandemi COVID-19, sebagian orang lebih mudah merasa lelah dan lesu. Umumnya, hal ini diakibatkan karena mereka terlalu banyak bekerja, kurang tidur, dan kurang melakukan aktivitas fisik.

Kelelahan menjadi suatu kondisi yang sering kali diabaikan. Padahal, kelelahan menyebabkan seseorang tidak bisa melakukan aktivitas pada tingkat tertentu dan sering dikaitkan dengan dampaknya pada kesehatan dan kualitas hidup.

Melansir dari NDTV Food, Rabu (27/10/2021), salah satu cara sederhana untuk mengatasi kelelahan adalah melakukan perubahan pada pola makan.

Menurut Journal of Nutrients, mengonsumsi makanan secara berlebihan bisa menyebabkan obesitas dan menjadi faktor penyebab kelelahan. Asupan makanan khususnya yang mengandung lemak tinggi mengubah parameter tidur sehingga mengakibatkan kelelahan.

Penelitian tersebut menambahkan bahwa melakukan perubahan pola makan membantu mengatasi kelelahan dan membuat tubuh tetap aktif.

Inilah lima makanan yang bisa membantu Anda untuk mengatasi kelelahan sekaligus meningkatkan energi.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti almond, walnut, biji chia, biji rami, dan pistachio, adalah makanan ringan yang ideal untuk dikonsumsi jika Anda merasa lapar. Selain itu, biji bunga matahari, hazelnut, pecan, dan biji labu juga menjadi pilihan yang sangat baik.

Semua jenis kacang-kacangan dan biji-bijian tersebut berperan untuk menambah energi, memberikan nutrisi yang penting untuk tubuh yang lelah.

2. Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol. Senyawa tersebut merupakan antioksidan yang kuat untuk membantu melawan kelelahan dan stres.

Selain itu, teh hijau juga memungkinkan Anda untuk tidur nyenyak di malam hari sehingga membantu tubuh merasa lebih segar di pagi hari.

3 dari 4 halaman

3. Cokelat Hitam

Cokelat hitam bisa membantu untuk menambah energi. Sebuah penelitian menemukan bahwa indeks glikemik dalam cokelat hitam cukup rendah dan membantu Anda merasa aktif.

Selanjutnya, kandungan dalam cokelat hitam berperan sebagai antioksidan sehingga melepaskan nitrat oksida, senyawa yang melebarkan pembuluh darah agar aliran darah menjadi lebih lancar dan membuat Anda merasa energik.

4. Minyak Kelapa

Untuk meningkatkan energi, Anda bisa mengonsumsi minyak kelapa. Masukkan minyak kelapa ke dalam minuman sehingga lebih mudah dipecah dan menjadi molekul yang lebih kecil untuk dicerna.

Minyak kelapa juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Para peneliti mencatat adanya peningkatan kualitas kekebalan tubuh.

4 dari 4 halaman

5. Pisang

Buah ini terkenal untuk meningkatkan energi. Karbohidrat dalam pisang membantu untuk melepaskan beberapa hormon dalam tubuh.

Banyak ahli nutrisi dan kesehatan merekomendasikan untuk memasukkan pisang dalam menu harian Anda agar lebih berenergi.

Reporter: Shania

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini