Sukses

Bulu Berkilau dan Tanda-Tanda Umum Si Kucing Sehat

Sebagai pemilik kucing, Anda perlu mengetahui tanda-tanda yang menunjukkan kucing sedang sehat atau menderita suatu penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Kucing terkenal sebagai salah satu jenis hewan yang kuat dan pendiam saat sakit. Jadi, sebagai pemilik kucing, Anda perlu mengetahui tanda-tanda yang menunjukkan kucing sedang sehat atau menderita suatu penyakit.

Jika kucing Anda lebih sering bersembunyi dan kurang bersosialisasi daripada biasanya, ini bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah. Berikut ini tanda-tanda kucing yang sehat dan sedang ada gangguan kesehatan.

1. Mata

Harus cerah dan jernih.Laporkan ke dokter hewan jika Anda melihat keputihan di matanya.

2. Telinga

Harus bersih dan bebas dari kotoran, bau dan kemerahan.Masalah telinga yang tidak diobati itu menyakitkan dan dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

3. Mulut

Harus berbau segar. Gusi harus berwarna merah muda. Gigi harus bebas dari karang gigi atau plak.

4. Mulut dan bibir

Harus bebas dari luka atau pertumbuhan.

5. Bulu

Harus berkilau dan bersih.

6. Berat

Kucing aktif jarang kelebihan berat badan. Mintalah saran dari dokter hewan Anda tentang memberikan makanan kucing yang tepat untuk menjaga berat badan sehat kucing Anda.

7. Kebiasaan Kotak Kotoran

Segera laporkan perubahan kebiasaan kotak pasir seperti frekuensi atau konsistensi urin atau tinja kucing ke dokter hewan.

Untuk mempertahankan berat badan yang sehat, miliki jadwal dan porsi makan yang tepat sesuai dengan kebutuhan nutrisi anabul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanda Kucing Sakit

  • Diare

Penyakit umum ini dapat disebabkan oleh banyak faktor termasuk bakteri, virus, parasit internal, zat beracun, terlalu banyak makanan atau gangguan psikologis. Hubungi dokter hewan jika tinja berdarah, jika ada banyak volume tinja yang encer, jika kucing Anda kurus atau berperut buncit, atau jika diare berlanjut selama lebih dari 24 jam.

  • Sembelit

Seperti diare, sembelit dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk menelan zat seperti rambut, tulang, atau benda asing, atau karena penyakit dan asupan air yang tidak mencukupi. Dokter hewan mungkin merekomendasikan tes darah, radiografi atau melakukan tes lain untuk menemukan penyebabnya.

  • Muntah

Tidak jarang kucing muntah sesekali, tetapi muntah yang sering atau terus-menerus bukanlah hal yang normal. Hubungi dokter hewan jika muntah terjadi lebih dari lima kali dalam beberapa jam, muntah dalam jumlah besar, muntah mengandung darah, atau disertai diare atau sakit perut.

  • Buang Air Kecil Tidak Normal

Buang air kecil atau urin berdarah dapat mengindikasikan infeksi saluran kemih yang menyakitkan. Segera hubungi dokter hewan Anda.

3 dari 3 halaman

Penuhi Kebutuhan Omega 3

Kucing membutuhkan asam lemak omega 3 dalam kadar yang kecil hingga sedang, tergantung pada pertambahan usia maupun kondisi kesehatannya. Kebanyakan cat food sudah diperkata dengan 0,03 hingga 2 persen omega 3 yang seharusnya cukup untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Kini, tak perlu repot mencari atau mengolah sendiri makanan kucing demi memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3. Berikan saja Muezza yang dibuat dari bahan-bahan alami dan diolah dengan teknologi modern. Bukan hanya terjamin higienis, kandungan nutrisi di dalamnya pun tetap terjaga dan bermanfaat bagi kesehatan kucing karena tanpa bahan tambahan sintetik.

Muezza tersedia dalam 4 varian rasa lengkap dengan aroma yang kuat untuk meningkatkan selera makan kucing, seperti Salmon Flavor, Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, dan Tuna Flavor. Bukan hanya sehat dan lezat, brand makanan kucing kering ini pun juga sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Tak perlu ragu lagi memegang dan memberikan cat food secara langsung pada anabul, juga bebas khawatir saat terkena liur hewan peliharaan, baik ketika membelai atau mencuci peralatan makan di tempat cuci piring. Bisa dibeli secara online di Shopee dan Tokopedia, temukan keempat varian Muezza dengan mudah tanpa harus keluar rumah.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini