Sukses

Cara Mudah Atasi Rambut Megar dengan Bahan Alami Ini

Bahan alami telah terbukti menjadi yang terbaik untuk mengatasi rambutmu yang megar

Liputan6.com, Jakarta - Bagi wanita, rambut menjadi hal yang sangat berharga dalam diri mereka. Rambut bisa membuat seorang wanita menjadi sangat percaya diri.

Namun, setiap individu tentu memiliki tipe dan masalah rambut yang berbeda. Salah satu kondisi yang banyak dialami yakni rambut yang megar. Masalah ini tentu akan membuat seseorang kurang percaya diri.

Untuk mengatasi masalah tersebut, tentu diperlukan perawatan rambut dan menggunakan berbagai produk rambut. Namun tak perlu khawatir, kamu tidak perlu lagi membeli produk rambut kimiawi atau melakukan perawatan di salon.

Bahan alami telah terbukti menjadi yang terbaik untuk mengatasi rambutmu yang megar. Kedua kandungan itu adalah ekstrak buah avokad (avocado) dan minyak biji anggur (grapeseed oil).

Keduanya penting bagi pertumbuhan rambut yang lebih lembut, sehat, serta tidak mudah megar, seperti yang ada dalam kandungan Deep Smooting Serum dari produk Biolage.

"Dengan kandungan avocado dan grapeseed oil, serum ini ditujukan untuk semua jenis rambut, dan juga dapat melindungi rambut dari panas catokan atau hair dryer agar rambut tidak kering," jelas Candra Suyatno, Technical Manager Biolage Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minyak Biji Anggur

Minyak yang diekstrak dari biji anggur terbukti mengandung asam linoleat, mengutip Healthline, Selasa (3/11/2020). Asam lemak khusus ini diperlukan untuk memastikan organ utama kita berfungsi baik.

Namun, asam linoleat tidak bisa diproduksi tubuh sendiri sehingga harus diasup dari luar. Jika tidak mendapatkannya dalam jumlah yang cukup, dapat menyebabkan rambut rontok, sekaligus keringnya kulit kepala dan rambut.

Studi menunjukkan bahwa minyak nabati seperti minyak sawit, minyak argan Maroko, minyak kacang, dan minyak biji anggur semuanya mengandung unsur pelembab alami. Beberapa orang menggunakannya untuk membantu mengatasi rambut kusut dan mengunci hidrasi kulit kepala.

Selain itu, manfaat tambahannya adalah sebagai salah satu minyak paling ringan, sehingga mampu melembabkan tanpa membebani rambut atau membuatnya berminyak, selebihnya justru membuat rambut tampak lebih berkilau.

Minyak biji anggur juga diklaim mengandung antioksidan yang berguna menetralkan dan menghentikan kerusakan akibat radikal bebas. Dengan begitu, ia bisa melindungi rambut dari berbagai masalah mulai dari kerapuhan dan kerusakan, hingga rambut rontok dan beruban.

Kandungannya juga dapat mengatasi ketombe akibat kulit kepala yang mengering.

3 dari 3 halaman

Avokad

Melansir Healthline, avokad memiliki sifat yang sangat melembabkan dan menutrisi karena mengandung minyak alami dan asam lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal (lemak baik) di dalamnya.

Meskipun minyak ini dapat bermanfaat untuk semua jenis rambut, minyak ini sangat berguna terutama untuk rambut kering dan dehidrasi.

Buah ini juga kaya vitamin yang dapat menutrisi kulit kepala dan membantu rambut tampak sehat, berkilau, dan terhidrasi. Avokad diketahui merupakan salah satu sumber biotin yang baik. Anda mungkin pernah mendengar bahwa kandungan biotin membantu pertumbuhan rambut dan kuku.  

Sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa mineral dalam minyak avokad, termasuk kalium dan magnesium, dapat menutup sel kutikula, yang mana membantu rambut terlihat halus dan berkilau serta mencegahnya mudah patah.

Meskipun belum ada banyak studi klinis tentang efek avokad pada rambut, minyak nabati telah terbukti membantu melindungi rambut dari kerusakan, dan asam lemak terbukti dapat mengurangi minyak dan meningkatkan kualitas rambut secara keseluruhan.

Penulis:

Brigitta Valencia Bellion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.