Sukses

5 Cara Mengatasi Perasaan Insecure yang Mengganggu Kesehatan Mental

Liputan6.com, Jakarta Merasa insecure saat melakukan sesuatu adalah hal yang wajar. Namun, rasa insecure yang berlebihan dalam jangka yang panjang akan menghalangi potensi Anda.

Oleh karena itu, situasi ini tidak boleh diabaikan dan harus segera diselesaikan. Insecurity adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan ketidakamanan.

Seperti membuat seseorang merasa cemas, takut, malu, dan tidak percaya diri. Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi insecure.

Jadi, bagaimana kita bisa mengubahnya? Adakah cara untuk merasa nyaman dengan tubuh kita sendiri? Berikut beberapa tips untuk mengatasi insecure yang bisa kamu coba.

2 dari 7 halaman

1. Berusahalah untuk tetap positif

Hidup itu seperti roda berputar setiap orang. Terkadang seseorang bisa berada di atas, terkadang dia bisa berada di bawah. Namun, setiap orang memiliki cara berbeda untuk menghadapi masalah yang muncul dalam hidupnya.

Beberapa orang selalu menipu diri sendiri saat menghadapi masalah. Beberapa orang tampak santai karena mereka dapat memikirkan aspek yang positif dari masalah tersebut.

Itu tergantung pada mentalitas masing-masing orang dan bagaimana mereka memandang masalah. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari emosi negatif Anda.

Seperti kekhawatiran yang mendalam, dan ketakutan, yang dapat menghabiskan energi.

3 dari 7 halaman

2. Jangan menyalahkan diri sendiri

Melawan pikiran negatif tidaklah hal yang mudah. Akan tetapi, jika Anda tidak memaksakan diri, maka Anda akan terus terbebani oleh kecemasan bahkan dapat menyalahkan diri sendiri.

Ingatlah, Anda bukanlah satu-satunya dapat melakukan kesalahan, tetapi setiap orang pun akan membuat kesalahan.

4 dari 7 halaman

3. Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain

Membandingkan dengan orang lain bukanlah cara yang tepat untuk mengoreksi diri sendiri kita. Nyatanya, hal ini bisa membuat Anda merasa rendah diri dan minder.

Oleh karena itu, maraknya penggunaan media sosial saat ini, kita dapat melihat banyak hal yang terjadi dalam kehidupan orang lain.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi penggunaan media sosial, jangan sampai Anda fokus pada kehidupan orang lain dan membuat perbandingan dengan hidup Anda.

Selain itu, cobalah untuk selalu mensyukuri segala hal agar tindakan dan pikiran Anda menjadi lebih positif. Dan percaya bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

5 dari 7 halaman

4. Hindari orang yang membuat Anda insecure

Teman atau pasangan yang toxic sering kali melontarkan komentar negatif kepada Anda. Meskipun alasannya "untuk kebaikan Anda sendiri", justru komentar tersebut tidak menginspirasi Anda sama sekali.

Malah membuat Anda lebih merasa insecure, mulai sekarang hindari orang-orang dengan perilaku ini. Temukan lingkungan teman yang dapat mendukung Anda dan merespons secara positif.

6 dari 7 halaman

5. Lakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia

Cobalah untuk lebih fokus pada hal-hal yang membuat Anda bahagia dan lupakan rasa insecure. Anda juga bisa melakukan latihan yang bisa membuat Anda lebih rileks, seperti yoga.

Selain itu, melakukan aktivitas yang positif,  dan jangan lupa untuk rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi untuk menjaga kesehatan.

Kedua cara tersebut dapat meningkatkan mood dan tentunya kondisi fisik serta penampilan Anda, sehingga Anda bisa lebih percaya diri.

Penulis

Fayola Gishlaine

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: