Sukses

6 Manfaat Menakjubkan Telur untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Liputan6.com, Jakarta - Telur menjadi sumber protein, lemak dan nutrisi penting yang hebat untuk menjaga kesehatan. Selain itu, telur juga bermanfaat bagi kulit dan rambutmu.

Tiap individu tentu menginginkan kulit yang indah, lembut dan rambut yang sehat dan kuat. Untuk itu, telur menawarkan banyak hal untuk kulit dan rambutmu.

Penggunaan telur akan membuat kulitmu kencang dan kenyang. Lebih jauh lagi, peningkatan protein yang diberikan pada rambutmu memberikan keajaiban bagi rambutmu.

Jadi, alih-alih melakukan perawatan salon mahal, kamu bisa mencoba perawatan sederhana dengan telur di rumah. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Rabu (29/7/2020).

2 dari 8 halaman

1. Untuk Jerawat

Selain menjaga kelembaban kulit, madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang mencegah jerawat dan mengurangi rasa gatal dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat.

Kamu perlu menyiapkan 1 putih telur dan 1 sdm madu. Lalu ambil putih telur dan masukkan dalam mangkuk. Tambahkan madu dan aduk rata.

Kemudian oleskan campuran itu di wajahmu. Biarkan sampai kering dan kamu akan merasa kulitmu mengencang. Lalu bilas menggunakan air hangat.

3 dari 8 halaman

2. Anti-aging

Putih telur mengecilkan pori-pori kulit untuk memberimu kulit yang kencang dan awet muda. Wortel mengandung beta-karoten dan likopen yang memperkaya kulitmu untuk melawan tan-tanda penuaan dan juga melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Susu mengelupas kulit dengan lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran sehingga menyegarkan kulit.

Kamu membutuhkan 1 putih telur, 2 sdm wortel parut, 1 sdm susu mentah. Lalu masukkan putih telur dalam mangkuk, tambahkan wortel dan susu ke dalamnya dan campur semuanya menjadi satu.

Kemudian oleskan campuran itu di wajahmu. Biarkan selama 20 menit hingga kering. Bilas menggunakan air hangat. Ulangi perawatan ini seminggu sekali.

4 dari 8 halaman

3. Stretch Mark

Karena kaya protein dan asam amino, putih telur membantu menyembuhkan kulit dari dalam dan dengan demikian mengurangi munculnya stretch mark.

Minyak zaitun memiliki sifat emolien, anti-inflamasi dan antioksidan yang menjaga kulit tetap lembut dan mencegahnya dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga membantu menyembuhkan kulit untuk mengurangi stretch mark.

Bahan yang perlu kamu siapkan 2 putih telur dan beberapa tetes minyak zaitun. Lalu siapkan mangkuk, masukkan putih telur dan kocok dengan baik. Gunakan kuas untuk mengoleskan putih telur pada bagian yang terkena stretch mark.

Biarkan sampai kering, lalu bilas dengan menggunakan air dingin dan keringkan. Selanjutnya oleskan minyak zaitun dan pijat dengan lembut dan biarkan saja. Ulangi perawatan ini dua kali sehari untuk hasil terbaik.

5 dari 8 halaman

4. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Telur adalah sumber nutrisi penting yang menyehatkan dan mempekuat rambutmu dan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Sifat antibakteri dan antimikroba dari madu membersihkan dan memberi nutrisi pada kulit kepalamu agar kamu memiliki rambut panjang dan kuat.

Kamu perlu menyiapkan 1 kuning telur dan 2 sdm madu. Lalu pisahkan kuning telur dalam mangkuk. Tambahkan madu ke dalamnya dan campur kedua bahan dengan baik.

Kemudian oleskan campuran itu pada rambutmu. Tutupi kepalamu menggunakan shower cap. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air. Ulangi perawatan ini seminggu sekali untuk hasil terbaik.

6 dari 8 halaman

5. Mengatasi Ketombe

Jus lemon memiliki sifat antibakteri yang membantu menjaga kulit kepala yang sehat dan menjaga bakteri penyebab ketombe.

Kamu memerlukan 1 kuning telur dan 2 sdm jus lemon. Lalu pisahkan kuning telur dalam mangkuk. Tambahkan jus lemon ke dalamnya dan campurkan kedua bahan bersama-sama.

Oleskan campuran itu pada rambutmu. Tutup rambut menggunakan shower cap, dan biarkan selama 30 menit. Kemudian keramas seperti biasa.

7 dari 8 halaman

6. Merawat Rambut Kusam dan Rusak

Minyak kelapa menembus jauh ke dalam poros rambut untuk memberi dorongan protein pada rambutmu dan mencegah kerusakan rambut.

Yang kamu butuhkan 1 kuning telur, 2 sdm minyak kelapa dan 1 sdm madu (opsional). Lalu pisahkan kuning telur dalam mangkuk, tambahkan minyak kelapa dan campur kedua bahan dengan baik. Jika mau, kamu bisa menambahkan madu ke dalamnya.

Kemudian oleskan campuran ini ke rambutmu dan biarkan sealma 20 menit. Bilas sampai bersih dan keramas seperti biasa.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: