Sukses

Salad Tahu Crispy, Inspirasi Baru Menu Diet Anda

Tak cuma diisi dengan ragam sayuran, salad ini juga mengandung protein nabati yang berasal dari tahu. Cocok untuk menu diet Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Mari kembali membuat salad dengan cita rasa baru untuk tambahan referensi menu diet Anda. Tak cuma diisi dengan ragam sayuran, salad ini juga mengandung protein nabati yang berasal dari tahu.

Tahu diolah hingga memiliki tekstur garing dan menambah renyah salad Anda. Menu diet ini bertambah unik lagi karena campuran saus teriyaki yang manis dan lengket di dalam salad.

Bahan-bahan untuk membuat salad tahu crispy ini cukup mudah. Begitupun cara pembuatannya. Seperti dikutip dari laman BBC, Selasa (25/10/2021), Anda harus mempersiapkan tahunya sehari sebelum bisa dicampurkan ke dalam salad.

Yang harus dilakukan adalah memotong tahu menjadi kotak-kotak kecil lalu mengeringkannya. Cara mengeringkannya, letakkan kertas roti atau plastik di atas tahu.

Kemudian timpa dengan piring dan dinginkan semalaman. Semakin kering tahu akan membuatnya lebih garing. Berikut resep lengkap salad tahu crispy untuk menu diet Anda:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan-Bahan

Untuk saus:

1. 60 ml kecap asin

2. 2 sdm madu

3. 1 sdm minyak wijen

4. 2 siung bawang putih, geprek

5. 1 sdt tepung maizena

 

Untuk salad:

1. 200g tahu keras, potong kotak sekitar 2 cm dan keringkan dengan kertas dapur

2. 1 sdm minyak zaitun

3. 1 sdm tepung maizena

4. 300g seledri, dipotong-potong

5. 2 wortel, diiris

6. 1 parsnip (mirip wortel) (optional), potong-potong

7. 100g kangkung, buang batangnya dan sobek daunnya

8. sejumput biji wijen

9. garam

3 dari 3 halaman

Cara Memasak:

1. Panaskan oven dengan suhu 200C/180C dan letakkan loyang di rak tengah untuk memanaskannya.

2. Untuk membuat sausnya, campur semua bahan menjadi satu dalam panci kecil, lalu didihkan. Masak selama 2 menit sampai kental dan mengkilap, lalu angkat dan biarkan dingin.

3. Masukkan tahu ke dalam mangkuk besar, tambahkan 1 sendok makan saus. Masukkan minyak zaitun kemudian aduk rata. Masukkan maizena, aduk lagi, lalu taruh di atas loyang yang sudah dipanaskan sebelumnya. Panggang selama 25 menit, balik ketika sudah setengah matang.

4. Sementara itu, masukkan sayuran ke dalam mangkuk besar. Tambahkan sedikit garam lalu pijat-pijat sayuran selama beberapa menit. Teknik ini dapat membantu melunakkan sayuran dan membuatnya dapat menyerap lebih banyak saus. Setelah sayuran lunak, tuangkan 3-4 sendok makan saus dan aduk hingga rata.

5. Bagi salad ke dalam 2 mangkuk saji. Jangan lupa taburi dengan tahu renyah dan biji wijen. Selamat menikmati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.