Sukses

Hari Santri Nasional 2020, Begini Doa dan Harapan Tokoh Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari ini, Kamis (22/10/2020), masyarakat Tanah Air memperingati Hari Santri Nasional. Hari Santri ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang mengatur tentang Hari Santri.

Penetapan Hari Santri Nasional dideklarasikan oleh Presiden Joko Widodo, di Masjid Istiqlal, Jakarta pada 22 Oktober 2015. Tahun ini, menjadi tahun kelima Hari Santri Nasional. Tentu banyak doa dan harapan bagi para santri di Tanah Air.

Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, hingga kini lini masa Twitter diramaikan dengan beragam ucapan, doa dan harapan warganet untuk para santri di Indonesia.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui akun Twitter-nya juga menuturkan ucapan Hari Santri Nasional dengan mengunggah gambar dirinya yang mengenakan masker bersama beberapa santri.

"Sejarah mencatat peran besar para ulama, kiai, dan santri dalam menjaga NKRI, memandu ke jalan kebaikan dan jalan kemajuan. Bersama para ulama, kiai, dan para santri, Indonesia akan selalu mampu mengarungi tantangan zaman, termasuk melewati masa-masa sulit karena pandemi ini," tulis @jokowi.

 

2 dari 4 halaman

Ucapan Tokoh Tanah Air

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut memberi ucapan Hari Santri Nasional dan berharap para santri menjadi garda terdepan dalam memerangi pandemi Covid-19.

"Perjalanan sejarah kita mencatat kontribusi santri saat bangsa ini menghadapi tantangan. Hari ini, peringatan Hari Santri bersamaan dengan pandemi COVID-19, InsyaAllah santri menjadi garda terdepan dalam ikut memerangi COVID-19. Selamat Hari Santri Nasional," tulis @aniesbaswedan.

Ada pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga memberi ucapan Hari Santri Nasional. 

"Selamat Hari Santri Nasional tahun 2020. Sejatinya, sampai mati kita tetaplah santri," kata @ganjarpranowo.

Melalui akunnya, Menteri Dalam Negeri Indonesia Mahfud Md memberikan ucapan dan mengatakan bahwa santri memberi andil sangat besar bagi kebangunan dan kemerdekaan Indonesia. 

"Selamat Hari Santri, 22 Oktober 2020. Tak terbantahkan, kaum santri tlh memberi andil sangat besar bg kebangunan dan kemerdekaan Indonesia. Kaum santri memikul amanah utk menjaga dan membangun NKRI dgn Islam rahmatan lil alamiin," tulis @mohmahfudmd.

 

3 dari 4 halaman

Doa dan Harapan Warganet

Warganet juga meramaikan lini masa Twitter dengan twit doa dan harapan mereka bagi para santri di Tanah Air.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: