Sukses

Mengenal Breathwalk, Teknik Meditasi Sambil Berjalan yang Bantu Atasi Stres

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan olahraga harus menjadi pola hidup sehari-hari untuk dapat menyeimbangkan kehidupan dan kesehatan.

Banyak yang berusaha untuk melakukan olahraga hanya karena terpaksa oleh pola diet yang dilakukan. Tentu hal tersebut bukan suatu hal yang baik untuk pikiran, bahkan dapat membuat diri tertekan dan stres.

Belakangan ini, olahraga breathwalk tengah banyak diperbincangan publik karena diklaim bisa membantu mengatasi stres. Mengutip dari Very Well Fit, Kamis (15/4/2021), breathwalk adalah ilmu yang menggabungkan antara pola pernapasan tertentu dengan langkah berjalan. Jadi, olahraga ini seperti melakukan meditasi sambil berjalan. 

Breathwalk ini juga melakukan seni meditatif yang terarah atau melakukan teknik meditasi yang sesuai. Hal ini bertujuan untuk merevitalisasi tubuh, pikiran dan jiwa agar memberikan dampak baik.

2 dari 5 halaman

Manfaat Melakukan Breathwalk

Efek yang akan didapatkan saat melakukan breathwalk seperti energi yang meningkat, dapat mengontrol suasana hati dengan baik, menjernihkan mental dan memiliki perasaan yang keterhubungan.

Teknik pernapasan yang digunakan pada breathwalk ini mengacu pada yoga dengan ditambahkan latihan irama berjalan untuk mendapatkan dampak yang diinginkan. Manfaat yang didapatkan ini berbeda dengan saat berjalan biasa.

Breathwalk juga memberikan manfaat pada kesehatan mental dan fisik, sehingga sangat tepat dilakukan individu yang mengalami stres yang tinggi tetapi aktivitas yang rendah. Masa ini tentu meningkatkan terjadinya stres pada individu.

Jalan kaki memang membantu memperbaiki suasana hati, menjernihkan pikiran dan menghilangkan stres. Akan tetapi, dampak tersebut akan lebih meningkat jika jalan kaki diubah dengan melakukan breathwalk.

3 dari 5 halaman

Teknik Melakukan Breathwalk

Dalam melakukan breathwalk terdapat teknik yang terdiri dari lima langkah.

1. Berdiri

Persiapan untuk berjalan dapat dilakukan pemanasan dengan latihan lengan sederhana, postur tubuh, dan juga pernapasan secara sadar dan teratur.

Lakukan latihan selama tiga sampai lima menit untuk semua pemasannya. Pola pernapasan yang dilakukan dengan napas secara kesadaran penuh, gunakan teknik “breath of fire” cepat, dan pernapasan yang tersegmentasi.

2. Sejajarkan

Saat jalan kaki dimulai, sejajarkan antara langkah dengan tubuh untuk menciptakan kecepatan yang sesuai dan nyaman. Lakukanlah di luar ruangan untuk mendapatkan suasana yang lebih segar dan carilah tempat yang menenangkan.

Direkomendasikan juga untuk mempelajari tekni berjalan kaki seperti berjalan kebugaran. Rasakan setiap tautan dari kaki ke paha dan ke atas.

3. Vitalisasi

Pola pernapasan yang dilakukan sesuai dengan irama berjalan, pengambilan langkah seirama dengan pernapasan. Teknik pernapasan yang dilakukan melalui hidung, bukan melalui mulut.

Breathwalk ini juga memungkinkan Anda merasakan ritme berjalan yang dilakukan, maka pikiran pun menjadi jernih dari kehidupan sehari-hari.

Irama ini dilakukan selama tiga hinga lima menit, kemudian pernapasan dan kecepatan berjalan normal dilakukan selama tiga menit. Lakukan berulang sebanyak tiga kali atau lebih.

4. Keseimbangan

Selesaikan breathwalk ini secara bertahap dengan memperlambat kecepatan berjaan dan membiarkan indra berkembang. Kemudian, lakukan peregangan yang baik untuk mengakhirinya.

5. Integrasikan

latihan ini dapat menghubungkan antara pikiran, tubuh dan lingkungan sekitar. Hal tersebut tentu menyatukan seluruh hal yang dilakukan untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan.

4 dari 5 halaman

Siapa yang Bisa Melakukan Breathwalk?

Setiap individu bisa melakukan olahrga berjalan dengan teknik meditasi ini, asalkan memperlajarinya terlebih dahulu. Mengetahui cara bernapas yang benar dapat sedikit membantu saat sedang berjalan cepat dan bahkan mendaki bukit.

Melakukan breathwalk ini baik untuk sehari-hari ketika ingin memulihkan diri dari latihan berat atau panjang sebelumnya. Breathwalking dapat dilakukan sendiri, dengan teman atau dalam kelompok, dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negerii Media Kreatif

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: