Sukses

Bebas Insomnia, 5 Cara Sederhana Agar Anda Tidur Lebih Cepat

Tertidur lebih cepat dan lelap dapat membantu organ tubuh bekerja lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda merasa tubuh sudah lelah karena aktivitas seharian, tetapi rasa kantuk tak kunjung datang?

Tak jarang hal ini kerap membuat frustrasi. Apalagi saat jarum jam sudah menunjukkan lewat tengah malam, sedangkan esok hari ada segudang pekerjaan yang menanti.

Salah satu syarat agar tubuh bisa berfungsi dan bekerja dengan baik adalah dengan tidur yang cukup. Namun, tak sedikit individu yang mengalami kesulitan ketika ingin tidur. Akibatnya, hal itu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti badan lemas, mudah mengantuk, dan sulit konsentrasi.

Sebenarnya, tertidur dengan cepat bukanlah perkara yang sulit. Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan agar bisa tidur dengan cepat. Berikut cara-cara sederhana yang dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jaga kaki agar tetap hangat

Memakai kaus kaki saat ingin tidur terbukti mampu membuat tertidur lebih cepat. Pasalnya, kaki akan terasa lebih hangat.

Rasa hangat yang muncul saat mengenakan kaus kaki berasal dari pembuluh darah di sekitar kaki yang menjadi lebih besar atau biasa disebut vasodilatasi. Hal ini membuat peredaran darah menjadi lancar.

Secara otomatis kondisi ini akan memberi tanda pada otak bahwa sudah saatnya untuk tidur. Setelah pembuluh darah di kaki terbuka karena suhu yang hangat, panas akan menjalar ke seluruh tubuh untuk persiapan tidur.

Selain itu, menjaga kaki tetap hangat juga akan mengurangi rasa gelisah yang muncul di malam hari sehingga Anda akan lebih mudah terlelap.

3 dari 6 halaman

2. Lakukan teknik pernapasan 4-7-8

Diketahui, metode ini digambarkan sebagai ‘tranquiliser’ alami untuk sistem saraf agar ketegangan dalam tubuh berkurang. Teknik 4-7-8 ini cukup sederhana dan bisa Anda lakukan saat ingin tertidur lebih cepat.

Pertama-tama, hembuskan napas melalui mulut sambil mengeluarkan suara desis. Setelah itu, tutup mulut Anda dan tarik napas secara perlahan melalui hidung hingga hitungan keempat. Kemudian, tahan napas hingga tujuh hitungan dan buang napas melalui mulut selama delapan detik dalam satu napas.

Anda bisa mengulangi teknik pernapasan ini selama tiga kali. Hal ini memungkinkan oksigen mengisi paru-paru sehingga dapat menenangkan pikiran dan melemaskan otot-otot.

4 dari 6 halaman

3. Letakkan bantal di bawah lutut

Posisi tidur juga dapat membantu Anda tertidur lebih cepat. Pasalnya, posisi tidur yang kurang tepat bisa mengganggu kualitas tidur.

Salah satu posisi terbaik agar Anda tidur lebih cepat dan nyenyak adalah meletakkan bantal di bawah lutut. Posisi ini dapat mengembalikan keselarasan alami dari pinggul, panggul, dan tulang belakang.

5 dari 6 halaman

4. Minum susu

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi susu 30 menit atau 1 jam sebelum tidur dapat membuat tertidur lebih cepat dan lebih lelap. Hal ini diduga muncul karena susu mengandung zat yang dapat memicu rasa kantuk, yaitu melatonin.

6 dari 6 halaman

5. Mengonsumsi makanan manis

Sebuah riset dari Jepang menemukan bahwa senyawa aktif dalam tebu mampu mengurangi stres dan memicu rasa kantuk. Senyawa aktif tersebut bernama octacosanol yang terbukti efektif sebagai terapi untuk orang yang menderita insomnia akibat stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.