Sukses

5 Manfaat Limun Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh, Turunkan Berat Badan hingga Kurangi Gejala Depresi

Liputan6.com, Jakarta - Limun kunyit yang terbuat dari campuran dua bahan yakni limun atau jus jeruk nipis dan kunyit tidak hanya menyegarkan, namun juga menyehatkan dengan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Kunyit menjadi salah satu rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan selama berabad-abad. Kandungan kurkumin, fitokimia utama dalam kunyit efektif melawan berbagai penyakit seperti luka diabetes dan anoreksia.

Sementara itu, limun memiliki manfaat melawan penyakit batu ginjal dan membantu mengontrol berat badan.

Nah, penasaran apa saja manfaat dari limun kunyit bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasannya seperti melansir dari India Times, Senin (18/1/2021).

1. Mengurangi Gejala Depresi 

Ramuan ini bekerja sebagai antidepresan dan bisa membantu mengurangi gejala depresi seperti kecemasan, kelelahan, kehilangan minat, kehilangan nafsu makan, masalah tidur, iritasi, marah dan perubahan suasana hati. Ini karena antioksidan di kedua tumbuhan yang membantu berfungsinya otak.

2 dari 6 halaman

2. Bantu Turunkan Berat Badan

Kurkumin dalam kunyit membantu meningkatkan metabolism tubuh dan mengontrol rasa lapar. Ini juga mencegah penumpukan lemak di jaringan perut dan hati.

Di sisi lain, vitamin C dalam lemon juga bertindak sebagai pembakar lemak, sedangkan pektin, serat alami dalam jeruk nipis membantu mencegah mengidam makanan.

Jadi, keduanya membantu mengurangi berat badan dan menjaga fungsi tubuh dengan baik.

3 dari 6 halaman

3. Menyembuhkan Luka

Vitamin C dan kurkumin memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka. Kedua kandungan itu bisa meningkatkan ekspresi kolagen oleh fibroblast yang selanjutnya membantu meningkatkan pembentukan jaringan granulasi dan menyembuhkan luka dengan cepat. 

Selain itu, juga membantu mencegah risiko infeksi pada luka karena antibakterinya.

4 dari 6 halaman

4. Atasi Peradangan

Kurkumin dan asam sitrat memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Mereka membantu melindungi tubuh dari peradangan dan gejala terkait, sehingga mencegah risiko munculnya penyakit tersebut.

5 dari 6 halaman

5. Lindungi Hati

Sebuah penelitian mengatakan bahwa asam sitrat membantu mengurangi stres oksidatif yang diinduksi oleh endotoksin dan bisa mencegah hati dari kerusakan atau cedera. 

Kurkumin juga memiliki efek perlindungan pada hati terhadap stres oksidatif yang diinduksi merkuri. Ini menunjukkan bahwa limun kunyit bisa membantu melindungi hati dan meningkatkan fungsinya.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: