Sukses

Mengandung Kalsium Tinggi, Begini Cara Olah Cangkang Telur untuk Makanan Anjingmu

Liputan6.com, Jakarta- Telur adalah makanan yang paling sering dikonsumsi karena kaya akan protein yang mudah untuk diolah. Telur mengandung vitamin A dan vitamin B12 serta asam linoleat. Manusia sering mengonsumsi telur sebagai sumber protein mereka.

Melansir dari Petxu.com, telur menghasilkan proporsi protein dan lemak yang tepat. Telur mengandung sekitar 6,3 gram protein dan 4,8 gram lemak.

Namun, apakah cangkang telur juga mengandung kalsium? Melansir dari Los Angeles Times, cangkang telur terbuat dari kalsium karbonat yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan tulang dan otot.

Kalsium yang dibutuhkan oleh seekor anjing biasa didapatkan dengan mengonsumsi tulang. Padahal cangkang telur  juga menjadi salah satu sumber kalsium bagi anjing kesayanganmu dengan kandungan sekitar 720 hingga 800 mg kalsium. 

Dilansir dari Manila standard, berikut resep dasar dalam menyajikan cangkang telur ke dalam makanan anjingmu:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Keluarkan telur dari cangkangnya

Keluarkan telur dari cangkangnya. Berhati-hatilah saat mengeluarkannya agar selaput tipis pada telur tidak terbuang karena mengandung nutrisi

3 dari 6 halaman

Rebus cangkang telur

Sterilkan cangkang telur ke dalam air mendidih selama satu hingga dua menit untuk membunuh bakteri. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah hewan peliharaan terinfeksi salmonella.

4 dari 6 halaman

Keringkan dan hancurkan cangkang telur

Kemudian keringkan dan hancurkan cangkang telur menjadi bubuk agar tidak tajam. Dalam menghancurkan cangkang telur juga dapat dilakukan dengan menggunakan penggiling kopi. Cangkang telur yang sudah hancur dapat melindungi mulut hewan peliharaan dari cedera.

5 dari 6 halaman

Taburkan cangkang telur ke dalam makanan

Taburkan cangkang telur sebanyak kurang lebih setengah sendok teh di setiap porsi makanan hewan peliharaanmu

6 dari 6 halaman

Simpan cangkang telur dalam suhu ruang

Simpan cangkang telur dalam suhu ruang sehingga cangkang telur dapat bertahan selama dua bulan.