Sukses

Ini Alasan Kamu Mudah Marah Ketika Merasa Lapar

Sebagian orang akan emosi ketika merasa lapar. Mengapa?

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar istilah "kalau lapar jadi galak"? Ketika lapar, sebagian orang akan berubah menjadi emosional. Kondisi itu disebut dengan "hangry", yaitu gabungan dari kata "hungry" dan "angry". Apa yang menyebabkan seseorang menjadi mudah marah saat lapar?

Menurut profesor bidang psikologi dari Reed College Amerika Serikat, Paul Currie, saat seseorang melewatkan makan akan menimbukan emosi yang bergejolak. Terlebih jika mendengar suara perut yang lapar, hal itu akan memengaruhi pikiran seseorang hingga meningkatkan emosi, rasa cemas, dan stres.

Itu sebabnya, Anda mungkin pernah menemukan beberapa orang menjadi mudah marah saat merasa lapar atau belum makan.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hubungan antara lapar dan emosi

Rupanya, ada alasan fisiologis mengapa sebagian orang marah ketika lapar. Saat Anda belum makan, kadar glukosa dalam darah menjadi turun drastis. Ketika gula darah terlalu rendah, hal itu akan memicu serangkaian hormon, termasuk kortisol dan adrenalin. Hormon-hormon ini dilepaskan ke aliran darah untuk meningkatkan dan menyeimbangkan kembali gula darah Anda.

"Pelepasan kortisol dapat menyebabkan agresi pada beberapa orang. Selain itu, gula darah rendah dapat mengganggu fungsi otak yang lebih tinggi, seperti membantu mengontrol impuls dan mengatur dorongan atau perilaku primitif kita," kata dr. Christine Lee dikutip dari Health Cleavland Clinic.

"Orang yang kesulitan mengendalikan amarahnya atau memiliki masalah pengendalian impuls mungkin lebih rentan mengalami hangry," imbuhnya.

Sebagian yang lain mungkin tak marah saat merasakan lapar, namun hal itu juga menyebabkan beberapa reaksi lain, seperti kelelehan, mengantuk, kesulitan konsentrasi, dan mudah membuat kesalahan.

3 dari 3 halaman

Cara mengatasi

Cara termudah untuk mengatasi hangry atau perasaan marah karena lapar adalah makan sebelum Anda merasa terlalu lapar. Pilihlah makanan tepat yang bernutrisi.

Permen atau junk food akan membuat Anda cepat merasa lapar kembali. Pasalnya, makanan tersebut memproduksi glukosa dalam jumlah besar sehingga membuat makanan diproses dengan cepat.

Anda dapat memakan camilan sehat saat tiba-tiba lapar di tengah aktivitas, seperti cookies, kacang-kacangan, yogurt, dan buah-buahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.