Sukses

Ingin Turunkan Kolestrol, Yuk Konsumsi 5 Rempah Nusantara Ini

Beberapa rempah-rempah dikenal ampuh menurunkan kolestrol. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Sebagai negara yang memiliki keanekaragaman bahari, khasiat rempah-rempah Indonesia telah terkenal sejak dahulu kala. Bahkan, itu pula yang menjadi alasan negara-negara Eropa menjajah Indonesia.

Tak hanya memiliki jenis yang beragam, rempah-rempah juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Faktanya, beberapa rempah-rempah dikenal dapat membantu menurunkan kolestrol.

Apa saja? Ini dia:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kunyit

Kunyit tentu akrab sebagai salah satu bumbu dapur. Rempah ini dapat jadi penyedap masakan juga bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan curcumin di dalamya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Curcumin turut dapat mencegah oksidasi dan menekan penumpukan plak pada arteri. Tak hanya jadi bumbu, Anda juga dapat memanfaatkan rempah ini sebagai minuman, seperti jamu kunyit asam.

3 dari 6 halaman

2. Ketumbar

Ketumbar kerap dimanfaatkan meningkatkan cita rasa masakan. Lebih dari itu, rempah ini juga memiliki efek diuretik yang dapat mengeluarkan kolesterol jahat dalam tubuh lewat ginjal.

Anda dapat mengonsumsi air rebusan biji ketumbar untuk mengambil manfaatnya. Caranya dengan merebus segelas air dan dua sendok biji ketumbar yang sudah ditumbuk. Saring dan minum dua kali sehari.

4 dari 6 halaman

3. Ginseng

Ginseng memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Jika mengonsumsi ginseng secara rutin, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, ginseng juga dapat mengurangi penebalan pada pembuluh darah.

5 dari 6 halaman

4. Jahe

Jahe bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Kandungan antioksidan pada jahe dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Anda bisa menyeduhnya sebagai wedang jahe dengan tambahan madu.

6 dari 6 halaman

5. Akar Manis

Akar manis menjadi salah satu rempah yang cukup potensial sebagai obat herbal penurun kolesterol jahat berkat kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Untuk memanfaatkan rempah manis, Anda bisa memotong akar manis dan merendamnya dalam air panas sekitar 5 menit. Campurkan madu sebagai pengganti gula, lalu konsumsi sehari sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.