Sukses

5 Fakta Menarik Telur yang Perlu Kamu Tahu

Ternyata telur menyimpan beberapa manfaat yang perlu kamu tahu. Penasaran apa saja? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Telur yang menjadi sumber protein yang disukai banyak individu. Selain mudah didapat, telur juga bisa dijadikan berbagai macam sajian.

Ternyata telur menyimpan beberapa manfaat yang perlu kamu tahu. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Sabtu (13/6/2020).

1. Kuning Telur Membantu Perkembangan Otak

Kuning telur adalah salah satu sumber makanan terkaya yang terdiri dari vitamin B kompleks yang disebut kolin. Kolin dikaitkan dengan fungsi neurologis yang lebih baik dan berkurangnya peradangan.

Kolin membantu perkembangan otak janin, itulah sebabnya wanita hamil harus lebih sering mengonsumsi telur. Selain itu, kolin terurai menjadi betana dalam tubuh, yang pada gilirannya menghasilkan hormon bahagia yang disebut serotonin, dopamin dan norephinefrin.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Sumber Vitamin D yang Hebat

Tubuh menyerap vitamin D melalui sinar matahari, dan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Telur menjadi sumber vitamin D yang sangat baik dan merupakan satu dari sedikit sumber makanan alami vitamin ini.

Memasukkan telur dalam menu makanmu secara rutin bisa membantu mencegah kekurangan vitamin D. Jika kamu jarang terpapar sinar matahari, telur bisa menjadi sumber yang bagus untuk mendapat dosis harianmu.

Satu kuning telur menyediakan 41 unit internasional vitamin D, memenuhi 10 persen dari kebutuhan sehari-hari orang dewasa.

3 dari 5 halaman

3. Makanan Kebugaran yang Baik

Setelah berolahraga, mendapatkan protein yang cukup sangat penting karena membantu dalam membangun kembali dan memperbaiki jaringan ototmu.

Telur harus menjadi bagian dari setiap makanan dan camilan, terutama camilan setelah berolahraga yang bergizi. Coba konsumsilah telur rebus dan buah-buahan setelah berolahraga.

4 dari 5 halaman

4. Mengatur Berat Badan

Memasukkan telur ke dalam makananmu akan membantu mengatur berat badanmu dengan baik. Kenapa? Karena protein dari telur membuat perutmu kenyang sepanjang hari.

Telur juga memainkan peran penting dalam mempertahankan massa otot tanpa lemak selama penurunan berat badan.

Satu telur mengandung sekitar 70 kalori dan 6 gram protein, menjadikannya sumber protein yang rendah kalori. Ini penting bagi individu yang tengah berusaha menurunkan berat badan.

5 dari 5 halaman

5. Makanan Protein yang Sempurna

Dalam hal kualitas protein, telur menempati urutan teratas dalam daftar makanan berprotein. Itu karena semua protein yang ditemukan dalam telur bisa diserap dan digunakan oleh tubuh.

Telur tidak hanya menyediakan protein berkualitas tinggi, tapi juga mengandung antioksidan yang cukup, vitamin A, vitamin B12, vitamin D, riboflavin, folat, fosfor dan kolin.

Satu telur rebus mengandung 6 gram protein yang memberi wanita 14 persen dari asupan harian dan 11 persen untuk pria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.