Sukses

Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Menghabiskan Waktu Sendirian

Menyendiri seringkali dianggap negatif oleh sebagian orang, padahal menghabiskan waktu sendiri memiliki berbagai manfaat.

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu termasuk individu yang suka menyendiri atau menghabiskan waktu seorang diri daripada bersama orang lain? Tak sedikit yang menganggap sebelah mata ketika seseorang suka menyendiri dan jarang berbaur dengan orang lain.

Padahal, sebagian orang senang menikmati waktu sendiri karena memiliki alasan yang beragam. Kamu perlu rileks dan tenang agar terhindar dari rasa kesepian sehingga dapat merasakan manfaat dari menghabiskan waktu sendiri.

Dikutip dari Step to Health, menghabiskan waktu sendiri ternyata memiliki banyak manfaat. Mulai dari mengasah fokus dan pikiran, pandai mengatur mood, hingga mampu mengatasi kecemasan dan stres. Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika senang menghabiskan waktu sendirian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Meningkatkan kreativitas

Berinteraksi secara terus menerus dengan seseorang dapat mengalihkan pikiran Anda. Sebaliknya, ketika sedang sendiri imajinasi akan meningkat dan kreativitas akan berkembang. Menghabiskan waktu sendiri membuat kamu lebih fokus dan sadar akan hal-hal yang sedang kamu pikirkan.

Sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Buffalo, Amerika Serikat, mengatakan bahwa kesendirian dapat meningkatkan kesehatan mental dengan cara memacu kreativitas.

Penelitian yang dilakukan terhadap 300 orang tersebut menemukan bahwa peserta yang menghabiskan waktu sendiri lebih kreatif daripada yang lain. Selain itu, menghabiskan waktu dengan diri sendiri sangatlah penting untuk melakukan hal-hal kreatif yang tak bisa dilakukan saat sedang bersosialisasi.

3 dari 6 halaman

2. Pintar mengatur mood

Seseorang yang menghabiskan waktu sendiri lebih baik dalam mengatur mood. Mereka juga memiliki tingkat emosi yang lebih rendah, seperti suasana hati yang buruk, stres, dan rasa tidak nyaman. 

Biasanya, seseorang yang menikmati waktu sendiri memiliki pikiran yang lebih terbuka, imajinatif, dan rasa penasaran yang tinggi.

Selain itu, mereka mampu menyelami kepribadian sehingga tahu cara mengenali kebutuhan, ketakutan, kekhawatiran eksternal secara lebih baik, dan memiliki rasa empati yang tinggi.

4 dari 6 halaman

3. Lebih mandiri

Ketika menghabiskan dan menikmati waktu sendiri, kamu tentu akan menemukan berbagai tantangan yang harus dihadapi. Mulai dari berbagai pendapat yang muncul tiba-tiba hingga keputusan yang harus kamu ambil. 

Akhirnya, kamu menjadi sosok yang mandiri dan tak bergantung dengan orang lain. Kamu tak perlu lagi kecewa ketika teman batal mengajak nonton film. Kamu bisa berkompromi dengan dirimu sendiri.

5 dari 6 halaman

4. Memahami diri sendiri

Ketika berada dalam sebuah kelompok, tak jarang sudut pandang seseorang akan mengikuti mereka yang ada di dalamnya. Sayangnya, seseorang seringkali mengalami hal ini ketika berinteraksi dengan rekan kerja atau teman tanpa sadar. 

Dengan menghabiskan waktu sendiri, kamu akan merenungkan banyak hal yang sebelumnya tak pernah terpikirkan. Selain itu, ada banyak keputusan yang dapat kamu pertimbangkan untuk masa depan.

Kamu juga dapat memahami diri sendiri dan mengetahui hal yang sedang diinginkan dengan merenung saat menyendiri.

6 dari 6 halaman

5. Meningkatkan percaya diri

Menghabiskan waktu sendiri juga dapat meredakan tekanan sosial yang sedang kamu rasakan. Hal tersebut tentu membantu pikiranmu menjadi lebih segar dan merasa bahagia daripada ketika berada di lingkungan sosial. 

Ketika sendiri, kamu bisa meningkatkan rasa percaya diri pada kemampuanmu sehingga tak bergantung pada orang lain. Namun, kamu perlu membiasakan diri rileks dan tak merasa kesepian saat menghabiskan waktu sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.