Sukses

Wajib Coba, 5 Tips Menjaga Agar Resolusi Tahun Baru Tercapai

Berikut lima tips agar resolusi Anda tercapai di tahun baru 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun baru sudah di depan mata. Sudahkah Anda menyusun resolusi baru? Sejujurnya, menyusun resolusi merupakan hal yang mudah, yang sulit adalah menjalankannya.

Sebagian individu menganggap bahwa tahun baru berarti saatnya menyusun resolusi baru. Pasalnya, resolusi diartikan sebagai 'awal baru' untuk diri agar lebih dari sebelumnya.

Mulai dari menurunkan berat badan, mencapai karir impian, hingga mampu mengatur keuangan secara maksimal. Agar tak sia-sia, Anda perlu melakukan beberapa hal supaya resolusi tahun baru bisa tercapai.

Nah, berikut tips menyusun resolusi tahun baru yang tepat agar target dan harapan bisa terwujud di tahun 2021.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Fokus pada satu hal

Meskipun memiliki daftar resolusi yang panjang, Anda perlu fokus pada satu tujuan. Menurut Richard Wiseman, seorang profesor psikologi di Universitas Hertfordshire, menyarankan agar Anda hanya memilih satu dan memfokuskan energi pada hal tersebut daripada menyebarkannya ke beberapa tujuan yang berbeda.

Mengambil dan menjalankan beberapa resolusi secara bersamaan dapat menjadi hal yang sulit. Pasalnya, membangun pola perilaku baru membutuhkan waktu dan upaya yang lebih. Memfokuskan diri pada suatu tujuan tertentu membuat resolusi jauh lebih tercapai.

3 dari 6 halaman

2. Buat rencana dengan detail

Memilih resolusi dengan bijak dan membuat perencanaan ekstensif adalah bagian penting untuk mencapai tujuan apa pun.

Para ahli menyarankan agar Anda mengetahui cara menangani perubahan perilaku yang besar, termasuk langkah-langkah yang akan Anda ambil, mengapa Anda ingin melakukannya, dan cara-cara agar Anda tetap pada jalurnya.

Dengan membuat rencana secara detail, hal tersebut dapat membantu Anda tetap berpegang pada tujuan. Pasalnya, jika Anda ingin mencapai tujuan tanpa rencana apa pun, Anda bisa saja menyerah saat berhadapan dengan rintangan yang datang. 

Anda dapat memulai dengan menulis tujuan, membuat daftar hal-hal yang ingin dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, dan mencatat segala rintangan yang mungkin menghalangi jalan Anda.

4 dari 6 halaman

3. Mulai dengan langkah kecil

Mengambil terlalu banyak dan terlalu cepat adalah alasan umum mengapa begitu banyak resolusi tahunan yang gagal. Pasalnya, mengubah perilaku normal secara radikal adalah cara yang tepat untuk menggagalkan semua rencana Anda.

Sebaliknya, fokuslah pada langkah-langkah kecil yang dapat membantu Anda mencapai tujuan yang lebih besar.

Meskipun tampak lambat, perubahan kecil secara bertahap ini memudahkan Anda untuk tetap berpegang pada kebiasaan baru yang sehat dan meningkatkan kemungkinan keberhasilan yang panjang.

5 dari 6 halaman

4. Hindari mengulangi kegagalan di masa lalu

Strategi lain agar resolusi Anda tercapai adalah dengan tidak membuat resolusi yang sama dari tahun ke tahun.

Namun, jika Anda memang memilih untuk mencapai tujuan yang sama di masa lalu, coba untuk mengevaluasi hasil Anda sebelumnya.

6 dari 6 halaman

5. Ingat, perubahan adalah proses

Kebiasaan tidak sehat atau tidak diinginkan yang Anda coba ubah mungkin butuh waktu bertahun-tahun untuk berkembang. Jadi, bagaimana Anda bisa berharap untuk mengubahnya hanya dalam hitungan hari, minggu, atau bulan?

Pahami bahwa bekerja menuju resolusi Anda adalah sebuah proses. Bahkan ketika melangkah ke arah yang salah, Anda dapat memulai kembali. Hal ini mungkin membutuhkan waktu yang lama dari yang Anda inginkan, tetapi ingatlah bahwa ini bukanlah perlombaan menuju finish.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.