Sukses

6 Sebab Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga Bisa Membuatmu Lebih Sehat

Ada beberapa alasan mengapa mengerjakan pekerjaan rumah tangga membuatmu sehat secara mental dan fisik

Liputan6.com, Jakarta - Pekerjaan rumah tangga sering menjadi alasan orang untuk berdebat. Baik pasangan yang tak bisa diajak bekerja sama, orangtua yang ingin Anda anda membersihkan kamar, atau teman sekamar yang selalu meninggalkan tumpukan piring kotor - perdebatannya bisa lebih lama dari itu.

Anda mungkin tak suka dengan rumah yang terlihat berantakan, tapi di sisi lain, kadang kita semua terlalu malas atau terlalu sibuk untuk melakukan apa pun. Padahal, ada banyak manfaat dari mengerjakan pekerjaan rumah tangga tersebut.

Melansir dari Brightside.me, berikut ini manfaat dari mengerjakan tugas rumah tangga bagi dirimu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Ini membuat Anda lebih kuat

Setiap gerakan yang Anda lakukan saat mengerjakan tugas dapat dihitung sebagai olahraga. Menggosok kamar mandi, mengepel lantai, dan membersihkan bingkai jendela butuh kekuatan.

Sedikit kardio dan jongkok di sana-sini saat Anda merapikan kamar, membungkuk saat membilas pakaian, atau bahkan mengepel lantai akan membuat tubuh Anda bergerak. Ini tentu saja akan berefek pada tubuh yang seolah baru saja berolahraga dan menimbulkan perasaan segar saat selesai.

 

3 dari 7 halaman

2. Membantu menciptakan lingkungan yang sehat

Anda tentunya tak ingin menemukan tikus dan kecoak yang berkeliaran di rumah Anda. Jangan biarkan mimpi buruk seperti itu menjadi kenyataan.

Di sisi lain, rumah yang bersih atau kotor dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda. Jika kamar Anda berantakan, kondisi mental Anda mungkin sama berantakannnya. Akan sulit berkonsentrasi jika ada tumpukan kain di kasur dan botol minuman kosong berserakan.

 

4 dari 7 halaman

3. Membantu mengurangi rasa stres

Bagi beberapa orang, mencuci piring atau mencuci baju adalah pekerjaan yang membuatnya santai. Ya, nyatanya melakukan pekerjaan rumah dapat membantu Anda menghilangkan stres.

Malahan mengerjakan tugas rumah tangga dapat membantu Anda menyalurkan rasa marah dan frustasi yang tengah Anda rasakan. Melakukan pekerjaan rumah tangga juga memungkinkan Anda memiliki waktu luang untuk mengatur pikiran dan mencerna semua yang terjadi dalam kehidupan Anda yang sibuk.

 

 

5 dari 7 halaman

4. Membuat Anda lebih mandiri

Jika Anda masih tinggal bersama orang tua, melakukan tugas rumah tangga mengajarkan Anda untuk lebi bertanggung jawab dan mandiri. Saat Anda harus hidup sendiri, tak ada lagi yang akan memasak untuk Anda, dan semua beban pekerjaan rumah tangga itu akan jatuh di pundak Anda. Memiliki tugas seperti dapat membantu Anda menjadi lebih teratur dalam kehidupan secara umum.

 

6 dari 7 halaman

5. Membantu Anda menghabiskan waktu

Alih-alih bengong dan bosan karena tak tahu harus berbuat apa, Anda dapat membersihkan rumah. Malahan, Anda bisa menjadi lebih produktif saat melakukan banyak tugas. Misalnya, Anda dapat mendengarkan buku audio sambil menyetrika atau melipat pakaian.

 

7 dari 7 halaman

6. Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah

Meski pekerjaan rumah tangga kadang cukup rumit untuk dilakukan, Anda selalu dapat mencoba menemukan cara baru untuk menyelesaikannya dengan lebih baik, lebih cepat, dan lebih efisien. Dan sesekali, Anda pasti menemukan sesuatu yang tak terduga yang harus Anda tangani.

Misalnya, mesin cuci yang rusak, gas yang habis, dan masalah lainnya. Ini akan membantu Anda meningkatkan keterampilan pemecahan masalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini